Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aneka Kuliner Indonesia yang Mendunia

Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aneka Kuliner Indonesia yang Mendunia
info gambar utama

Penulis: Nur Annisa Kusumawardani

Semarakkan semangat dan aksi kolaborasi Festival Negeri Kolaborasi live di seluruh kanal media sosial GNFI. Informasi lebih lanjut kunjungi FNK 2021.

Indonesia adalah negara yang kaya akan ragam budaya, bentang alam, juga kulinernya. Beberapa kuliner nasional bahkan telah dikenal dunia dan menjadi salah satu makanan paling diminati oleh selera internasional. Salah satunya adalah rendang yang kembali dinobatkan oleh CNN sebagai makanan terlezat di urutan ke-11 pada World's 50 Most Delicious Foods versi CNN International pada tahun 2021.

Tak cukup di situ, berbagai kuliner lain, seperti nasi goreng, gado-gado, hingga indomie juga menjadi primadona bagi penduduk dunia. Namun, tahukah Kawan bahwa masih terdapat aneka kuliner populer di kancah internasional yang belum banyak dipublikasikan? Mari mengenal makanan khas lain yang tak kalah nikmat dalam ulasan berikut.

1. Sate (satay/meat skewers with peanut sauce)

Siapa yang belum pernah merasakan nikmatnya sate? Makanan yang umumnya dapat ditemui di pinggir jalan maupun warung-warung sederhana ini, salah satu menu masakan paling disukai baik di Indonesia maupun mancanegara. Uniknya, terdapat beragam daging yang dapat diolah menjadi sate, seperti ayam, kambing, sapi, kelinci, hingga kuda.

Berbagai restoran di luar negeri menyajikan sate sebagai salah satu menu andalannya. Misalnya pada Handoyo’s, salah satu restoran Indonesia di Jerman. Rumah makan ini juga mendapatkan pujian karena sajian sate yang disediakannya dinilai nikmat dan memanjakan lidah.

Mengenali Berbagai Tantangan dan Upaya Membangun Desa Wisata Berkelanjutan di Indonesia

2. Bakso (meatball soup)

Bakso | Andre/B Santoso/Liputan6.com
info gambar

Ketika ditanya mengenai makanan apa yang paling digemari ketika berkunjung di Indonesia, Barack Obama, Mantan Presiden Amerika Serikat tak ragu-ragu menyebutkan bahwa bakso adalah salah satu favoritnya. Makanan sederhana ini kemudian menjadi populer di dunia dan sempat menjadi trending topic nasional maupun internasional.

Bakso sendiri adalah jajanan jalanan yang mudah ditemukan di tiap sudut kota di Indonesia. Dibanderol dengan harga terjangkau, makanan ini menjadi andalan bagi tiap kalangan masyarakat tanpa memandang strata ekonomi. Mulai dari pelajar, mahasiswa, hingga pekerja, semuanya dapat menikmati sajian bakso yang lezat ini.

Selain memiliki beragam variasi seperti bakso aci, bakso mercon, hingga bakso urat, kuliner ini juga hadir di negara lain, baik dalam rumah makan maupun jajanan kaki lima (street food).

3. Sop buntut (oxtail soup)

Sop Buntut | Shutterstock
info gambar

Apakah Kawan adalah penggemar sop buntut? Jika iya, ini jadi kabar baik bagi Kawan karena kuliner satu ini dapat pula Kawan temui apabila berkunjung ke luar negeri.

Meski dinilai berasal dari London, Inggris, sop buntut ala Indonesia memiliki ciri khas sendiri yang juga populer. Terbuat dari irisan buntut sapi goreng atau panggang yang disajikan bersama sayuran dalam kaldu daging sapi, kuliner ini menjadi salah satu hidangan lezat yang digemari oleh siapa saja.

Salah satu rumah makan luar negeri yang menyajikan sop buntut adalah beberapa restoran di Singapura, seperti Gado & Grill, Impian Wahyu, GO Noodle House, dan sebagainya.

Bela Hak-hak Anak, Visinema Cabut Distribusi Konten di Stasiun TV yang Tak Sejalan

4. Pempek/Empek-empek

Pempek | Tagar Photo
info gambar

Siapa yang tak kenal dengan pempek? Kuliner nikmat yang juga disebut sebagai empek-empek ini adalah salah satu street food yang mudah dijumpai di hampir tiap sudut kota. Dengan harga terjangkau, Kawan sudah dapat menikmati kelezatan makanan yang berbahan dasar ikan dan tepung tapioka dengan siraman saus serta irisan ketimun ini.

Berasal dari Sumatra Selatan, pempek memiliki berbagai ukuran dan bentuk, dengan pempek kapal selam yang paling terkenal di antara lainnya. Jika Kawan sedang berada di luar negeri, Kawan tidak perlu khawatir untuk merindukan jajanan khas Indonesia ini, lantaran telah banyak restoran internasional yang menyediakannya.

Salah satunya di Australia, terdapat berbagai rumah makan penyedia pempek. Misalnya Pempek Clovelly di Sydney, Famili Ria Indonesian Restaurant di Melbourne, dan banyak lagi.

5. Nasi Rawon

Nasi Rawon | Wisata Sidoarjo
info gambar

Kuliner satu ini hampir tak pernah absen dalam berbagai acara hajatan di Indonesia. Berasal dari Jawa Timur, nasi rawon merupakan masakan yang terbuat dari rebusan daging sapi dengan rasa pedas dan warna hitam pekat dari penggunaan kacang keluak. Hidangan ini paling enak dinikmati dengan semangkuk nasi. Perpaduan ini menjadikannya sebagai kuliner yang lezat dan hangat pada saat bersamaan.

Mengenal Nasi Cadong, Makanan Para Napi di Penjara

Sebagai salah satu hidangan tertua di Jawa kuno yang teridentifikasi secara historis, nasi rawon sering disajikan sebagai hidangan utama atau sebagai sup dengan telur asin, tauge kecil, kerupuk udang, dan sambal belacan. Kawan dapat menjumpai nasi rawon di berbagai belahan dunia, salah satunya di rumah makan Gerai Nenek Obek, Geylang Serai Market, Singapura.

Itulah lima kuliner Indonesia yang dikenal oleh mancanegara. Semoga informasi ini makin membuat Kawan semakin bangga menjadi warga Indonesia, ya!*

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini