Gandeng Nokia dan Indosat, ITS Resmi Luncurkan 5G Experience Center Pertama di Indonesia

Gandeng Nokia dan Indosat, ITS Resmi Luncurkan 5G Experience Center Pertama di Indonesia
info gambar utama

Penulis: Nur Annisa Kusumawardani

Semarakkan semangat dan aksi kolaborasi Festival Negeri Kolaborasi live di seluruh kanal media sosial GNFI. Informasi lebih lanjut kunjungi FNK 2021.

Bersama dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kehadiran teknologi 5G di Indonesia membawa berita baru bagi dunia telekomunikasi bangsa. Meski belum merata di seluruh daerah, kini pelaku teknologi sedang berusaha menggencarkan layanan 5G terutama di kota-kota besar.

Tak terkecuali di kawasan di kawasan kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Untuk menghadirkan pengalaman 5G, 5G Experience Center diresmikan sebagai hasil kerja sama antara ITS dengan Nokia dan Indosat Ooredoo.

Peluncuran ini adalah kelanjutan dari revolusi 5G di Indonesia untuk mendorong inovasi dan pengembangan use case 5G di Tanah Air. Dilansir dari laman Kemendikbud, Dr. Ir. Endroyono DEA selaku penanggung jawab program pengembangan 5G Experience Center di ITS menyatakan bahwa program ini meliputi pengembangan talent atau SDM, hingga hilirisasi produk inovasi ICT (Information and Communications Technology) yang akan menjadi inti dari industri 4.0 melalui teknologi 5G.

Warung Pangan, eCommerce Indonesia untuk Pasarkan Produk Pertanian dan UMKM

5G Experience Center, pusat belajar teknologi bagi mahasiswa

Peluncuran ITS 5G Experience Center | Foto: ITS News
info gambar

Penyebutan 5G Experience Center masih terdengar asing, khususnya bagi masyarakat umum. Secara sederhana, nama ini merupakan ruangan (center) yang disediakan untuk berdiskusi dan mempertemukan akademisi dan industri melalui proses inkubasi penerapan teknologi 5G.

Hal itu termasuk aspek ekonomi dalam pemanfaatannya. Selain itu, Ruang Center of Excellence juga disebut-sebut sebagai tempat untuk dilakukannya berbagai training dan sertifikasi, khususnya yang terkait ICT dan 5G.

Melalui fasilitas ini, nantinya para mahasiswa dapat menyentuh, mempelajari, dan mendapat wawasan untuk mengembangkan aplikasi di era 5G dan menyongsong era Revolusi Industri 4.0. ITS Experience Center sendiri terletak di Hall Utama Kawasan Robotika ITS.

Dilansir dari ITS News, fasilitas ini akan fokus menyediakan pendidikan, pengembangan, dan kemampuan pengujian di bidang 5G, dalam rangka membantu memperkuat talenta digital lokal, mempercepat pengembangan konten dan use case 5G lokal, dan mendorong pembangunan ekonomi dengan memanfaatkan keunggulan teknologi 5G.

Pusat inovasi ini dilengkapi dengan wahana untuk pengenalan teknologi 5G (center of knowledge), tempat pengembangan aplikasi dan use case untuk para mahasiswa dan startup binaan ITS (center of creativity), serta pelengkap proses edukasi, pelatihan dan sertifikasi (center of excellence).

Tokopedia jadi eCommerce dengan Kunjungan Tertinggi di Indonesia pada Q2 2021

ITS 5G Experience Center resmi diluncurkan

Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno pada Peluncuran ITS 5G Experience Center | Foto: ITS News
info gambar

ITS 5G Experience Center resmi diluncurkan dalam rangkaian acara Dies Natalis ITS ke-61, tepatnya pada Kamis (16/9) lalu. Bersama Nokia dan Indosat Ooredoo, peluncuran ini dilaksanakan di Gedung Pusat Robotika yang merupakan salah satu Kawasan Science Technopark (STP) ITS.

Hadir langsung dalam acara peluncuran ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan dukungannya terhadap pengembangan teknologi 5G ini. Ia berharap inovasi ini dapat membuka peluang lapangan kerja baru.

Pendirian ITS 5G Experience Center ini juga mendapat dukungan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Menristekdikti) RI Nadiem Anwar Makarim yang turut memberikan sambutan virtual melalui video.

“Dengan hadirnya teknologi ini, perkembangan pendidikan di Indonesia dapat semakin maju dan mendukung proses merdeka belajar,” tutur Nadiem.

Sebagai hasil dari kerjasama antara ITS, Nokia, Indosat, dan Universitas Oulu Finlandia, ITS 5G Experience Center ini menjadi fasilitas experience center pertama di Indonesia yang berfokus pada teknologi 5G. Peluncuran ini menjadi langkah awal bagi Indonesia untuk membangun ekosistem teknologi 5G yang dapat mendorong percepatan perkembangan teknologi bisnis, sekaligus inovasi dan memberdayakan digital talent.

10 Mobil Terlaris di Indonesia Periode Agustus 2021, Avanza Geser Xpander

Shining Surabaya, program lanjutan setelah 5G Experience Center

Dilansir dari Selular Indonesia, setelah program peluncuran 5G Experience Center rampung, Indosat bersama Nokia akan memulai program penerapan 5G di kota pahlawan ini melalui program Shining Surabaya.

Shining Surabaya diharapkan dapat menjadi program di mana 5G mulai bisa diterapkan di Surabaya. Mulai dari ITS, Galeri Indosat Ooredoo, Balai Kota Surabaya, Konsulat Finlandia di Surabaya, hingga pusat perbelanjaan dan bandara.

Selain peresmian ITS 5G Experience Center, kolaborasi antara perguruan tinggi dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) ini turut melahirkan tiga penandatanganan kerja sama. Ialah pengembangan virtual technopark, Memorandum of Action (MoA) joint development Internet of Things (IoT) service, dan Memorandum of Understanding (MoU) pengembangan 5G Experience Center lebih lanjut.

Keberlanjutan dari inovasi 5G Experience Center ini ditandai dengan proyek bertajuk Next Generation ICT Innovation Center (NG-ICT-IT). Proyek ini ditujukan sebagai pusat inovasi baru bidang telekomunikasi mulai 5G, 6G, hingga berbagai teknologi baru termasuk autonomous vehicle. ITS bersama Oulu University, Nokia, dan Indosat Ooredoo terus mengembangkan jaringan 5G sebagai solusi penerapan kemudi otonom.

Dari MINI ke Rolls-Royce, Irene Nikkein Bukti Wanita Indonesia Berjaya di Bidang Otomotif

Nantinya, 5G Experience Center akan menjadi katalisator pengembangan ekosistem 5G di Indonesia dengan terbentuknya Forum 5-IONE (5G – Indonesia Institution of Innovation ITS Indosat Oulu Nokia Ecosystem).

Forum 5-IONE yang dibentuk telah berhasil membuat dua program percontohan di Jawa Timur, untuk pembuatan use case 5G dengan cetak biru. Gunanya, untuk konseptualisasi dan pengembangan Smart City & Smart Corridor untuk kota Surabaya & Kabupaten Jember.

Terciptanya program 5-IONE akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan generasi muda dan mahasiswa ITS, dalam memberikan akses terhadap fasilitas dan komunitas penelitian dan pengembangan global.

Tak hanya itu, serta menyediakan program sertifikasi untuk menjadi authorized ahli 5G profesional, serta menyediakan saluran untuk pengembangan karir dan kewirausahaan global.*

Referensi: Dikti Kemendikbud | Selular | ITS News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini