Menilik Ragam Pesona Mandalika, Surga di Pulau Lombok

Menilik Ragam Pesona Mandalika, Surga di Pulau Lombok
info gambar utama

Penulis: Brigitta Raras

Gabung ke Telegram Kawan GNFI, follow Instagram @kawangnfi dan Twitter @kawangnfi untuk dapat update terbaru seputar Kawan GNFI.

Pulau Lombok selalu menarik perhatian masyarakat baik lokal maupun mancanegara. Keindahan dan eksotisme Pulau Lombok sudah tak perlu diragukan lagi. Lombok memang terkenal dengan Pulau Komodo, Gunung Rinjani, Pantai Merah hingga Kepulauan Gili.

Namun, pulau yang masih tergabung dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini masih memiliki pesona lain, yakni Mandalika. Mandalika merupakan kawasan wisata seluas 1.035 hektare (ha) yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah. Mandalika menyimpan banyak sekali keunikan dan destinasi yang dapat Kawan kunjungi.

Mandalika juga masuk dalam Destinasi Super Prioritas Indonesia. Maka dari itu, tak heran jika Mandalika menjadi daftar destinasi bagi para wisatawan. Seperti apa ragam pesona dan keindahan dari Mandalika? Berikut rangkumannya untuk Kawan GNFI.

Wisata bahari yang menawan

Pantai di Mandalika | Foto: Pegi Pegi
info gambar

Di Mandalika, Kawan akan menemukan pantai yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya Pantai Kuta Mandalika. Di pantai ini, Kawan dapat menikmati keindahan alam sekaligus tata kota.

Pantai ini dikelilingi dengan pepohonan rindang dan gazebo yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk bersantai dan menikmati pemandangan indah. Selain itu, terdapat pula Pantai Seger.

Pantai Seger menjadi tempat terbaik dalam menyaksikan matahari terbenam. Di pantai ini, Kawan juga dapat menikmati gugusan bukit kecil yang tak kalah menarik.

Berwisata ke Taman Balekambang yang Kini Berusia 100 Tahun

Belum selesai sampai di situ, jika Kawan senang untuk berselancar, Pantai Tanjung Aan menjadi pilihannya. Di pantai ini, Kawan akan menikmati berselancar dengan ombak yang besar dan indah.

Selain itu, Kawan juga dapat mencoba berselancar di Pantai Gerupuk dengan spot surfing terbaik, yakni Batu Teong (Dondon), Prigi (inside), Gili Goleng (outside right), Batu Lawang (kids point), dan Terasaq (outside left). Ternyata, sangat banyak spot yang bisa dicoba di Mandalika ini.

Desa tenun yang mendunia

Desa Sade | Foto: Hipwee
info gambar

Selain wisata bahari, Mandalika juga memiliki Desa tenun. Tepatnya berada di 7 kilometer ke arah utara dari Mandalika, ada sebuah desa bernama Desa Sade.

Desa ini merupakan rumah bagi para pengrajin tenun ikat dan songket Lombok. Hasil kerajinan Desa Sade pun sudah terkenal hingga mancanegara. Di desa ini, wisatawan juga dapat berkunjung dan melihat tradisi suku Sasak dalam keseharian mereka.

Di samping Desa Sade, kawasan pengrajin tenun Lombok juga bisa ditemukan kawasan pengrajin Korea di Desa Sukarara yang berjarak 26 kilometer dari Mandalika atau 40 menit perjalanan dengan mobil.

Tak hanya bisa membeli kain tenun saja, Kawan juga dapat menyaksikan pembuatan kain tradisional secara langsung di desa-desa tersebut. Bahkan, pengunjung juga kerap dipersilakan untuk mencoba menenun kain sendiri.

Menjelajahi Keindahan dan Pesoan 4 Pulau di Wakatobi

Bukit-bukit yang eksotis

Bukit Merese | Foto: Pegi Pegi
info gambar

Salah satu bukit di Mandalika yang menjadi tempat untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau pun tenggelam adalah Bukit Merese. Bukit ini berada di kawasan Pantai Tanjung Aan.

Ketika musim hujan, suasana di sana akan terasa lebih sejuk dengan memandangi puncak bukit bersama rerumputan pendek. Tak hanya itu, di sini juga terdapat Bukit Pink.

Bukit Pink ini terletak di sekitar jalan khusus kawasan The mandalika. Di sana, Kawan akan disuguhkan pemandangan cantik dari ribuan bougainvillea berwarna merah muda. Sangat menarik, ya, Kawan?

Mengingat Kehangatan Keluarga Bersama Jagung Titi Kuliner Khas Flores

Venue olahraga internasional

Sirkuit Mandalika | Foto: CNN Indonesia
info gambar

Sebagai daerah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, Mandalika kerap menjadi arena atau venue olahraga, baik dalam tingkat nasional maupun internasional. Mandalika pernah menjadi tuan rumah dari TNI Mandalika International Marathon 2018, Trip of Indonesia (TROI) 2019, Moto Cross 2019, Mandalika Off Road Championship 2019, dan Mandalika Association Hotel (MAH) Open 2020 Surfing Competition.

Dalam waktu dekat, Mandalika akan menjadi tuan rumah dari kejuaraan World Superbike pada 14 November 2021. Kemudian, ajang MotoGP 2022 yang juga direncanakan mampir ke Sirkuit Internasional Mandalika.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, memastikan bahwa Kawasan Mandalika layak menjadi lokasi gelaran wisata olahraga atau sport tourism di Indonesia.

Dari berbagai ajang tingkat internasional tersebut, Mandalika sudah tak diragukan di mata dunia. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia juga tak kalah menarik dan mengagumkan dari negara-negara lainnya.

Itu tadi berbagai pesona dan fakta dari Mandalika yang merupakan Destinasi Super Prioritas ini. Selamat berjelajah dan berwisata, ya, Kawan!*

Referensi: Kompas | Kek.go.id

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini