Keren! Inilah 8 Destinasi Wisata Indonesia yang Mendunia

Keren! Inilah 8 Destinasi Wisata Indonesia yang Mendunia
info gambar utama

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai bermacam destinasi wisata terbaik di dunia. Dengan keberagaman suku budaya, dan beribu-ribu pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke, Indonesia betul-betul menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan domestik, maupun mancanegara. Banyak tempat wisata di Indonesia yang telah dikenal diseluruh dunia.

Namun, dengan banyaknya destinasi wisata Indonesia yang ditawarkan, pasti akan membuat kawan GNFI kebingungan ingin berlibur ke mana. Nah, disini saya akan memberikan referensi tempat wisata Indonesia yang mendunia.

Destinasi Wisata Indonesia yang Mendunia

1. Raja Ampat

destinasi wisata indonesia
info gambar

Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat kaya dengan kekayaan lautnya digadang-gadang terlengkap di muka bumi. Nama Raja Ampat merupakan 4 pulau khususnya yang mengerjakan lukisan batu kuno, yaitu pulau Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool.

Di sini, wisatawan domestik maupun mancanegara akan takjub dengan keindahan yang ditawarkan di Raja Ampat. Kepulauan ini mencangkup hingga 4,6 juta hektar tanah dan lautnya, serta lebih dari 540 tipe karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 macam moluska. Menurut The Nature Concervancy and Concervation International sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di kepulauan Raja Ampat. Wah, keren, ya?

2. Taman Laut Bunaken

Photo by pegi-pegi
info gambar

Wisata yang mendunia selanjutnya merupakan Taman Laut Bunaken di Teluk Manado. Taman Laut Bunaken menyimpan 13 tipe terumbu karang yang didominasi oleh batuan laut. Selain itu, yang menarik di sini ialah adanya terumbu karang vertical yang menjulang ke bawah, sedalam 25 sampai 50 meter. Ada juga 91 ragam ikan yang ada di sini.

Taman Laut Bunaken benar-benar direkomendasikan bagi Kawan yang menyukai wisata bawah laut. Di Taman Laut Bunaken juga menyediakan fasilitas scuba diving dengan 20 titik penyelaman terbaik. Sangat cocok memanjakan mata dan mengagumi indahnya Taman Laut Bunaken.

3. Nusa Penida Bali

destinasi wisata indonesia yang mendunia
info gambar

Bila berbicara tentang Bali, maka Kawan tentu tidak asing dengan Pantai Kuta, atau Hutan Monyet. Namun, bagaimana dengan Nusa Penida? Nusa Penida juga merupakan salah satu tempat yang belakangan ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Pemandangan yang disuguhkan, budaya masyarakat sekitar yang masih kental, dan pantai berpasir putih yang eksotis akan Kawan dapatkan waktu berkunjung ke Nusa Penida.

Bila Kawan menyukai Island Hoping atau snorkeling, tempat ini merupakan pilihan tepat untuk dikunjungi. Tempat ini juga cocok bagi Kawan yang menyuki fotografi, karena keindahan pantai, laut, dan alam sekitarnya betul-betul cocok untuk difoto dan diabadikan di kamera Kawan.

4. Pulau Komodo

tempat wisata indonesia yang mendunia
info gambar

Pulau Komodo memang sudah tidak asing lagi di telinga wisatawan domestik atau mancanegara. Komodo merupakan spesies biawak terbesar di dunia dan saat ini Komodo dilindungi, karena jumlahnya yang semakin sedikit. Komodo hanya hidup di pulau Komodo, yaitu habitat original mereka. Maka dari itu berwisata ke Pulau Komodo merupakan hal yang tak bisa dilewatkan begitu saja.

Selain mengamati dan mengeksplorasi Komodo dari dekat, Pulau Komodo juga menawarkan beragam keindahan alam lainnya yang tidak boleh dilewatkan. Salah satunya adalah pantai berpasir merah muda atau sering disebut “pink beach”. Pantai seperti ini hanya ada tujuh di dunia dan salah satunya ada di Pulau Komodo. Wah, keren!

5. Danau Toba

tempat wisata indonesia mendunia
info gambar

Danau Toba mempunyai Panjang 100 km dan lebar 30 km dengan kedalaman hingga 505 meter. Di tengah Danau Toba, terdapat sebuah pulau bernama Pulau Samosir. Di sini Kawan bisa berwisata dan mengenal budaya dari suku batak yang hidup di sana.

Selain itu, Danau Toba juga merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Dikatakan bahwa danau toba terbentuk setelah letusan Gunung Toba yang benar-benar dahsyat, sehingga membentuk cekungan yang saat ini dikenal sebagai Danau Toba.

6. Gunung Bromo

tempat wisata indonesia
info gambar

Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Walaupun masih aktif, Gunung Bromo betul-betul ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Untuk mencapai puncak Gunung Bromo memang perlu sedikit perjuangan. Namun, begitu sampai ke atas, semua perjuangan akan terbayar dengan keindahkan gunung yang memanjakan mata dan suasana yang menyejukkan.

Selain itu, sering juga diadakan upacara adat Kasada pada saat bulan purnama. Namun, sering juga wisatawan datang ke Gunung Bromo untuk mengabadikan momen matahari terbit yang sangat indah dipandang.

7. Candi Borobudur

tempat wisata indonesia yang mendunia
info gambar

Candi Borobudur merupakan salah satu warisan dunia yang diakui oleh UNESCO. Candi Borobudur benar-benar ramai dikunjungi saat liburan, karena wisatawan mancanegara dan domestik berbondong-bondong datang memadati candi legendaris ini.

Candi Borobudur dibangun pada masa kerajaan Samaratungga Dinasti Syailendra, yang pada waktu itu memerintah Jawa Tengah pada abad ke-9. Candi Borobudur terdiri dari 504 arca Buddha dengan relief pahatan yang betul-betul detail.

Patung relief dibangun sedemikian rupa mirip dengan gambar manusia yang bertapa, raja, wanita, hewan, dewa atau dewi, hingga tumbuhan. Arca terbesar terletak di tengah candi, yaitu Arca Buddha yang duduk bersila dengan posisi sikap sempurna dan tangan yang memutar roda dharma.

8. Pantai Parai Tenggiri

Caption
info gambar

Terakhir ada Pantai Parai Tenggiri yang menjadi salah satu maskot wisata di Kepulauan Bangka Belitung. Pantai ini memiliki beberapa keindahan yang masih tersimpan secara alami dan dijaga oleh masyarakat sekitar.

Terdapat sebuah resort di daerah pantai ini sehingga pengunjung pantai akan ramai pada waktu tertentu. Pantai memiliki ombak yang tenang dan pasir putih. Pemandangan dan kegiatan wisata yang bisa dilakukan di daerah pantai ini juga sudah cukup lengkap.

Pengunjung bisa memancing, menyelam atau kegiatan lainnya yang sudah tersedia di daerah pantai. Pemandangan di bawah air pantai ini sangat baik karena pantainya bersih dan masih banyak biota laut yang akan menjadi teman pada saat menyelam. Biaya masuk ke pantai ini adalah 25 ribu rupiah.

Jika tertarik menjelajahi pulau Bangka, kawan bisa mengikuti biro travel yang menyediakan berbagai paket tour belitung sesuai budget dan kebutuhan.

Nah, itu dia 8 tempat wisata Indonesia yang mendunia. Benar-benar menarik, bukan? Yuk, kunjungi berbagai destinasi wisata Indonesia. Kalau ada di dalam negeri, kenapa harus ke luar negeri?*

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NR
YF
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini