Tawangmangu Terpilih Jadi Destinasi Wisata Herbal dan Kesehatan

Tawangmangu Terpilih Jadi Destinasi Wisata Herbal dan Kesehatan
info gambar utama

Saat ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) tengah mendorong pengembangan wellness tourism (wisata kesehatan) dan herbal tourism (wisata herbal) demi meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

The Global Wellness Institute mendefinisikan wisata kesehatan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan pribadi seseorang dan mengubah perjalanan wisata sebagai peluang untuk meningkatkan kesehatan holistik. Namun, perlu diketahui bahwasanya wisata kesehatan di sini berbeda dengan wisata medis, yang identik dengan perawatan kesehatan yang tidak tersedia di negara asal, harga yang lebih terjangkau dan lebih berkualitas

Wisata kesehatan yang dimaksud di sini merupakan hal-hal proaktif yang dapat dilakukan guna mempertahankan gaya hidup sehat, mengurangi stres, mencegah penyakit, dan meningkatkan kesejahteraan.

Kegiatan wisata kesehatan secara umum mengedepankan kebugaran fisik dan mental. Dilansir laman Kemenparekraf.go.id, pengembangan wisata kesehatan di Indonesia menjadi langkah yang tepat karena pasar yang besar.

Setiap tahun, masyarakat Indonesia mengeluarkan uang sebanyak 11 miliar dolar AS untuk wisata kesehatan di luar negeri. Selain wisata kesehatan, wisata herbal di Tanah Air juga dianggap memiliki potensi besar mengingat negara ini memiliki sekitar tujuh ribu jenis tanaman herbal dan rempah yang dapat digunakan untuk tujuan kesehatan hingga kecantikan.

Tawangmangu, Jawa Tengah, menjadi salah satu destinasi wisata yang tengah dikemangkan menjadi tujuan wisata herbal dan kesehatan, selain Yogyakarta dan Bali. Pengembangan wisata herbal dan kesehatan di Tawangmangu ini akan menjadi paket komplet, dari kegiatan wisata, pengobatan, nilai ekonomis, dan edukasi yang diharapkan dapat memperkenalkan ramuan herbal Indonesia ke mancanegara.

Apa saja keunggulan Tawangmangu untuk menjadi destinasi wisata kesehatan?

Bali, Yogyakarta, dan Solo, Tengah Dikembangkan Menjadi Destinasi Wellness Tourism

Daya tarik wisata herbal dan kesehatan di Tawangmangu

Ada beberapa alasan yang mendasari pemilihan Tawangmangu sebagai destinasi wisata kesehatan dan herbal. Pertama, Tawangmangu memiliki pusat kesehatan herbal milik Kementerian Kesehatan yang berpotensi dalam mendorong perkembangan wisata herbal di Indonesia.

Kemudian, bahan-bahan herbal untuk pengobatan yang berasal dari Tawangmangu pun telah teruji secara ilmiah karena daerah tersebut memiliki program saintifikasi jamu. Hal ini dilakukan guna menguji keamanan dan kualitas bahan herbal hingga layak konsumsi dan memberikan khasiat bagi kesehatan.

Sekitar 800 jenis tanaman herbal pun dibudidayakan di Tawangmangu untuk mencegah dan membantu mengobati berbagai masalah kesehatan. Beberapa di antaranya adalah sambiloto, pace, tempuyung, daun handeuleum, kunyit, seledri, hingga daun jambu.

Selain tanaman herbal, Tawangmangu juga tengah mengembangkan potensi aromaterapi, makanan sehat, jelajah alam, dan meditasi. Dalam praktiknya, wisata herbal di daerah tersebut akan menawarkan paket untuk wisatawan yang ingin belajar soal sejarah jamu dan tradisi herbal di Jawa.

Dari sisi kegiatan wisata, pengunjung dapat menyambangi Rumah Riset Jamu Hortus Medicus - B2P2TOOT yang merupakan klinik saintifikasi, laboratorium, griya jamu, museum, ruang sinema, perpustakaan, rumah kaca adaptasi, serta pelestarian tanaman obat.

Grojogan Sewu | @Denisauruz Shutterstock
info gambar
Meditasi, Kunci Atasi Kecemasan dan Stres di Masa Pandemi

Kegiatan wisata di Tawangmangu

Tawangmangu yang merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar ini memang dikenal dengan daerah yang sejuk dan memiliki udara segar. Tak hanya itu, daerah yang berada di lereng Gunung Lawu tersebut juga memiliki potensi wisata yang tak kalah dari kota dan kabupaten lain di Jawa Tengah.

Nantinya selagi menikmati wisata herbal dan kesehatan, para wisatawan juga dapat menjelajahi objek wisata lain di Tawangmangu.

Melansir Liputan6.com, ada beberapa objek alam menarik di Tawangmangu, yaitu Grojogan Sewu, Air Terjun Pringgodani, Gunung Lawu, Bukit Mongkrang, Kebun Stroberi Tawangmangu, Bumi Perkemahan Sekipan, Sakura Hills, Sentra Tanaman Hias Nglurah, New Balekambang, Kedung Sriti, dan Pasar Wisata Tawangmangu.

Soal akses transportasi menuju Tawangmangu pun tidaklah sulit. Mengutip panduan transportasi ke Tawangmangu dari Tribunnews.com, jika Anda berangkat dari Jakarta dan sekitarnya, bisa memilih kendaraan menuju Solo. Pilihannya bisa naik pesawat ke Bandara Adi Sumarmo, naik bus dengan tujuan Terminal Tirtonadi Solo, atau memilih moda transportasi kereta ke Stasiun Solo Balapan.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini