Denden Gonjalez, Penyanyi Rock Asal Bandung yang Memukau Panggung The Voice Bulgaria

Denden Gonjalez, Penyanyi Rock Asal Bandung yang Memukau Panggung The Voice Bulgaria
info gambar utama

Indonesia sejatinya tidak pernah kekurangan talenta berbakat yang memiliki potensi memukau di berbagai bidang, termasuk salah satunya di industri dan seni musik.

Walau tidak atau belum memiliki kesempatan untuk dikenal lebih luas sebagai seorang musisi yang diperhitungkan di dalam negeri, nyatanya keistimewaan yang dimiliki segelintir orang berbakat di tanah air justru mendapat apresiasi luar biasa secara internasional lewat cara yang tak terduga.

Setidaknya hal tersebut yang belakangan dialami oleh salah satu talenta berbakat Indonesia di dunia tarik suara yaitu Denden Gonjalez, pria asal Bandung yang belakangan mencuri perhatian setelah berhasil memukau penonton dan para juri di ajang pencarian bakat The Voice Bulgaria.

Claudia Gadis Cirebon Raih Kemenangan di Final the Voice of Germany

Tambah daftar penyanyi Indonesia yang diapresiasi di luar negeri

Bukan kali pertama, Denden sebenarnya merupakan orang kesekian yang berkesempatan untuk membuktikan bahwa Indonesia memiliki sejumlah talenta luar biasa di bidang musik melalui ajang The Voice.

Sebelumnya ada Claudia Emmanuela Santoso, penyanyi wanita muda asal Cirebon yang juga mengguncang panggung The Voice Jerman di tahun 2019 dan berhasil keluar sebagai pemenang.

Selain itu di tahun yang sama, ada seorang warga Jakarta bernama Cahyadi Eki yang diketahui sempat menjadi seorang pengamen hingga akhirnya berhasil sampai ke kompetisi All Together Now di Roma, Italia.

Pria yang akrab disapa Eki tersebut juga tak kalah mencuri perhatian setelah berhasil meraih gelar juara dan menjadi orang Asia pertama yang memenangkan ajang tarik suara tersebut.

Kali ini pencapaian serupa juga diraih oleh Denden Gonjalez, yang belakangan berhasil memukau panggung dan empat juri The Voice Bulgaria sekaligus, setelah dirinya tampil membawakan lagu beraliran rock berjudul She’s Gone yang pertama kali rilis pada tahun 1973, namun menjadi semakin populer setelah dibawakan oleh band rock kenamaan asal AS yaitu Steelheart di tahun 1990.

Denden membuat keempat juri di ajang The Voice Bulgaria menekal tombol tertarik dan memutar kursinya dalam blind audition, setelah terbius oleh kemampuannya yang berhasil mencapai nada tinggi dengan lengkingan yang memukau saat sampai di bagian tersulit dari lagu yang ia bawakan.

Gitaris Berbakat Indonesia Curi Perhatian Musisi Legendaris Dunia dengan Kesederhanaan

Sosok Denden Gonjalez dan bakat musik rock

Denden Gonzales
info gambar

Denden Gonjalez bukanlah nama yang sebenarnya, pria kelahiran tahun 1983 asal Bandung tersebut memiliki nama asli Denden Samsuhendar.

Meski tidak memiliki kesempatan untuk berkarier sebagai seorang penyanyi yang sesungguhnya di tanah air, Denden diketahui sempat beberapa kali berkesempatan untuk berduet dengan penyanyi yang bergelut di aliran serupa yaitu Judika dan Inka Christie.

Walau sempat beberapa kali diundang dan tampil di berbagai stasiun televisi tanah air, karier Denden sebagai seorang penyanyi justru dimulai saat dirinya bergabung dengan sebuah label rekaman di Negeri Jiran, Malaysia.

Mengenai kesempatannya untuk bisa sampai ke panggung The Voice Bulgaria, Denden mengungkap bahwa hal tersebut berawal dari dirinya yang selama dua tahun terakhir menjalin komunikasi rutin dengan salah satu keluarga asal Bulgaria, yang pada akhirnya mengangkat Denden menjadi salah satu anggota keluarga.

Dirinya diundang untuk datang ke Bulgaria oleh keluarga angkatnya, sang Ibu angkat yang diketahui bernama Karin menyarankan Denden untuk mencoba peruntungan mengikuti kompetisi yang saat itu kebetulan sedang membuka pendaftaran.

“… dia (Ibu angkat) sangat menghargai profesi saya, dia menganggap saya sebagai anaknya dan saya menganggap dia sebagai Ibu saya, dia berhasil meyakinkan saya untuk mencoba (ikut) The Voice Bulgaria ini…” terang Denden dalam kesempatan wawancara sebelum tampil di ajang tersebut.

Tidak Banyak Dikenal di Indonesia, 5 Musisi Ini Populer di Mancanegara

Terhalang kondisi namun terus berjuang

Meski berhasil memukau para juri dan sempat dipastikan akan berlanjut ke babak selanjutnya, sayang perjuangan Denden di ajang tersebut nyatanya tidak berjalan semulus Claudia atau Eki yang sanggup bertahan dan menjadi juara hingga akhir.

Dalam salah satu kesempatan wawancara bersama salah seorang YouTuber asal Malaysia, Denden mengungkap bahwa karena beberapa alasan tertentu ia akhirnya keluar dari kompetisi tersebut dan kembali ke Indonesia.

“…ada beberapa alasan yang membuat saya tidak bisa lanjut, pertama mungkin karena visa saya sewaktu datang ke sana itu kan visa turis jadi ada kendala dan membuat saya harus keluar, kedua karena kesulitan bahasa. Di sana sangat jarang juga penggunaan Bahasa Inggris, dan saya tidak memahami bahasa mereka.” terang Denden.

Lain itu, dijelaskan bahwa tidak adanya fasilitas translator dari pihak KBRI Bulgaria yang dibutuhkan Denden menjadi alasan lain dirinya terhambat dalam meneruskan perjalanan untuk berkompetisi dalam kesempatan yang dimiliki.

Namun meski harus kehilangan kesempatan tersebut, Denden nyatanya tak berkecil hati. Melalui akun media sosialnya Denden mengungkap bahwa ia akan terus berusaha menggunakan bakat yang dimiliki untuk membawa nama Indonesia lebih dikenal lagi ke berbagai penjuru dunia lewat bidang musik yang dikuasai.

“…saya hanya ingin terus bernyanyi, menghibur, dan membawa nama Indonesia ke penjuru dunia... Bismillah semoga senantiasa ada jalan.” tulis Denden.

Band Rock Asal Bandung Resmi Bergabung dengan Label Internasional

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini