KTM 250 Adventure dan Duke 200 Rakitan Gresik Siap Ramaikan Pasar Otomotif Tanah Air

KTM 250 Adventure dan Duke 200 Rakitan Gresik Siap Ramaikan Pasar Otomotif Tanah Air
info gambar utama

Ada kabar menarik bagi pencinta otomotif, khususnya kendaraan roda dua model dual purpose berbodi gagah untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari maupun kegiatan penjelajahan (touring). Pasar dan jenis motor satu ini di Indonesia akan kedatangan dua produk baru besutan KTM, yaitu 250 Adventure dan Duke 200 buatan Gresik, Jawa Timur.

Tak perlu menunggu lama lagi, pabrikan otomotif asal Austria yang sudah hadir sejak tahun 1934 tersebut, kabarnya siap mengirimkan kedua jenis motor terbarunya ke garasi pembeli paling lambat di akhir bulan September 2021, setelah selesai melalui tahap finalisasi produksi yang saat ini sedang berjalan di fasilitas pabrik rakitan Gresik, yang sudah hadir sejak tahun 2020 lalu.

Menukil Oto.com, KTM 250 Adventure dan Duke 200 kali ini dapat dikatakan istimewa, karena status CKD (Completely Knock Down) yang dimiliki kedua motor tersebut, berbeda dengan berbagai motor KTM sebelumnya yang masih berstatus CBU (Completely Built Up).

Berkat perbedaan status tersebut, Kristianto Goenadi selaku Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) yang dipercaya sebagai distributor resmi KTM di Indonesia mengungkap, ada respons positif yang didapat dari pasar terkait minat konsumen.

Berkat status CKD, harga jual dari KTM 250 Adventure dan Duke 200 dikatakan cukup kompetitif dibanding pesaing. Selain itu, nilai tambah juga didapatkan dari segi penyerahan dokumen seperti STNK dan BPKB tergolong cepat.

Jika penyerahan dokumen kendaraan berstatus CBU biasanya membutuhkan waktu paling cepat dua bulan, lain halnya dengan kendaraan berstatus CKD yang hanya membutuhkan waktu satu minggu.

Sudah membuka keran pemesanan sejak bulan lalu, berapa harga yang dibanderol dan keunggulan apa saja yang ditawarkan kedua motor ini dari masing-masing pesaingnya di tanah air?

Jadi Negara dengan Penjualan Motor Terbesar di Dunia, KTM Bangun Pabrik di Indonesia

KTM 250 Adventure

KTM 250 Adventure
info gambar

Tipe satu ini dihadirkan untuk mengisi posisi segmen di bawah pendahulunya, yaitu KTM 390 Adventure, yang pertama kali menerapkan strategi status CKD dari KTM untuk penjualan di tanah air.

Lebih dulu dipasarkan di Negeri Jiran, KTM 250 Adventure yang memiliki bobot mencapai 156 kilogram ini dibekali dengan mesin 248,8 cc, yang dilengkapi 1-silinder, DOHC, 4 katup, bahan bakar injeksi dan disertai sistem pendingin cairan, adapun kapasitas tangki yang dimiliki oleh motor ini mampu menampung bahan bakar sebanyak 14,5 liter.

Berdasarkan klaimnya, KTM 250 Adventure mampu mengeluarkan tenaga maksimal sampai 29,5 daya kuda (PS) dan torsi maksimal mencapai 24 Nm, yang disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

Sedangkan dari segi fitur dan teknologi, motor ini sudah dibekali dengan panel meter LCD full digital. Disertai juga penyematan assist and slipper clutch, ABS offroad, kontrol traksi, serta mode berkendara yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengendara.

Bicara soal harga, motor ini juga diyakini akan menjadi saingan head to head dengan dua pemain lama yang sudah ada di tanah air, yaitu Honda CRF250 Rally dan Kawasaki Versys 250.

Semakin mencuri perhatian, setelah KTM 250 Adventure diketahui akan dilepas ke pasar dengan harga Rp77 juta, di mana harga tersebut berada di tengah-tengah antara Kawasaki Versys yang saat ini memiliki harga pasar Rp68,9 juta, dan Honda CRF250 Rally dengan harga Rp88,3 juta.

Motor KTM Buatan Indonesia Harganya Lebih Murah

KTM Duke 200

KTM Duke 200
info gambar

KTM Duke 200 yang rilis tahun ini merupakan versi penyegaran yang masih dibekali mesin sama dengan model terdahulu, lebih tepatnya melalui mesin berkapasitas 199,5 cc dengan silinder tunggal, sistem pendingin cairan dan bahan bakar injeksi.

Masih berdasarkan klaim dengan tipe mesin sama dari sebelumnya, KTM Duke 200 diyakini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 24,9 PS dan mencapai torsi maksimal 19,2 Nm yang disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

Meski begitu, motor ini mendapat sederet perubahan pada spesifikasi lain, salah satunya kapasitas tangki bensin yang sebelumnya hanya mampu menampung 10 liter bahan bakar, kali ini memiliki daya tampung lebih luas menjadi 13 liter.

Selain itu, perubahan juga didapatkan KTM Duke 200 dari segi tampilan dengan desain yang semakin agresif, dan penyempurnaan di komponen catalytic converter (pengendali emisi buangan) untuk memenuhi aturan emisi gas buang Euro 5. Bicara soal harga, KTM Duke 200 buatan Indonesia ini kabarnya akan dilego ke pasaran dengan banderol Rp49 juta.

Berdasarkan penjelasan Kristianto, konsumen yang ingin memiliki kedua motor tersebut bisa terlebih dahulu melakukan inden sambil menunggu tahap finalisasi produksi selesai, dengan menyetor Rp1,5 juta untuk tipe Duke 200 dan Rp2,5 juta untuk 250 Adventure.

Kristianto juga mengklaim bahwa harga tersebut sudah sangat kompetitif berkat status CKD yang ada, dengan bea masuk yang lebih rendah.

"Harga yang dipasarkan sekarang sudah memerhitungkan dengan biaya CKD dan efisiensi dari BBN biaya pengurusannya. Secara bea masuk lebih rendah antara 10-30 persen," pungkasnya.

Motor Buatan Indonesia Resmi Jadi Motor Paddock MotoGP 2021

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini