Kebutuhan Digital Makin Beragam, Smartfren Hadirkan Internet QuadPlay Pertama di Indonesia

Kebutuhan Digital Makin Beragam, Smartfren Hadirkan Internet QuadPlay Pertama di Indonesia
info gambar utama

Dari sekian banyak produk yang ditawarkan oleh berbagai penyedia jasa layanan internet atau Internet Service Provider (ISP) di Indonesia, produk yang sampai saat ini banyak dijumpai umumnya memberikan paket penawaran berupa bundling koneksi internet serta layanan TV kabel dan/atau saluran telepon.

Di saat yang bersamaan, pergeseran referensi masyarakat akan konsumsi hiburan digital seperti kebutuhan video on demand dan konten OTT yang juga membutuhkan biaya berlangganan jadi hal yang sangat populer dan tak terhindarkan saat ini. Sehingga memunculkan kebutuhan baru akan layanan ISP yang dapat memberikan lebih banyak penawaran praktis dan memudahkan pelanggan.

Menjawab kebutuhan tersebut, Smartfren sebagai salah satu perusahaan ISP di Indonesia berkolaborasi dengan perusahaan serupa yaitu Moratel, menghadirkan solusi lewat sebuah inovasi bernama True QuadPlay.

Sesuai namanya, layanan ini diklaim hadir untuk memenuhi pasar kebutuhan internet QuadPlay pertama di Indonesia.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan internet Quadplay?

Belasan Ribu Smartphone Laris Manis dalam Semalam, Tanda Masyarakat Makin Butuh Internet

Mengenal istilah DualPlay, TriplePlay, dan QuadPlay

Bagi masyarakat yang memang sudah berlangganan layanan ISP cukup lama, mungkin sudah tidak asing dengan salah dua istilah di atas, tepatnya DualPlay dan TriplePlay. Istilah tersebut banyak digunakan dalam menentukan jenis layanan atau paket bundling oleh berbagai perusahaan ISP.

Dari segi konsep, DualPlay dan Triple Play adalah suatu penggabungan produk lebih dari satu layanan yang sebelumnya masing-masing sistem berlangganan hanya bisa dilakukan dalam satu billing, di antaranya langganan internet, telepon, dan saluran TV kabel.

Namun semenjak perkembangan ISP semakin pesat, dua sampai tiga produk tersebut digabungkan menjadi satu kesatuan sehingga keseluruhan sistem berlangganan yang dilakukan konsumen menjadi praktis, efisien, bahkan lebih murah dengan penyatuan billing atau paket harga sekaligus.

Sebagai salah satu contoh, salah satu penyedia ISP lain ada yang menyuguhkan penawaran koneksi internet 2P berupa internet dan telepon. Lalu ada juga penawaran lain berupa internet 3P yang terdiri dari layanan internet, telepon, dan saluran televisi kabel.

Untuk saat ini, dapat dikatakan belum ada ISP di Indonesia yang menawarkan layanan hingga QuadPlay atau 4P sekaligus, yang dimana tidak hanya menyertakan layanan internet, telepon, dan saluran TV kabel, melainkan juga layanan video on demand atau OTT seperti yang disebutkan sebelumnya.

Namun kondisi tersebut setidaknya berubah sejak hari Senin, (25/10/2021) kemarin, semenjak munculnya layanan True Quadplay yang dihadirkan oleh Smartfren dan Moratelindo.

Ternyata Tangerang Lebih Unggul dari Jakarta Soal Kecepatan Internet

True Quadplay hasil kolaborasi Smartfren dan Moratel

MoU True QuadPlay Smartfren dan Moratel
info gambar

True QuadPlay adalah produk satu billing yang mengombinasikan keunggulan yang dimiliki oleh Smartfren dan Moratelindo di industri ISP, dalam menyuguhkan empat jenis layanan sekaligus yang terdiri dari internet broadband dan kuota nonstop untuk paket data seluler, saluran TV kabel premium, video on demand dan konten OTT, dan satu nomor telepon rumah bebas abodemen yang disertai layanan panggilan telepon ke seluruh pengguna nomor Smartfren.

Lebih detail, mengenai jenis koneksi internet yang akan didapatkan, pengguna layanan ini nantinya akan menikmati jaringan internet fiber yang dimiliki oleh Oxygen.id, perusahan ISP spesialisasi residensial dan perusahaan milik anak perusahaan Moratel, yaitu PT Oxygen Multimedia Indonesia.

Saat ini, layanan internet Oxygen.id sudah tersedia di Jabodetabek dan di luar Pulau Jawa seperti Medan, Jambi, Pontianak, Pangkal Pinang, Denpasar Bali, juga kota-kota besar lainnya.

Melansir rilis resmi yang diterima oleh GNFI, kolaborasi berupa kehadiran produk True QuadPlay ini merupakan kelanjutan dari langkah strategis Smartfren setelah mengucurkan penyertaan modal sebesar 20,5 persen pada Moratel.

“Layanan True QuadPlay merupakan langkah awal dari sinergi strategis antara Smartfren dengan Moratel. Kami yakin sinergi ini adalah kunci untuk meraih dan mengembangkan peluang di segmen bisnis internet quadplay di Indonesia. Sinergi ini membuat kami dapat menghadirkan True QuadPlay dengan banyak keunggulan dalam satu layanan inovatif,” ungkap Djoko Tata Ibrahim, selaku Deputy CEO Smartfren dalam rilis tersebut.

Teman Kreasi Indonesia, Cara Smartfren Mengajarkan Komunitas untuk Berbisnis

Detail paket True Quadplay

Masih berdasarkan sumber yang sama, disebutkan bahwa paket True QuadPlay terdiri dari 3 pilihan, yakni:

  • Paket Squad 25 seharga Rp378 ribu per bulan, dengan layanan internet fiber optic up to 25 Mbps, 83 saluran TV kabel, fix telephone, dan kartu perdana Kuota Nonstop 6 GB,
  • Paket Squad 50 seharga Rp486 ribu per bulan, sudah termasuk internet fiber optic up to 50 Mbps, 83 saluran TV kabel, fix telephone, dan kartu perdana Kuota Nonstop 10 GB, dan
  • Paket Squad 100 seharga Rp648 ribu per bulan, sudah termasuk internet fiber optic up to 50 Mbps, 83 saluran TV kabel, fix telephone, dan kartu perdana Kuota Nonstop 18 GB.

Dijelaskan bahwa untuk sementara ini, layanan True QuadPlay sudah bisa diperoleh calon pelanggan di seluruh saluran penjualan Oxygen.id di Kota Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Selanjutnya secara bertahap, Smartfren dan Moratel akan menghadirkan layanan True QuadPlay tersebut di berbagai wilayah lainnya.

“…kami berkomitmen untuk terus mengembangkan layanan terbaik untuk pelanggan. Salah satunya adalah inovasi True QuadPlay yang kami kembangkan bersama Smartfren untuk membuat pelanggan bisa menikmati seluruh keunggulan layanan internet dalam satu billing,” pungkas Galumbang Menak, selaku President Director Moratel.

Upaya Smartfren dalam Mendorong Pelaku UMKM di Masa pandemi

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini