Mengangkat Topik Desa Wisata, Inilah Berbagai Rangkaian Acara Festival Negeri Kolaborasi

Mengangkat Topik Desa Wisata, Inilah Berbagai Rangkaian Acara Festival Negeri Kolaborasi
info gambar utama
Semarakkan semangat dan aksi kolaborasi Festival Negeri Kolaborasi live di seluruh kanal media sosial GNFI. Informasi lebih lanjut kunjungi FNK 2021.

Negeri ini penuh kebaikan. Tidak ada yang meragukannya. Namun, beragam kebaikan tersebut cepat atau lambat akan terkikis, bahkan hilang apabila semakin sedikit generasi penerus yang berusaha melestarikannya.

Festival Negeri Kolaborasi merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Good News From Indonesia (GNFI), untuk mengangkat kembali sebagian ragam kebaikan yang dimiliki negeri ini. Disebut “sebagian", karena sesungguhnya kebaikan negeri ini terlalu banyak dan melimpah apabila ingin diceritakan semuanya dalam satu kesempatan.

Membawakan tema Bersama #LestarikanKebaikan, festival ini akan mengajak Kawan untuk bergerak bersama dalam melestarikan beragam kebaikan yang kita miliki sebagai sebuah bangsa. Kebaikan tersebut dapat berupa budaya, seni, hingga potensi dan kekuatan yang perlu kita kembangkan bersama untuk mencapai cita-cita Indonesia yang maju, kuat, dan sejahtera.

Festival Negeri Kolaborasi akan menghadirkan berbagai program yang dapat membuka perspektif baru tentang Indonesia. Mulai dari isu budaya hingga isu strategis yang penting untuk dibahas, tetapi masih abai dibincangkan.

Ada pula kegiatan diskusi isu budaya. Kegiatan tersebut merupakan diskusi kolaboratif yang akan diikuti oleh berbagai komponen masyarakat, pemerintah, akademisi, dan media dengan empat topik diskusi di setiap pekannya.

Membangun desa wisata yang lestari

Desa Adat Osing Kemiren | Labiru Tour
info gambar

Dilansir dari laman Kemenparekraf, Indonesia memiliki 75.000 desa dan sekitar 1.200 di antaranya berpotensi menjadi desa wisata. Sebagai salah satu destinasi pariwisata Indonesia, jumlah tersebut menunjukkan potensi sangat besar bagi perkembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

Selain itu, desa wisata juga dapat menjadi lokomotif kebangkitan sektor pariwisata Indonesia. Hal ini dikarenakan tidak hanya menarik minat wisatawan, desa wisata juga turut membuka lapangan pekerjaan dan peluang usaha baru bagi pelaku ekonomi kreatif di Indonesia.

Bersamaan dengan Festival Negeri Kolaborasi yang juga mengangkat topik desa wisata, dilaksanakan pada Kamis (2/9) mendatang pukul 10.00—12.00 WIB. Kegiatan berupa diskusi kolaboratif untuk membagun desa wisata yang lestari ini akan disemarakkan oleh tiga pembicara.

Daftar 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Di antaranya Vinsensius Jemadu selaku Deputi Pengembangan Destinasi Kemenparekraf, Sugeng Handoko dari Pegiat Desa Wisata Nglanggeran GunungKidul, dan Akhyari Hananto sebagai Founder GNFI.

Membangun desa wisata yang lestari adalah kunci penting bagi kemajuan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Adanya diskusi kolaboratif ini diharapkan menjadi langkah baik bagi masa depan Indonesia yang lebih kuat dan sejahtera.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh Sandiaga Uno selaku Menteri Parekraf, terdapat 3 jurus yang ia lakukan untuk mengembangkan sektor Parekraf Indonesia. Tiga di antaranya inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

"Sebagai bangsa yang besar serta berbagai karunia pesona keindahan alamnya, kita harus partisipatif-kolaboratif dalam mengelolanya kekayaan ini," ungkap Sandiaga Uno.

Tak hanya topik tentang desa wisata, festival yang membahas isu budaya ini juga akan mengajak Kawan berdiskusi tentang gastrodiplomasi, kain nusantara, hingga musik etnik.

Dengan adanya diskusi tersebut, Kawan GNFI dan siapapun yang menyaksikan festival ini diharapkan mampu lebih terbuka wawasannya terhadap budaya Indonesia, serta lebih menghargai lagi apa yang dimiliki oleh negeri ini.

Takjub! Inilah 4 Desa Wisata yang Terkenal dengan Pesonanya

Bukan hanya mengangkat isu budaya, GNFI juga merasa perlu untuk mengangkat berbagai isu strategis yang ramai diperbincangkan. Atau bahkan, tak banyak diperbincangkan tapi sebenarnya penting.

Terdapat diskusi panel 4 isu strategis yang akan dilaksanakan pada 30 September dan 1 Oktober 2021. Topik tersebut di antaranya membahas isu mengenai perubahan iklim, masa depan energi, diplomasi, dan ekonomi kreatif Indonesia, bersama para pembicara yang ahli dalam bidangnya.

Diskusi isu strategis yang dilaksanakan selama dua hari ini diharapkan dapat menggandeng seluruh masyarakat untuk bergerak bersama demi kemajuan bangsa di masa depan, juga untuk meraih cita-cita Indonesia sebagai negara yang maju, kuat, dan sejahtera.

Itulah rangkaian kegiatan yang akan hadir dalam Festival Negeri Kolaborasi pada September hingga Oktober 2021. Disiarkan secara langsung di seluruh kanal media sosial Good News From Indonesia. Mari saksikan dan semarakkan festival ini. Salam kebaikan, salam optimisme!* (COMM)

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini