Tidak Banyak Dikenal di Indonesia, 5 Musisi Ini Populer di Mancanegara

Tidak Banyak Dikenal di Indonesia, 5 Musisi Ini Populer di Mancanegara
info gambar utama

Penulis: Nur Annisa Kusumawardani

Semarakkan semangat dan aksi kolaborasi Festival Negeri Kolaborasi live di seluruh kanal media sosial GNFI. Informasi lebih lanjut kunjungi FNK 2021.

Industri musik menjadi salah satu dunia yang dinikmati oleh semua kalangan, lintas usia dan benua tak terkecuali. Hadirnya musik dapat menemani hari-hari kita, mengungkapkan apa yang kita rasakan, hingga menjadi penyemangat dalam beraktivitas.

Industri musik di Indonesia mengalami berbagai perkembangan dari waktu ke waktu. Perjalanan ini tak luput diiringi oleh musisi-musisi penuh talenta yang memberi warna dalam dunia permusikan bangsa.

Beberapa musisi bahkan memutuskan untuk berkarya di kancah internasional. Sebut saja Agnes Mo, Niki, Rich Brian, dan Anggun C. Sasmi, tak cukup hanya populer di tanah air, mereka juga terus berkarya di mancanegara sehingga mengharumkan nama Indonesia.

Keberadaan musisi asal Indonesia di industri musik dunia tentunya dapat membuka jalan bagi generasi selanjutnya untuk bisa juga mengejar mimpi yang sama. Namun, tahukah Kawan bahwa ada beberapa musisi yang telah populer di mancanegara, tetapi tidak banyak dikenal di Indonesia?

Sederet Musisi Indonesia yang Mengenalkan Musik Etnik ke Mancanegara

Claudia Emmanuela Santoso

Claudia Emmanuela Santoso | Foto: Kompas
info gambar

Musisi kelahiran 27 Oktober 2000 ini berhasil menorehkan prestasi dengan menjadi juara The Voice of German musim ke-9 lalu. Akrab disapa Claudia, ia juga menjadi orang Indonesia sekaligus Asia pertama yang menjuarai ajang bergengsi tersebut.

Claudia telah menggeluti dunia musik sejak kecil. Ia berusaha meraih mimpinya dengan rajin mengikuti ajang lomba menyanyi, seperti Akademi Fantasi Indosiar Junior 2008, Idola Cilik 2011, dan Mamamia 2014.

Perjuangannya tak selalu berbuah manis. Claudia sempat gagal berkali-kali di ajang pencarian bakat yang digelar di Indonesia, tetapi itu tak menyurutkan semangatnya untuk meraih mimpinya di Jerman. Bahkan, penampilan Claudia di ajang The Voice of Germany 2019 membuat para juri menangis dan memberinya apresiasi tinggi.

Claudia berhasil menjadi juara pertama ajang The Voice of Germany 2019 usai membawakan lagu "I Have Nothing" milik Whitney Houston. Perolehan suara yang didapat Claudia juga hampir 50 persen dari total suara.

Kini, Claudia disibukkan dengan tur sebagai pemenang The Voice of Germany di beberapa kota di Jerman. Gadis kelahiran Cirebon, Jawa Barat ini juga mendapat hadiah lagu berjudul "Goodbye" dari mentornya, Alice.

Mengembangkan Musik Etnik Indonesia Sebagai Kekayaan Budaya

Gugun Blues Shelter

Gugun Blues Shelter | Foto: Liputan 6
info gambar

Pernahkah Kawan mendengar tentang Gugus Blues Shelter? Salah satu band Indonesia beraliran Blues ini beranggotakan Bowie (drum), Jono (bass), dan Gugun (gitar dan vokal). Band ini telah melahirkan 7 album, dengan album Get The Bug berhasil mencapai puncak popularitas pada tahun 2004. Digandeng label Grooveyard Records, band ini sukses mengedarkan albumnya di Amerika Serikat dengan mengusung nama Gugun dan Power Trio.

Membawakan aliran Blue, Gugun Blues Shelter sukses meramaikan panggung internasional seperti Timbre Rock & Roots (2010), Hard Rock Calling, Hyde Park, London (2011), dan sukses melakukan tour di Inggris (2011) dan Amerika Serikat (2012). Bahkan, Gugun Blues Shelter sukses mengadakan tour di tujuh kota di Amerika Serikat bertajuk Solid Ground Tour pada tahun 2012 lalu.

Gugun Blues Shelter tampil di opening act konser Bon Jovi di London setelah menang di Festival Hard Rock Calling. Event tersebut terjadi pada tanggal 26 Juni tahun 2011 silam. Bermain di venue legendaris, Hyde Park, Gugun Blues Shelter berada satu panggung dengan Bon Jovi, Rod Stewart, dan The Killers saat itu. Luar biasa, bukan?

Loudi atau Bleu

Loudi/Bleu | Foto: Instagram/ @seoulology_00
info gambar

Dita Karang bukan satu-satunya orang Indonesia yang berkarier di dunia K-Pop dengan menjadi anggota The Secret Number. Sama-sama berasal dari Yogyakarta, Loudi yang dikenal juga sebagai Bleu ini juga eksis menjadi idol KPop.

Memiliki nama asli Edward Wen, Luodi kini memiliki nama baru, Bleu, untuk debutnya di bawah naungan JN Entertainment setelah sebelumnya menjadi menjadi member 14U.

Deretan Lagu Indonesia yang Sukses Menggema di Mancanegara

The S.I.G.I.T

The S.I.G.I.T | Foto: traxonsky.com
info gambar

The S.I.G.I.T merupakan band indie beraliran rock asal Bandung yang beranggotakan Farri Icksan, Acil Armando, Adit Bagja, dan Rekti Yoewono. Berdiri pada tahun 2000, band ini telah dikenal di kalangan pecinta musik Indonesia, meski tidak secara luas.

Meskipun jarang tampil di layar kaca pertelevisian Indonesia, band yang rajin membuat lagu dengan lirik berbahasa Inggris ini justru sudah terkenal di luar negeri. The S.I.G.I.T pernah mengadakan tour di Australia bertajuk Visible Idea of Perfection dan tercatat menjadi pengisi acara dalam banyak festival musik di Amerika Serikat, salah satunya SXSW.

The S.I.G.I.T bahkan pernah merilis album Visible Idea of Perfection di bawah naungan label asal Australian Caveman. Konser yang kerap dilakukan oleh band ini juga sering kali diadakan di negara-negara Asia, seperti Hong Kong, Macau, dan Singapura.

White Shoes & The Couples Company

White Shoes & The Couples Company | Foto: Kompasiana/@adimarianto

Band White Shoes & The Couples Company merupakan band lulusan Institut Kesenian Jakarta (IKJ) yang juga tak kalah populer di mancanegara, kendati tak banyak dikenal di Indonesia. Lagu-lagu mereka beraliran classic jazz dengan dibumbui beat disco ini memiliki ciri khas, seperti musik di tahun 70-an dengan dandanan khas retro yang juga jadi pemanis saat bermain di panggung.

Bersama Minty Fresh Record, label rekaman Amerika Serikat, Album White Shoes and The Couples Company dirilis di Amerika Serikat, Meksiko, Kanada, Australia, dan Jepang.

Di Indonesia, band dengan anggota Aprilia Apsari (vocal), Rio Farabi (acoustic guitar), Saleh Husein (electric guitar), Ricky Surya Virgana (bass), Aprimela Prawidyanti (piano) ini juga berhasil mengedarkan albumnya melalui Aksara Records.

Nah, itu dia daftar 5 musisi Indonesia yang tidak banyak dikenal di tanah air, tetapi menorehkan prestasi di mancanegara. Yuk, berikan dukungan dengan cara menikmati karya musik mereka!*

Referensi: Pop Bela | Kompas | The Asian Parent | Merdeka | Grid

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini