Gitaris Berbakat Indonesia Curi Perhatian Musisi Legendaris Dunia dengan Kesederhanaan

Gitaris Berbakat Indonesia Curi Perhatian Musisi Legendaris Dunia dengan Kesederhanaan
info gambar utama

Indonesia memang punya segudang talenta seni yang berbakat dan terbukti berhasil menuai kesuksesan bahkan sampai berkarier ke taraf internasional, beberapa tak henti mendapatkan apresiasi yang luar biasa berkat bakat dan karya yang telah dimiliki.

Tapi, di antara sekian banyak talenta yang muncul, ada satu nama yang belakangan tak kalah berhasil mencari perhatian berkat bakat musik yang dimiliki, yaitu Alif Gustakhiyat.

Nama tersebut mungkin memang asing bagi sebagian orang khususnya publik yang memiliki ketertarikan di bidang musik, karena sosok satu ini lebih banyak dikenal dengan sebutan Alip Ba Ta, sesuai dengan nama yang ia gunakan pada kanal YouTube pribadi miliknya.

Bakat yang ia miliki tidak main-main. Terbukti, sudah tak terhitung berapa kali sosok satu ini mencuri perhatian berbagai musisi kenamaan dunia seperti gitaris band legendaris Queen yaitu Brian May, dan gitaris band Avenged Sevenfold, Synyster Gates.

Siapakah sosok Alif yang sebenarnya?

Kisah Gitaris Terbaik Dunia Keturunan Rangkas Bitung

Mencuri perhatian lewat kemampuan bergitar ala fingerstyle

Alip Ba Ta bermain gitar ala fingerstyle
info gambar

Jika mendengar istilah gitaris fingerstyle dan menanyakannya pada mereka yang memiliki ketertarikan di bidang musik, nama yang langsung terlintas di pikiran pasti adalah Sungha Jung, gitaris asal Korea Selatan yang terkenal akan bakatnya bahkan sampai ke tanah air.

Jika Korsel punya Sungha Jung, maka bisa dibilang bahwa Alif adalah gitaris dengan kemampuan sepadan yang juga dimiliki Indonesia.

Alif adalah pria kelahiran tahun 1988 yang berasal dari Ponorogo, ia pertama kali memperlihatkan bakatnya melalui kanal YouTube yang dibuat pada tahun 2018. Pada video pertama yang diunggah, dirinya membawakan lagu dari penyanyi lawas Tetty Kadi bertajuk Sepanjang Jalan Kenangan, yang sampai saat ini sudah ditonton lebih dari 1,5 juta orang.

Terus aktif membagikan kegiatannya bermain gitar, video Alif rupanya populer dan sampai ke penikmat musik dari berbagai negara sehingga membuat dirinya mendapat banyak apresiasi berkat bakat yang dimiliki.

Sebenarnya, jika ditelisik ada cukup banyak pemain gitar di Indonesia yang memiliki keahlian dalam aliran fingerstyle, salah satunya Nathan Fingerstyle yang saat ini juga aktif membagikan keahliannya di YouTube.

Kemudian ada juga gitaris fingerstyle profesional lain yang dimiliki Indonesia seperti Jubing Kristianto dan Josephine Alexandra. Namun, Alif belakangan lebih banyak dikenal karena ciri khas yang dimiliki dan wawasan musiknya yang sangat luas.

Alif tidak membatasi genre atau aliran musik tertentu yang biasa ia bawakan lewat petikan gitarnya, dalam satu waktu Alif bisa membawakan lagu terkenal dari musisi kenamaan dunia, di satu kesempatan lainnya ia juga mahir membawakan lagu dari musisi tanah air yang berasal dari berbagai generasi.

Bukan hanya itu, Alif bahkan kerap membawakan lagu daerah dan lagu nasional seperti pada video yang diunggah belum lama ini, dirinya memainkan instrumen dari lagu Ibu Pertiwi yang diselingi dengan permainan suling.

Video tersebut diunggah pada saat Hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus lalu, dan telah ditonton oleh sebanyak 2,4 juta orang hingga saat ini.

Selain itu, Alif juga diketahui memiliki keunikan tersendiri dalam memainkan gitar, ia kerap menyertakan nada-nada alami khas Indonesia dalam permainan gitarnya yang tidak dimiliki oleh gitaris lain.

Gitaris Steve Vai, Ternyata Memakai Karya Anak Indonesia

Panen pujian dari musisi kenamaan dunia

Postingan Brian May, gitaris band Queen yang mengapresiasi Alif
info gambar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, tak terhitung ada berapa banyak apresiasi yang didapat Alif berkat bakat yang ia miliki. Sampai saat ini, kolom komentar dari setiap unggahannya bermain gitar tidak hanya dipenuhi oleh pujian yang berasal dari masyarakat Indonesia, melainkan juga penikmat musik dunia.

Dalam satu kesempatan, video Alif yang membawakan lagu Bohemian Rhapsody mencuri perhatian sang gitaris dari band pemilik lagu tersebut, yaitu Brian May yang akhirnya mengunggah ulang video Alif pada akun Facebook pribadi miliknya.

Tak lama, video lain Alif yang memainkan lagu Love of My Life juga diunggah pada akun resmi Facebook Queen.

Apresiasi lain datang dari gitaris band Dragon Force, Herman Li. Dirinya memberikan reaksi atas video Alif yang membawakan lagu My Heart Will Go On milik diva Celine Dion, yang hanya menggunakan satu tangan untuk memetik rangkaian senar pada gitar miliknya.

"Sebelum melihat aksinya, saya sudah bisa membayangkan bahwa Indonesia memang memiliki banyak musisi yang bertalenta seperti Alip Ba Ta. Saya melihat aksinya dan itu luar biasa,” ungkap Herman Li.

Saking terpukaunya, Herman Li bahkan mengungkap bahwa dirinya berencana mengundang Alif jika ia dan bandnya memiliki kesempatan untuk tampil di Indonesia di waktu yang akan datang.

Industri Musik Indonesia dari Masa ke Masa, Hingga Terbit Royalti

Tak ingin terkenal, tetap bekerja sebagai operator forklift

Alif berprofesi sebagai operator forklift
info gambar

Di balik semua apresiasi yang didapat, rupanya ada sisi sederhana yang tetap dipertahankan Alif dari bakat yang dimiliki. Jika dilihat pada kanal YouTubenya, hampir setiap unggahan video bermain gitar Alif selalu disaksikan oleh lebih dari satu juta penonton.

Melihat pencapaian tersebut, jika melansir perhitungan dari laman Social Blade, kanal YouTube Alif yang saat ini sudah memiliki hampir lima juta subscribers diprediksi dapat menghasilkan pendapatan lebih dari Rp8 miliar dalam satu tahun.

Namun, Alif nyatanya menjadi sosok yang dikenal tidak ingin melakukan aji mumpung. Hal tersebut pernah diungkap oleh musisi tanah air Anji pada kanal YouTubenya. Anji mengungkap, bahwa ia pernah mengontak Alif untuk melakukan collabs, meski mendapat respons positif pada awalnya, namun pembicaraan tersebut berakhir dengan percakapan yang membuat Anji terkejut.

“Akhirnya saya DM, halo Mas Alif, kolab yuk! ‘Wah benar, Mas?’ ‘Iya betul. Mas Alif kirim nomornya nanti personal saya yang akan mengatur jadwal’. Jawabannya sungguh mengejutkan saya sih pada saat itu, ‘saya orangnya enggak bisa diatur-atur Mas’,” terang Anji.

Hal serupa juga pernah dibagikan oleh gitaris band GIGI, Dewa Budjana, yang sempat beberapa kali berkomunikasi dengan Alif, Dewa mengungkap bahwa Alif tidak menginginkan uang, dirinya hanya ingin berkarya sesuai dengan kesenangannya.

Terbukti, hingga saat ini Alif memang tetap memertahankan kesederhanaan yang dimiliki, dalam setiap video yang aktif diunggah, Alif selalu terlihat apa adanya saat bermain gitar pada ruangan yang memiliki latar sederhana dengan cat dinding yang terlihat hampir pudar.

Hingga saat ini, Alif diketahui masih bekerja sebagai operator forklift di sebuah perusahaan yang berada di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Dirinya bahkan sempat berhenti mengunggah video bermain gitar selama beberapa bulan pada awal tahun 2021 lalu.

Menurut beberapa penggemar yang menamakan dirinya dengan julukan Alipers, terungkap bahwa Alip tidak ingin menjadi sosok terkenal yang akan membuat dirinya sibuk dan takut akan meninggalkan keluarga serta ibadahnya.

Konten YouTube Paling Sering Ditonton Netizen Indonesia, Film dan Musik Jadi Favorit

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini