Seruput Wedang Khas Indonesia dengan Segala Ragam Manfaat bagi Kesehatan

Seruput Wedang Khas Indonesia dengan Segala Ragam Manfaat bagi Kesehatan
info gambar utama

Penulis: Brigitta Raras

Semarakkan semangat dan aksi kolaborasi Festival Negeri Kolaborasi live di seluruh kanal media sosial GNFI. Informasi lebih lanjut kunjungi FNK 2021.

Indonesia sudah tak asing lagi dengan keberagaman budaya dan kulinernya. Para wisatawan baik domestik hingga mancanegara senang berkunjung ke Indonesia, salah satu alasannya adalah kuliner. Ya, berbagai sajian makanan dan minuman di Indonesia sangatlah menarik dan beragam.

Salah satu sajian khas Indonesia adalah Wedang. Wedang memiliki arti minuman yang diseduh dengan air hangat. Di Indonesia terdiri dari beragam jenis ronde yang unik dan khas dari berbagai daerah.

Tak hanya rasanya yang nikmat, wedang juga dapat menjadi alternatif minuman yang menghangatkan dikala cuaca dingin atau kurang sehat. Ditambah lagi, wedang biasanya terdiri dari berbagai jenis rempah-rempah yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan.

Ingin tahu wedang apa saja yang menjadi khas Indonesia dan memiliki manfaat baik untuk kesehatan? Berikut rangkumannya untuk Kawan GNFI.

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh | Foto: Piknikdong
info gambar

Salah satu minuman tradisional asal kota pelajar atau Yogyakarta ini bernama wedang uwuh. Kata ‘uwuh’ memiliki arti sampah dalam bahasa Jawa. Tak heran, jika minuman ini kerap dijuluki sebagai minuman sampah.

Dianggap sebagai minuman sampah, juga tak lepas dari penampilannya yang terlihat berantakan setelah direbus atau diseduh dengan air. Minuman ini akan terlihat seperti sisaan atau sampah rempah.

Wedang uwuh memiliki komposisi yang berisikan rempah-rempah khas Indonesia, seperti jahe, kayu secang, cengkeh, kayu manis, pala, serai, kapulaga, dan gula batu. Kombinasi bahan dalam wedang uwuh terkenal dengan segudang manfaat, loh, Kawan!

Kuliner Khas Minahasa, Ada yang Unik hingga Ekstrem

Wedang uwuh selain dapat memberikan rasa hangat, juga mampu mengobati penyakit seperti batu, masuk angin, perut kembung, dan pegal linu. Bukan hal yang mustahil, karena faktanya rempah-rempah memang memiliki banyak manfaat dan juga alami bagi tubuh.

Misalnya saja jahe. Jahe dimanfaatkan sebagai penghangat tubuh. Selain itu, berdasarkan penelitian jahe mampu melancarkan peredaran darah dan menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah tinggi.

Tak hanya jahe, kayu manis dan cengkeh juga bermanfaat baik bagi tubuh. Kayu manis memiliki antioksidan yang baik untuk tubuh sedangkan cengkeh memberikan sensasi hangat dan aroma unik dari wedang uwuh. Sangat bermanfaat ya Kawan, wedang uwuh ini!

Nah, Kawan untuk membuat wedang uwuh ini sangatlah mudah. Bahan-bahan yang tadi telah disebutkan, tinggal direbus atau diseduh dengan air mendidih hingga warnanya menjadi coklat kemerahan. Jika sudah berubah warna, siap untuk Kawan nikmati.

Bandrek

Bandrek | Foto: PortalMadura
info gambar

Minuman ini merupakan minuman khas Jawa Barat. Biasanya bandrek dijual bersamaan dengan bajigur. Minuman ini kerap menemani masyarakat dalam setiap aktivitas mereka, khususnya masyarakat Sunda.

Komposisi bandrek juga terdiri dari berbagai rempah-rempah, seperti jahe merah, gula merah, sirih, kayu manis, cengkeh, serai, dan daun pandan. Tak hanya sebagai teman sambil beraktivitas, bandrek juga memiliki manfaat bagi tubuh. Manfaatnya menurunkan tekanan darah, mencegah perut kembung, dan mengatasi masuk angin.

Terlihat Mirip, Ternyata Ini Bedanya Sekoteng dan Wedang Ronde

Bandrek dulunya dikenal sebagai minuman yang dibanggakan orang pada saat zaman kolonial. Minuman ini dianggap mewah, karena terdapat banyak rempah di dalamnya. Rempah di masa itu bernilai tinggi dan bisa ditukarkan dengan emas dan perhiasan oleh bangsa kolonial.

Minuman legendaris ini dapat Kawan dapat buat dengan mengumpulkan berbagai rempah yang sudah disebutkan tadi, kemudian Kawan rebus hingga matang. Setelah itu, disaring dan bandrek siap untuk dinikmati.

Sarabba

Sarabba | Foto: ResepKoki
info gambar
Mengenal Budaya Minum Teh di Indonesia dan Ragam Teh Herbal

Minuman kali ini berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan Kawan. Sarabba kerap dinikmati oleh orang Bugis untuk menyegarkan dan menghangatkan badan. Sarabba terbuat dari campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan dan merica bubuk.

Komposisi dari minuman ini terbilang cukup unik, namun nyatanya Sarabba memiliki aroma yang khas dan menggugah selera Kawan. Terkenal dengan rasanya yang pedas manis, minuman ini dinilai mampu untuk mengobati flu, masuk angin, dan menambah stamina.

Minuman ini dapat Kawan buat sendiri ataupun membelinya di beberapa warung di sekitar kota Makassar. Biasanya, Sarabba dibanderol mulai dari Rp8.000 sampai Rp10.000 saja. Masyarakat Bugis juga kerap menikmati Sarabba bersama dengan berbagai kudapan, seperti pisang goreng dan ubi.

Itu tadi beberapa wedangan atau minuman khas Indonesia yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Apakah Kawan tertarik mencobanya?*

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini