Manjakan Lidah dengan Keunikan dan Kelezatan Makanan Khas Madura

Manjakan Lidah dengan Keunikan dan Kelezatan Makanan Khas Madura
info gambar utama

Penulis: Brigitta Raras

Semarakkan semangat dan aksi kolaborasi Festival Negeri Kolaborasi live di seluruh kanal media sosial GNFI. Informasi lebih lanjut kunjungi FNK 2021.

Indonesia yang memiliki keberagaman suku, budaya, dan adat tentunya juga memengaruhi dalam setiap aktivitas masyarakatnya. Perbedaan dan keragaman inilah yang harus kita jaga dan lestarikan.

Keunikan dan keberagaman Indonesia juga menghasilkan berbagai kuliner khas nusantara yang tak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Setiap daerah di Indonesia, tentunya memiliki ragam kuliner yang berbeda dan unik. Salah satunya di Pulau Madura.

Mungkin di benak Kawan, ketika mendengar kata Madura yang terlintas adalah kuliner sate Madura. Memang, kenikmatan dari kuliner ini telah diakui dan Kawan dapat melihatnya juga dari banyaknya pedagang sate khas Madura di berbagai daerah lain.

Namun, faktanya Madura memiliki berbagai kuliner khas, unik, dan menarik lainnya. Kuliner ini juga tak kalah lezatnya dengan sate Madura. Ketika Kawan berkunjung ke Madura, deretan kuliner berikut ini dapat Kawan coba.

Mengubah Stigma Tiwul dari Makanan Ndeso jadi Kekinian

Bebek Songkem

Bebek Songkem | Foto: IDN Times
info gambar

Salah satu kuliner asli kabupaten Sampang, Madura bisa dikatakan sebagai makanan yang rendah kolesterol. Hal ini dikarenakan proses pengolahannya yang dilakukan dengan dikukus dan tidak menggunakan air, melainkan dengan potongan pelepah pisang.

Ketika proses dikukus ini, gajih bebek yang mengandung lemak akan menempel di pelepah, sehingga kolesterol dinilai akan berkurang. Selain itu, uniknya sajian ini dikukus selama 4 sampai 6 jam yang sebelumnya telah diberi bumbu rempah.

Selain keunikan proses pengolahannya, kuliner ini juga tak lepas dari sejarah. Bebek Songkem ini melabangkan wujud hormat dan terima kasih kepada orang tua. Biasanya, bebek songkem ini akan dibawa sebagai hantaran ketika songkeman.

Rasa dari bebek songkem ini juga tak perlu diragukan. Olahan bumbu khas yang dikukus dalam bungkusan pelepah pisang menghasilkan rasa gurih nan lezat. Disantap bersama nasi hangat, lalapan segar dan sambal, makanan khas Madura ini akan semakin terasa nikmat.

Lorjuk

Lorjuk | Foto: Indonesia.go.id
info gambar

Kuliner ini merupakan hidangan khas laut. Lorjuk, salah satu jenis kerang yang hidup di pesisir pantai berlumpur. Bentuk dari lorjuk tak jauh berbeda dengan kerang bambu dan tak kalah lezat dari kerang lainnya.

Menghidangkan lorjuk biasanya dimasak dengan menumis menggunakan bumbu, kecap, dan cabai. Sebelum diolah, lorjuk akan direbus terlebih dahulu hingga mengeluarkan cairan layaknya kaldu. Setelah itu, lorjuk perlu dijemur di bawah sinar matahari hingga kering.

Kemudian, lorjuk akan dikupas dan dijemur kembali selama dua hari. Proses pengeringan ini akan memberikan daya awet alami untuk daging lorjuk. Setelah proses tersebut, barulah lorjuk siap dimasak dengan cara ditumis dan disantap bersama dengan nasi hangat.

Mengenal Milenial Shrimp Farming, Program Budidaya Udang dengan Omzet Menjanjikan

Cita rasa lorjuk yang unik dan bertekstur empuk memiliki kandungan nutrisi yang baik. Hidangan kerang lorjuk memiliki kalori yang rendah dan tinggi protein, mineral, zat besi, dan omega-3.

Memiliki nutrisi yang baik, hidangan ini dinilai mampu mengendalikan tekanan darah, mengontrol kolesterol hingga mencegah penyakit jantung. Sangat menarik untuk dicoba!

Soto Mata Sapi

Soto Mata Sapi | Foto: Travelingyuk
info gambar

Jika Kawan suka mencicipi kuliner ekstrem, sajian ini sangat cocok bagi Kawan. Sajian soto ini, bukanlah soto biasa yang kerap Kawan temukan di berbagai rumah makan. Sesuai dengan namanya, soto ini terbuat dari mata sapi utuh yang masih terbalut tulang.

Meskipun kelihatan menyeramkan, tetapi rasa dari soto ini sudah diakui oleh masyarakat sekitar. Tak hanya mata sapi saja sebagai kondimen sajian ini, tetapi juga terdapat daging dan usus sapi di dalamnya.

Pada prosesnya, seluruh bahan soto akan direbus kurang lebih lima jam hingga menghasilkan kuah soto yang kental dan pekat. Dalam satu porsi soto, Kawan akan mendapatkan bola mata sapi utuh. Sajian yang disajikan dengan irisan lontong atau ketupat ini menjadi salah satu kuliner unik yang diminati para wisatawan.

Gastrodiplomasi jadi Jalur untuk Meningkatkan Ekspor Rempah dan Kuliner Nusantara

Kaldu Kokot

Kaldu Kokot | Foto: Tempo
info gambar

Istilah kokot merupakan bahasa madura untuk menyebut kikil. Jadi, olahan dari kaldu kokot berbahan utama kikil sapi. Hidangan ini juga disajikan bersama dengan jeroan, sumsum, dan babat sapi.

Uniknya, kuliner ini menggunakan kacang hijau di dalamnya. Dapat dikatakan sajian ini mirip bubur kacang hijau dengan versi gurih dan berbumbu. kaldu kokot ini biasanya disantap bersama dengan perkedel singkong dan kerupuk sebagai pelengkap. Sajian yang diolah dengan ragam rempah dan kacang hijau ini memiliki cita rasa khas, yang tak dapat kawan temukan di daerah lain.

Itu tadi deretan kuliner khas dan unik asal Madura. Untuk Kawan GNFI yang berasal dari Madura, kira-kira makanan apa lagi yang bisa Kawan rekomendasikan? Apakah Kawan tertarik untuk mencicipi sajian tersebut?*

Referensi: travelingyuk | Indonesia.go.id | merdeka

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini