Belajar Tingkatkan Produktivitas dengan Metode Eat The Frog

Belajar Tingkatkan Produktivitas dengan Metode Eat The Frog
info gambar utama

Penulis: Nur Annisa Kusumawardani

Semarakkan semangat dan aksi kolaborasi Festival Negeri Kolaborasi live di seluruh kanal media sosial GNFI. Informasi lebih lanjut kunjungi FNK 2021.

Apakah Kawan adalah seseorang yang sering merasa kurang produktif atau kesusahan menentukan skala prioritas? Ada berbagai cara yang bisa Kawan lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya dengan menggunakan metode “Eat The Frog.”

Seringkali, kita ingin melakukan terlalu banyak hal dalam sehari, memberikan diri kita sendiri to do list dengan jumlah yang banyak. Hal ini justru membuat kita menjadi semakin kesulitan untuk melaksanakan kegiatan tersebut, mengarahkan kita pada prokrastinasi atau kebiasaan menunda yang berlebihan.

Eat The Frog adalah metode produktivitas sederhana yang berfokus dalam menyelesaikan kegiatan tersulit terlebih dahulu di pagi hari. Sebutan “Frog” pada metode ini ialah metafora yang mewakilkan pekerjaan atau kegiatan paling penting, sekaligus paling susah yang perlu kita kerjakan.

Berasal dari penulis dan pembicara Amerika-Kanada, Brian Tracy, metode Eat The Frog pertama kali muncul dalam bukunya. Berjudul Eat That Frog! 21 Great Ways to Stop Procrastinating and Get More Done in Less Time, buku ini banyak dicari dan bermanfaat untuk dipejari.

Untuk mulai menggunakan metode Eat The Frog cukup mudah. Ada beberapa langkah yang bisa Kawan ikuti. Pastikan langkah berikut Kawan lakukan dengan baik, ya.

Menentukan “Frog” kita

Metode Eat The Frog | readinggraphs.com
info gambar

Langkah ini berkaitan dengan prioritas, atau bagaimana Kawan menentukan hal terpenting yang dapat Kawan lakukan terlebih dahulu. Misalnya, jika Kawan perlu mengerjakan tugas akhir kuliah, Kawan dapat menyebut tugas tersebut sebagai “Frog” Kawan yang akan “dieksekusi” di pagi hari.

Jadi, Kawan perlu menentukan kegiatan yang menurut Kawan menuntut waktu dan konsentrasi khusus untuk dilakukan terlebih dahulu. Kawan bisa melakukannya lebih dulu dan menjadi prioritas.

Kiat Bangun Pagi Supaya Kawan Lebih Produktif

Pilih suatu kegiatan yang dapat dikerjakan dalam waktu 1 sampai 4 jam

Tugas yang jelas dan realistis akan membuat Kawan lebih mudah untuk memulai dan tidak menunda-nunda. Selain itu, dengan menyelesaikan kegiatan tersebut sebelum jam makan siang akan membuat Kawan merasa memiliki waktu yang cukup untuk mengerjakan kegiatan lainnya.

Membaginya mjadi pekerjaan kecil jika memungkinkan

Jika kegiatan utama tersebut membutuhkan waktu cukup lama, atau merupakan pekerjaan berat, Kawan dapat membaginya menjadi kegiatan-kegiatan yang lebih kecil. Misalnya, jika Kawan berniat belajar untuk ujian matematika, Kawan dapat melakukan review materi beserta mengerjakan 10 soal terlebih dahulu di pagi hari.

Mempersiapkan “Frog” di malam sebelumnya

Salah satu cara terbaik dalam mempersiapkan diri bagi hari esok adalah dengan menentukan apa saja yang akan Kawan lakukan di hari kemarin. Dengan ini, Kawan dapat menjadi lebih siap secara mental untuk mengerjakan tugas-tugas tersebut.

Kegiatan Anti Bosan Agar WFH Lebih Berwarna

Manfaat metode Eat The Frog

Ilustrasi | Shutterstock
info gambar

Dengan melakukan metode saat ini, Kawan dapat merasaka beberapa manfaatnya. Pertama, dapat memicu Kawan bekerja dengan kebiasaan yang baik. Dengan memiliki rutinitas Eat The Frog setiap hari, Kawan dapat membentuk kebiasaan baik yang berguna untuk masa depan Kawan.

Selayaknya manusia, tentunya kita tidak akan bisa bersemangat setiap hari. Ada kalanya memotivasi kita turun dan kita merasa malas untuk mengerjakan tugas maupun pekerjaan yang kita miliki. Adanya kebiasaan ini dapat menjadi momentum yang mendorong Kawan untuk tetap menyelesaikan pekerjaan, bahkan ketika Kawan merasa jenuh dan bosan.

Kedua, dapat memberikan kebebasan untuk melakukan suatu hal. Sering kali, hal pertama yang kita lakukan di pagi hari adalah memeriksa email dan pesan masuk.

Kalahkan Toxic Positivity, Pikiran Positif yang Bisa Perburuk Kesehatan Mental

Hal ini bukanlah kebiasaan yang baik karena dapat mengambil alih fokus kita sepanjang hari. Dengan metode Eat The Frog, Kawan dapat menempatkan agenda terpenting untuk dilakukan terlebih dahulu.

Bahkan, terdapat anjuran untuk melakukan kegiatan ini di pagi hari begitu bangun tidur. Dengan begitu, sebelum fokus kita teralihkan oleh sosial media dan lainnya, kita telah menyelesaikan tugas yang penting bagi kita.*

Referensi: Todoist | Wimi

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini