Sandi Nusantara Jadi Komik Digital di Webtoon yang Ceritanya 'Indonesia Banget'

Sandi Nusantara Jadi Komik Digital di Webtoon yang Ceritanya 'Indonesia Banget'
info gambar utama

Penulis: Nur Annisa Kusumawardani

Semarakkan semangat dan aksi kolaborasi Festival Negeri Kolaborasi live di seluruh kanal media sosial GNFI. Informasi lebih lanjut kunjungi FNK 2021.

Ada berbagai cara dalam melestarikan budaya Indonesia. Salah satunya dengan membawakan keragaman, beserta sejarahnya melalui cerita (story telling) untuk menjangkau generasi muda. Webtoon “Sandi Nusantara” ciptaan Sobat Budaya bersama Bandung Fe Institute menjadi inovasi media kreatif dalam melestarikan warisan tersebut.

Tak diragukan lagi, Indonesia menyimpan sejuta kekayaan budaya di setiap jengkal tanah airnya. Bukan hanya pernak-pernik kerajinan tangan, motif-motif wastra yang menarik mata, ragam kuliner yang memuaskan lidah, atraksi budaya yang mengagumkan, alunan-alunan nada penuh pesan yang disenandungkan sejak zaman nenek moyang, ataupun upacara-upacara adat yang mengatur tata aturan dan norma-norma kehidupan masyarakat.

Lebih dari itu, kekayaan budaya tradisi nusantara menyimpan sandi-sandi informasi yang menyibakkan sudut pandang pengetahuan dan peradaban nusantara. Sejak 2016, eksplorasi dengan metode ilmiah atas puluhan ribu data warisan tradisi melalui belasan tahun pendataan Perpustakaan Digital Budaya Tradisi, telah terdiseminasikan melalui penerbitan buku Kode-Kode Nusantara.

Inilah 10 Musisi Indonesia yang Lagunya Paling Banyak Diputar di Spotify 2021

Kini, Bandung Fe Institute bersama Komunitas Sobat Budaya kembali berinovasi untuk terus menyebarkan semangat pendataan digital dan penggalian budaya Indonesia, melalui ilmu pengetahuan dan teknologi. Wujud inovasi itu ialah dengan meluncurkan komik digital Sandi Nusantara, diadaptasi dari hasil-hasil penelitian dalam buku Kode-Kode Nusantara.

Peluncuran komik tersebut dirayakan bertepatan dengan HUT Republik Indonesia ke-76 tahun, dengan semangat “Merdeka dengan jejak-jejak sains dan matematika dalam budaya tradisi Nusantara,” pada Selasa (17/08) lalu.

Peluncuran webtoon Sandi Nusantara dikemas dalam kegiatan live talk show bersama dengan Hokky Situngkir (Peneliti dan Penulis buku Kode-Kode Nusantara), Nicky Ria Azizman (Ketua Sobat Budaya), Siti Wulandari (Ketua Tim Webtoon Sandi Nusantara), dan Tantowi Albanani (Ilustrator webtoon ‘Sandi Nusantara’).

Mengenal Bandung Fe Institute dan Komunitas Sobat Budaya: pencetus komik digital Sandi Nusantara

Komik digital Sandi Nusantara ini dilahirkan melalui kolaborasi Bandung Fe Institute dan Komunitas Sobat Budaya. Kolaborasi menghasilkan cerita dan visual apik yang ringan, tetapi penuh makna.

Sobat Budaya adalah sebuah komunitas pemuda yang berupaya dan bergotong royong untuk mengumpulkan, dan mendigitalisasikan informasi budaya tradisi ke perpustakaan digital budaya Indonesia (PDBI). Gerakan ini berawal di Kota Bandung dan diluncurkan pertama kali di Istana Negara pada 13 Desember 2011 silam.

Untuk Bandung Fe Institute sendiri, suatu lembaga riset kompleksitas pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 2002. Bandung Fe Institute telah menghasilkan puluhan hasil riset kompleksitas yang bisa dilihat di laman Bandung Fe Institute. Selain itu, lembaga ini juga memproduksi hasil jurnalisme data sains Indonesia yang bisa dibaca di BFI News.

Berwisata Sambil Belajar Sejarah Melalui Destinasi Dark Tourism

Membaca dan mengikuti tren masyarakat

Sandi Nusantara | Info Budaya
info gambar

Pemilihan media LINE Webtoon berdasarkan pengamatan terhadap animo dan pergeseran tren membaca di masyarakat, yang cenderung beralih ke media digital. Hal ini menjadikan LINE Webtoon dan KaryaKarsa menjadi media yang dipilih untuk penerbitan komik digital Sandi Nusantara. Dua media itu dirasa tepat menjadi media penceriteraan dan visualisasi khazanah peradaban pengetahuan nusantara, tanpa bermaksud menggurui ke anak-anak muda.

Selain dapat diakses secara gratis melalui platform LINE Webtoon, para penggemar buku Kode-Kode Nusantara juga dapat berkontribusi memberikan dukungan kepada kreator, melalui sistem tipping atau berlangganan bulanan untuk akses episode terbaru ‘Sandi Nusantara’ melalui platform KaryaKarsa.

Sinopsis Sandi Nusantara

Komik digital Sandi Nusantara akan diterbitkan secara berkala setiap minggu melalui platform baca komik gratis LINE Webtoon dan KaryaKarsa. Komik bercerita tentang perjalanan Gendra bersama teman-temannya, menelusuri kekayaan budaya tradisi nusantara dan jejak-jejak sains. Ada pula matematika yang ditemukan di balik informasi-informasi yang tersandikan, di setiap cerita dan prakarya budaya tradisi nusantara.

Gendra menggambarkan karakter muda yang senantiasa dirundung rasa penasaran dan rasa ingin tahu terhadap matematika dan ilmu pengetahuan, yang berkelindan di sekitar kehidupannya. Dalam petualangan intelektualnya, Gendra menemukan jigsaw puzzle jejak-jejak peradaban dan ilmu pengetahuan nenek moyang dalam sandi-sandi informasi budaya tradisi nusantara.

Mengenal Empon-Empon, Minuman Para Leluhur untuk Daya Tahan Tubuh

Ketika membaca komik Sandi Nusantara, Kawan akan bernostalgia dengan latar belakang ceritanya yang dituangkan dalam kehidupan sehari-hari. Adanya pos ronda, ruangan kelas, seragam sekolah, hingga gambar-gambar yang melukiskan keragaman budaya Indonesia.

Komik ini bisa dibaca oleh semua umur, khususnya bagi Kawan yang penasaran dengan budaya-budaya Indonesia. Sampai tulisan ini diterbitkan, sudah ada 4 episode yang terbit. Nantinya, komik ini akan ada sampai 200 episode. Nantikan cerita-cerita menarik dari Sandi Nusantara, ya, Kawan!*

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini