Menelisik 7 Kolaborasi Brand Lokal dengan Luar Negeri

Menelisik 7 Kolaborasi Brand Lokal dengan Luar Negeri
info gambar utama

Penulis: Nur Annisa Kusumawardani

Semarakkan semangat dan aksi kolaborasi Festival Negeri Kolaborasi live di seluruh kanal media sosial GNFI. Informasi lebih lanjut kunjungi FNK 2021.

Salah satu alasan kolaborasi adalah untuk membuka pasar baru yang saling melengkapi, sekaligus meningkatkan jangkauan brand kepada lebih banyak pelanggan. Adanya kegiatan ini juga membawa angin segar bagi kreativitas, untuk memainkan perannya dalam menghasilkan produk baru yang lebih unik dan menarik.

Hal ini pula lah yang menyatukan berbagai brand di dunia untuk saling bekerja sama dan berkolaborasi, tak terkecuali brand dari Indonesia. Beberapa brand lokal dengan bangga mempersembahkan beragam produk hasil kolaborasi dengan brand luar negeri.

Aye & Co x Smiley

Aye & Co x Smiley | Foto: USS FEED

Aye & Co ialah salah satu brand lokal Indonesia yang terkenal dengan produk denim kualitas tingginya, seperti jaket dan celana jeans. Produk yang banyak diminati oleh kalangan muda ini melakukan kolaborasi dengan brand luar negeri bernama Smiley.

Kolaborasi ini melahirkan beragam produk, seperti t-shirt, jeans, dan jaket dengan tulisan Aye & Co disertai gambar Smiley. Smiley sendiri merupakan simbol dari kebahagiaan dan pemikiran positif.

Mengembangkan Musik Etnik Indonesia Sebagai Kekayaan Budaya dan Diplomasi Politik

Compass x Fxxking Rabbits

Compass x Fxxking Rabbits | Foto: Hai Grid
info gambar

Compass, brand sepatu asli Indonesia yang terkenal di kalangan anak muda ini berkolaborasi dengan brand asal jepang, Fxxking Rabbits. Kerja sama ini menghasilkan produk-produk sneakers unik yang berbeda dengan produk Compass sebelumnya.

Oldblue.Co x Wesco

Oldblue.Co x Wesco | Foto: oldblue.co
info gambar

Oldblue Co. merupakan brand tanah air yang berkolaborasi dengan brand Wesco yang sudah memulai memproduksi sepatu sejak 1918. Mereka memulai dengan produk The Peacemaker Boots yang merupakan sepatu berbahan dasar kulit. Terdapat logo Oldblue.Co x Wesco yang tertera pada produk-produk hasil kolaborasi ini.

Upaya Pengendalian Jumlah Sampah Melalui Pusat Daur Ulang di Indonesia

Public Culture x Little Sunny Bite

Ilustrasi | Foto: USS FEED
info gambar

Public Culture kembali, merek apparel asal Jakarta ini meluncurkan produk baru hasil kolaborasi dengan Little Sunny Bite, merek apparel asal Tokyo yang dikenal dengan gaya mereka yang berani. Koleksi kolaboratif Public Culture x Little Sunny Bite adalah proyek kolaborasi pertama Public Culture dengan merek asal Jepang, sebagai upaya mereka untuk dapat menembus pasar internasional.

Koleksi Public Culture x Little Sunny Bite terinspirasi oleh selera yang sama antara Public Culture dan Little Sunny Bite. Keduanya suka bereksperimen dengan grafis yang berani, warna, dan hanya menggunakan material berkualitas untuk setiap produknya.

Asal-Usul Pisang Tongka Langit yang Kini Masih menjadi Misteri

40th Anniversary of Nike Cortez

Ilustrasi | Foto: Whiteboard Journal
info gambar

Salah satu tipe sepatu legendaris dari Nike adalah Nike Cortez. Mei 2012 lalu, Nike Sportswear Indonesia merayakan hari jadi sepatu legendaris ini yang ke-4 dengan membuat pameran bertema 40/40 Exhibition.

Pameran ini mengajak 40 orang seniman dan pekerja kreatif dari seluruh Asia Tenggara untuk berkreasi dengan Nike Cortez. Di Indonesia sendiri ada 8 seniman yang ikut berkolaborasi dengan Nike Cortez, yakni Kandura, Darbotz, Ykha Amelz, TUTU, Ardo Ardhana, Nina Nikicio, Nsane5 dan Studio 1212.

ESQA Cosmetics x Warner Bros dan DC Comics

ESQA terpilih menjadi brand makeup Indonesia pertama yang mewakili koleksi Wonder Woman. Makeup koleksi Wonder Woman yang diluncurkan pada 28 Juni 2021 ini menghadirkan dua cheek palette yakni Champion Cheek Palette dan Confident Cheek Palette. Untuk Champion, hadir dengan warm yellow-olive tone bronzer, peachy blush, dan warm yellow highlighter.

Selain itu, ada pula tiga cushion blush, yaitu Courageous Cushion Blush (warm peachy blush), Compassion Cushion Blush (light peachy nude blush), dan Brilliant Cushion Blush (light pink blush). Ditambah lagi kehadiran satu eyeshadow palette, yakni Fearless Eyeshadow Palette dengan sembilan pilihan warna dalam nuansa matte, satin, duo-chrome, sequin, dan glitter.

Kendaraan Listrik Terus Digencarkan, Mobil Tesla Mulai Dijual di eCommerce Lokal

NeverTooLavish dan YaJugaYa x Heineken Light

NeverTooLavish dan YaJugaYa x Heineken Light | Foto: Now Jakarta
info gambar

Heineken Light ialah salah brand bir premium asal Belanda yang menjalin kerjasama dengan dua brand Indonesia, NeverTooLavish dan YaJugaYa. Kolaborasi ini melahirkan empat desain sneaker eksklusif Heineken x NeverTooLavish dan dua desain T-Shirt eksklusif Heineken x YaJugaYa dipajang di sebuah pameran, Urban Sneaker Society (USS) 3.0.

Kolaborasi dengan YaJugaYa menghasilkan koleksi T-shirt dengan desain tipografi yang sederhana. Menggunakan jenis logo yang sama, YaJugaYa menciptakan berbagai kaos tipografi yang menampilkan kutipan unik yang diminati generasi muda.

NeverTooLavish dan YaJugaYa x Heineken Light | Foto: Now Jakarta
info gambar

NeverTooLavish membuat lukisan tangan kustom dari jalur warna Heineken pada empat jenis merek sepatu kets yang berbeda. Brand ini mengadaptasi tone warna unik Heineken dan visual signature-nya untuk diimplementasikan dalam desain sneaker.

Kolaborasi yang dilakukan oleh brand lokal dengan brand luar negeri diharapkan dapat mengenalkan tanah air ke kancah internasional, membuktikan bahwa karya anak bangsa tidak kalah bersaing dengan selera global. Sudah sepatutnya kita sebagai bagian dari masyarakat Indonesia turut memberi dukungan dengan penuh kebanggan akan produk-produk nasional.

Dalam perjalanan memajukan perekonomian kreatif bangsa, diperlukan kolaborasi dari berbagai bidang dan tokoh, mulai dari pemerintah sebagai pemangku kebijakan, akademisi, hingga masyarakat umum. Untuk itu, Kawan dapat ikut bergabung dalam diskusi "Kolaborasi Majukan Ekonomi Kreatif Indonesia".

Diskusi akan dilaksanakan pada Jumat, 1 Oktober 2021 pukul 13.00 sampai 15.00 WIB. Acara akan disiarkan melalui seluruh kanal media sosial GNFI. Mari bersama #LestarikanKebaikan Indonesia bersama Festival Negeri Kolaborasi.*

Referensi: Hai Grid | USS FEED | Detik | Dream | Now Jakarta

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini