Kegiatan Anti Bosan Agar WFH Lebih Berwarna

Kegiatan Anti Bosan Agar WFH Lebih Berwarna
info gambar utama

Penulis: Nur Annisa Kusumawardani

Semarakkan semangat dan aksi kolaborasi Festival Negeri Kolaborasi live di seluruh kanal media sosial GNFI. Informasi lebih lanjut kunjungi FNK 2021.

Sudah satu tahun lebih sejak pandemi pertama kali melanda Indonesia. Artinya, telah lebih dari setahun juga kita beradaptasi dengan ruang gerak yang terbatas dan kegiatan yang terpusat dalam jaringan (daring). Salah satunya penerapan Work From Home (WFH).

Hal ini tentu menimbulkan kesulitan tersendiri. Apalagi jika Kawan adalah seseorang yang suka berkegiatan di luar ruangan. Adanya WFH tentunya menjadi penghambat mobilitas, juga menjadikan rutinitas sehari-hari terasa lebih monoton dan membosankan.

Rasa bosan adalah hal yang wajar untuk dirasakan, apalagi dalam masa pandemi ini. Namun, bukan berarti tidak ada alternatif kegiatan pengusir rasa bosan yang tidak dapat dicoba. Kali ini, Kawan GNFI merangkum beberapa rekomendasi seru untuk mengisi waktu luang Kawan agar WFH terasa lebih berwarna. Yuk, simak rekomendasi berikut.

Dekorasi tempat kerja

Ilustrasi | Brittney Morgan
info gambar

Bekerja dari rumah menjadikan seseorang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk beraktivitas di dalam ruangan, atau di kamar masing-masing. Untuk mengatasi rasa bosan, Kawan dapat mencoba memberi perubahan pada ruang kerja, misalnya dengan melakukan dekorasi dan penataan ulang.

Kini, tersedia banyak sekali inspirasi berkaitan dengan tata kelola ruang bekerja maupun kamar. Selain berguna untuk mengisi waktu luang, melakukan aktivitas ini juga dapat mengasah kreativitas dan mengurangi stres.

Tidak perlu dekorasi total yang menghabiskan banyak biaya. Kawan dapat memulai dengan memindahkan beberapa barang untuk memunculkan pemandangan visual yang berbeda, atau menempel kalimat-kalimat motivasi dan foto idola di didinding kamar. Kawan juga dapat bereksperimen dengan berbagai style yang dapat Kawan temukan di internet.

Masalah Kesehatan yang Terjadi Pada Pekerja Selama WFH

Olahraga

Ilustrasi | The Rembrandt
info gambar

Menurut The Conversation, perasaan bosan merupakan suatu tanda bahwa seseorang tidak secara aktif berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Sayangnya, menurut beberapa psikolog, tidak semua orang mampu melakukan manajemen rasa bosan dengan baik.

Olahraga merupakan salah satu kegiatan alternatif untuk berinteraksi dengan alam. Apalagi, jika Kawan melakukan olahraga di luar ruangan. Hal ini dapat menjadi kesempatan Kawan untuk menghirup udara segar dan menikmati pemandangan sekitar.

Berolahraga juga memberi berbagai manfaat. Salah satunya adalah memicu sekresi hormon endorfin yang memunculkan perasaan feeling good yang Kawan rasakan setelah olahraga. Berbagai penelitian juga telah membuktikan bahwa olahraga memiliki dampak yang baik bagi kesehatan mental dan berguna untuk manajemen stres.

Kawan tidak harus melakukan olahraga berat di gym maupun lari dengan jarak jauh tiap hari. Kawan dapat memulainya dengan langkah-langkah sederhana, seperti melakukan stretching di teras tiap pagi, jalan-jalan, bersepeda, dan sebagainya.

Kebiasaan Buruk WFH yang Harus Dihindari

Menekuni atau belajar hobi baru

Ilustrasi | Shutterstock
info gambar

Seiring tumbuh dewasa, kadang seseorang menjadi lupa atau tidak sempat melakukan hobi atau kegiatan kegemarannya. Hal ini dikarenakan tuntutan pekerjaan yang menguras energi, juga manajemen waktu yang tidak memprioritaskan ruang untuk berkegiatan sendiri.

Berkurang drastisnya aktivitas yang dapat dihabiskan di luar ruangan dapat memberi seseorang waktu luang untuk eksplorasi hobi. Coba Kawan ingat-ingat, kapan terakhir kali membaca novel dan menonton film kegemaran? Atau, kapan terakhir kali mencoba memasak resep favorit?

Kegiatan-kegiatan tersebut dapat Kawan lakukan di antara jeda bekerja sepanjang hari. Hobi yang Kawan miliki dapat menjadi ruang untuk melepas penat dan mengembalikan semangat. Selain itu, Kawan juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental dengan melakukan hal yang Kawan minati.

Lakukan Ini Agar Tetap Fokus dan Konsentrasi Saat Bekerja

Upgrade skill

Ilustrasi | mentalfloss.com
info gambar

Meskipun pandemi membatasi ruang fisik, bukan berarti transfer ilmu tidak dapat dilakukan. Saat ini, bertebaran berbagai kegiatan daring seperti webinar dan online course yang dapat dimanfaat untuk mengisi waktu luang secara produktif.

Kawan dapat memilih topik apapun yang Kawan minati, seperti misalnya make up, bahasa asing, dan creative writing. Selanjutnya, Kawan dapat mencoba untuk mencari webinar maupun online course yang menyediakan ruang untuk belajar topik-topik tersebut.

Selain menambah ilmu dan skil, mengikuti kegiatan webinar dan online course juga memberikan kepuasan dan perasaan bahagia tersendiri karena belajar hal baru tiap harinya.

Bermain game

Ilustrasi | Video Games Blogger
info gambar

Kapan terakhir kali Kawan bermain game? Meskipun terlihat remeh, bermain game adalah kegiatan bermanfaat yang dapat kalian lakukan untuk menghindari rasa bosan. Game juga membantu mengembangkan kemampuan kognitif dan kreativitas, menjadikan Kawan bermain sekaligus belajar di saat yang sama.

Selain itu, bermain game juga merupakankegiatan stress relief, di mana Kawan dapat melepaskan diri dari kepenatan pekerjaan sejenak untuk lanjut kembali esok harinya. Namun, ingat untuk tetap bermain game secukupnya, ya! Jangan sampai kegiatan ini mengganggu produktivityas Kawan.

Nah, itu dia rekomendasi kegiatan yang dapat Kawan GNFI lakukan selama WFH. Meski sedang WFH, Kawan juga perlu refreshing dan melakukan hal menyenangkan, ya. Selamat bereksplorasi, Kawan!*

Referensi: Traveloka | The Conversation

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini