Berkeliling Pulau Misool, Surga Tersembunyi di Papua Barat

Berkeliling Pulau Misool, Surga Tersembunyi di Papua Barat
info gambar utama

Penulis: Brigitta Raras

Gabung ke Telegram Kawan GNFI, follow Instagram @kawangnfi dan Twitter @kawangnfi untuk dapat update terbaru seputar Kawan GNFI.

Raja Ampat sebagai daerah kepulauan di Papua Barat, tentunya memiliki pulau-pulau yang dikelilingi pantai. Tersebar di 600 pulau, empat di antaranya pulau besar, yakni Waigeo, Misool, Batanta, dan Salawati.

Pulau-pulau tersebut menarik perhatian wisatawan lokal maupun mancanegara. Tak terkecuali, Pulau Misool di Kepulauan Raja Ampat ini. Misool merupakan salah satu pulau yang memiliki deretan pantai dengan keindahan yang memesona.

Keindahan Pulau Misool

Pulau Misool | Foto: GPS Wisata Indonesia
info gambar

Pulau ini berada di lepas pantai barat pulau utama Papua dan berbatasan langsung dengan Laut Seram yang menjadi jalur lalu lintas bagi banyak makhluk laut besar, termasuk paus. Daratan Pulau Misool terdiri dari bukit, hutan lebat, dan rawa bakau.

Kemudian, di sisi timur dan barat pulau, terdapat labirin batu kapur yang menjorok ke laut dengan warna biru turquoise yang cantik. Pemandangan laut yang indah ini, juga ditemani dengan pasir putih dan hutan mangrove yang tak kalah menariknya.

Saking jernihnya air laut di Pulau Misool, Kawan dapat dengan mudah melihat aneka kekayaan alam di dalam laut. Mulai dari berbagai jenis ikan, penyu, hingga terumbu karang.

Tak hanya itu, pulau yang memiliki luas 2.043 kilometer persegi ini merupakan rumah bagi situs budaya kuno. Sejumlah petroglif dapat ditemukan pada dinding gua di seluruh pulau yang rata-rata berusia 5.000 tahun.

Sup Jagung Gorontalo Persatukan Dua Kerajaan

Panorama bahari Pulau Misool juga dihiasi gugusan batu karst dengan ekosistem bawah laut yang terbilang masih lengkap. Pulau Misool juga termasuk bagian dari segitiga karang dunia, lho Kawan. Maka dari itu, tak heran aneka ikan hias dapat ditemukan di pulau ini.

Letaknya yang jauh dari padatnya dan hiruk pikuk kota, pulau ini sangat nyaman untuk dijadikan destinasi liburan Kawan. Pulau ini akan memberikan keindahan alam dan ketenangan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Perjalanan untuk mencapai Pulau Misool, Kawan harus menuju kota Sorong terlebih dahulu dengan pesawat. Kemudian, perjalan dilanjutkan dengan menaiki kapal motor. Perjalanan laut ini menghabiskan waktu mulai dari 4 hingga 8 jam.

Meski terbilang cukup lama, Kawan tak akan bosan dalam perjalanan. Pasalnya, di sepanjang perjalanan, Kawan akan diperlihatkan pemandangan menakjubkan yang sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa spot menarik yang dapat Kawan kunjungi ketika berada di Pulau Misool.

1. Danau Lenmakana

Danau Lenmakana | Foto: Mereka.com
info gambar

Di danau ini, Kawan akan menemukan ubur-ubur yang tak bersengat. Pasalnya, Danau Lenmakana yang terletak di Pulau Misool ini terisolasi selama ribuan tahun, membuat habitat ini kekurangan predator.

Kondisi tersebut mengakibatkan ubur-ubur di sana mengalami evolusi, yakni kehilangan sengat. Danau Lenmakana berada di tengah laut dan terbilang cukup terpencil, sehingga Kawan harus menyiapkan tenaga ekstra untuk menuju ke sana.

Namun, rimbunan pohon di sekitar danau ditambah suasana tenang dan damai akan membuat Kawan merasa nyaman. Di sana, Kawan juga dapat berenang atau snorkeling bersama ubur-ubur. Menarik, ya, Kawan!

2. Puncak Harfat

Puncak Harfat | Foto: Trip advisor
info gambar

Harfat merupakan akronim dari nama dua tokoh masyarakat setempat, yakni Haruan Sapu dan Fatma. Mereka adalah penemu Puncak Harfat. Perjalanan untuk mencapai puncak, Kawan perlu mendaki selama kurang lebih 30 menit dengan trek yang terbilang cukup curam.

Namun, sesampainya di sana, Kawan dapat menyaksikan eksotisnya perairan Pulau Misool dan berbagai flora unik. Salah satunya pitcher atau kantong semar.

Desa Tinalah Tawarkan Pesona Alam dan Kebudayaan di Kabupaten Kulon Progo

3. Laguna Balbulol

Laguna Balbulol | Foto: Kompas
info gambar

Di sini, Kawan akan diperlihatkan pemandangan bebatuan karst yang menyerupai pohon Natal. Kehadiran batu-batu ini semakin mempercantik perairan Pulau Misool di Raja Ampat.

Balbulol sendiri berasal dari kata “balbul” yang berarti sejenis gurita dan “lol” yang berarti banyak. Menurut kepercayaan setempat, terdapat banyak gurita hidup di bawah perairan Laguna Balbulol ini.

Perairan Laguna Balbulol terbagi menjadi dua, yakni laut dalam dan dangkal. Namun, arus di perairan ini terbilang tenang sehingga Kawan bisa berenang atau snorkeling tanpa perlu khawatir.

Mengenal Objek Wisata Alam Berupa Batu Tunggal Terbesar di Kawasan Gunung Kelam

4. Pantai Namlol

Pantai Namlol | Foto: Kompas
info gambar

Selain tiga spot di atas, Kawan juga dapat mengunjungi pantai yang satu ini. Selain menarik, Pantai Namlol terbilang unik, karena terdapat laguna yang terlihat jelas dari bibir pantai. Berkat laguna tersebut, pantai ini dijuluki sebagai The Pond of the Sea. Perairan yang juga terbilang tenang layaknya Laguna Balbulol, tak jarang para wisatawan melakukan aktivitas snorkeling di pantai ini.

Itu tadi cerita mengenai keindahan dan beberapa spot yang dapat Kawan kunjungi ketika berada di Pulau Misool. Selamat berwisata dan berjelajah, Kawan!*

Referensi: Kompas | Kumparan

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini