Sutradara Timo Tjahjanto Kembali Dipercaya Garap Film Original Netflix dari Indonesia

Sutradara Timo Tjahjanto Kembali Dipercaya Garap Film Original Netflix dari Indonesia
info gambar utama

Pertama kali hadir di tanah air pada tahun 2016, Netflix tentu tidak sekadar membuat pasar di Indonesia hanya berperan sebagai penonton dengan menikmati jajaran film hasil produksi asal luar negeri.

Nyatanya, layanan streaming digital asal Amerika Serikat ini juga berkomitmen menghidupkan pelaku sineas di tanah air dengan menjalin kerja sama untuk menghadirkan jajaran film original yang tidak kalah berkualitas.

Masih ingat dengan film original Netflix pertama asal Indonesia berjudul The Night Comes for Us yang rilis tahun 2018 lalu? Ya, film garapan sutradara Timo Tjahjanto yang dibintangi oleh Joe Taslim, Iko Uwais, Julie Estelle, dan Zack Lee tersebut nampaknya memberi hasil yang memuaskan bagi Netflix.

Terbukti, karena belakangan berhembus kabar bahwa layanan streaming yang banyak diandalkan oleh masyarakat dunia ini kembali menggandeng Timo, untuk menggarap proyek film original terbaru berjudul The Big Four. Sudah barang tentu, segala proses produksi dari pembuatan film tersebut akan kembali disokong oleh Netflix.

The Night Comes for Us, Film Original NETFLIX Pertama dari Indonesia

Film genre aksi komedi dijadwalkan rilis tahun 2022

Bukan sebatas angin lalu, kabar membanggakan ini pertama kali dibagikan Netflix lewat pernyataan melalui laman resmi, yang mengumumkan mengenai keputusan untuk kembali memercayai Timo dalam menggarap film original yang akan tayang di platform mereka.

“…Netflix telah menandatangani (kontrak) film baru dengan sutradara Indonesia Timo Tjahjanto. Dijadwalkan untuk rilis pada tahun 2022, film ini akan berjudul The Big Four.” tulis pihak Netflix.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dengan datangnya kabar ini maka sudah jelas bahwa proyek film The Big Four akan menjadi kerja sama kedua yang terjalin antara Netflix dengan Timo setelah proyek pertama yang berjalan pada tahun 2018 lalu.

Di saat yang bersamaan, Timo juga menyampaikan tanggapannya atas kesempatan istimewa yang kembali ia dapatkan.

“Saya merasa terhormat atas kesempatan untuk menceritakan kisah khusus ini kepada dunia. Dengan pengalaman sebelumnya bekerja sama dengan Netflix yang membuat karya saya dikenal secara internasional, saya sangat bersemangat untuk proyek baru kali ini.” ujar Timo.

Meski begitu, sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai jalan cerita yang akan diangkat dalam film The Big Four. Satu yang dapat dipastikan, film tersebut akan hadir dengan genre aksi sekaligus komedi.

Hal tersebut disampaikan oleh Timo melalui unggahan di akun media sosial Instagramnya, yang secara bersamaan menjanjikan bahwa ia akan memberikan usaha maksimal untuk hasil akhir dari film tersebut.

Sementara itu di lain kesempatan, Malobika Banerji selaku Director Content Netflix untuk region Asia Tenggara mengungkap alasan memilih Timo untuk menggarap film The Big Four.

“Kami senang dapat bekerja sama dengan Timo, seorang sutradara berbakat dan penuh visi yang menghasilkan karya-karya mengagumkan. Kami percaya Timo akan menceritakan sebuah kisah yang sangat Indonesia namun juga bersifat universal," ungkap Malobika dalam siaran pers yang diwartakan oleh Antara.

Pertama di Dunia, Program Netflix Tayang di TVRI

Rekam jejak Timo Tjahjanto dalam dunia perfilman

Timo Tjahjanto
info gambar

Timo yang memiliki nama asli Timothy Tjahjanto, sejatinya memiliki kredibilitas yang tak perlu diragukan lagi dalam industri perfilman. Kepiawaian dalam menggarap sebuah tayangan di layar besar berasal dari latar belakangnya yang pernah menempuh pendidikan visual art di Australia.

Deretan film yang berhasil ia buat dan mendulang kesuksesan besar, serta berkontribusi memberi perubahan berarti dalam industri perfilman di tanah air di antaranya film Rumah Dara (2009), Headshot (2016), dan Sebelum Iblis Menjemput (2018).

Setelah dipercaya menggarap film original Netflix di tahun 2018 dan berkat rekam jejak film bergenre horor serta thriller yang berhasil dibuat, nama Timo rupanya sampai ke telinga sutradara ternama Hollywood James Wan, yang menjadi sosok kunci di balik kesuksesan deretan film dari The Conjuring Universe.

Menyusul kabar tersebut, pada awal tahun 2021 tepatnya di bulan Februari lalu, Timo rupanya dipercaya untuk berkolaborasi dengan James Wan dan Gary Dauberman yang merupakan penulis skenario The Conjuring, untuk ikut menyutradarai proyek remake dari film bertema zombie ternama asal Korea Selatan, yaitu Train to Busan.

Seakan belum cukup, tahun 2018 nampaknya jadi saat di mana nama Timo semakin dikenal oleh berbagai tokoh kunci di industri perfilman dunia. Pasalnya, di tahun tersebut sosok Robert Liefeld yang merupakan kreator dari karakter komik Deadpool yang juga telah difilmkan rupanya dibuat kagum setelah menyaksikan film The Night Comes for Us.

Lewat cuitan di akun Twitternya, Rob bahkan secara terang-terangan menilai bahwa Timo adalah sosok yang tepat untuk menggarap film Deadpool 3.

Menariknya, dengan sederet pengalaman dan proyek mendatang yang sudah serta akan dikerjakan, Timo selama ini memang lebih dikenal sebagai sutradara ‘spesialis’ di bidang film bergene horor, thriller, dan action.

Hal tersebut nyatanya mengundang rasa antusias mengingat film The Big Four yang akan datang mengharuskan dirinya menyertakan bumbu komedi dalam genre action yang telah ditetapkan.

Meski begitu, Timo nampaknya memiliki rasa antusias tersendiri dalam menghadapi proyek yang berada di luar zona nyamannya ini.

"Kalau bisa berdarah-darah tapi tetap lucu, komedi terbaik itu berasal dari fakta bahwa dunia adalah tempatnya kekerasan." pungkas Timo.

Bangga! Netflix Teken Kontrak Akan Adaptasi Karya Novelis Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini