Mengenal Teknologi Geospasial dan Penerapannya di Indonesia

Mengenal Teknologi Geospasial dan Penerapannya di Indonesia
info gambar utama
Gabung ke Telegram Kawan GNFI, follow Instagram @kawangnfi dan Twitter @kawangnfi untuk dapat update terbaru seputar Kawan GNFI.

Teknologi geospasial merupakan suatu teknologi yang memungkinkan penggunanya untuk mengetahui objek maupun kejadian di suatu tempat. Data Geospasial menjadi data yang mnecakup tentang objek, peristiwa, maupun fenomena di muka bumi.

Teknologi geospasial sendiri saat ini menjadi faktor ungguluan dalam era revolusi industri 4.0, karena merupakan teknologi yang dapat menghubungkan serta mengintegrasi berbagai data. Tak hanya itu, teknologi geospasial juga untuk menunjang perkembangan di industri 4.0 sekarang.

Melansir dari Media Indonesia, pada era informasi seperti sekarang, teknologi big data dan kecerdasan buatan (AI) sangatlah diperlukan apalagi untuk kehidupan sehari-hari. Salah satu implementasinya berupa kebijakan satu peta (one map policy), fondasi bagi pembangunan Indonesia menghadapi berbagai tantangan revolusi industri.

Ketika Teknologi Mempermudah Pembelajaran Daring di Indonesia

Mengenal jenis teknologi geospasial

Indonesia Geospatial | Foto: Indonesia.go.id
info gambar

1. Global Positioning Sistem (GPS)

GPS merupakan sistem navigasi berbasis satelit. GPS berfungsi sebagai penunjuk arah dan juga dapat digunakan dalam segala kondisi cuaca. Sistem GPS sendiri terdiri dari tiga bagian, yaitu satelit di angkasa, stasiun pengendali bumi, dan perangkat penerima sinyal satelit.

2. Remote Sensing (Penginderaan Jauh)

Menurut Lillesand dan Kiefer dalam bukunya yang berjudul Remote Sensing and Image Interpretation (1979) banyak membahas mengenai penginderaan jauh. Menurutnya, penginderaan jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi mengenai objek, daerah, dan menganalisis data tanpa melakukan kontak langsung.

3. Geographic Informtion Systems (GIS)

GIS merupakan sistem yang terdiri dari software, hardware, sumber daya manusia, dan juga data yang berfungsi sebagai alat untuk memperoleh, memproses, mengelola, menyimpan, memanggil kembali, memanipulasi dan menganalisa, serta menyajikan data berefensikan geografi (lokasi/ruang) untuk menyelesaikan berbagai masalah kompleks.

Diawali Sebagai Gerakan Sosial, Chef Muda Tiarbah Lebarkan Sayap Melalui Nasi Goreng

Teknologi Geospasial di Masa Mendatang

Jika membicarakan masa depan, hal tersebut tidak lepas dari kata inovasi. Inovasi ada jika sesorang mempunya keinginan, mimpi dan juga kemauan hal tersebut akan menghasilkan suatu inovasi.

Geospasial ini merupakan teknologi yang melibatkan pembelajaran mesin dan artificial intellegence (AI). Perkembangan informasi geospasial yang merupakan teknologi berbasis peta membuka peluang tumbuhnya industri dan juga layanan jasa.

Di masa yang akan datang, teknologi geospasial dapat menciptakan lapangan kerja baru. Seperti saat ini di era revolusi 4.0, saat setiap jengkal kehidupan dihubungkan dengan digitalisasi. Hal ini pasti menimbulkan kekhawatiran, akan tetapi sebagai sumber daya manusia di era revolusi 4.0 ini,

Kita diwajibkan untuk terus mengeksplor kemampuan di bidang teknologi. Saat satu pekerjaan ditutup dan digantikan oleh teknologi temuan yang baru, pasti akan ada pekerjaan lain yang dibuka tentnya tetap dibidang teknologi.

Bagaimanapun juga teknologi diciptakan oleh manusia dan untuk memaintanance pasti membutuhkan tenaga dari manusia. Berikut beberapa hal yang mungkin akan terjadi di masa yang akan datang dengan adanya teknologi geospasial.

Tak Hanya Menjadi Kota Toleran, Salatiga Menuju Kota Gastronomi

1. LiDAR (Light Detection and Ranging)

Mata kendaraan otomatis merupakan sinar laser untuk mengukur jarak yang bervariasi. Teknologi geospasial memungkinkan LiDAR untuk membuat cara mengemudi otomatis yang aman.

2. Mapping as a Service

Saat ini tidak semua peta online beresolusin tinggi, dengan adanya teknologi geospasial peta dapat disesuaikan dengan permintaan dari lokasi mana pun yang diinginkan.

3. AI Geospasial

Komponen grafis yang memungkinkan pengguna suatu aplikasi dapat memberikan informasi real tim tentang lalu lintas, maupun kondisi lain di sekitarnya.

4. Drone

Drone merupakan teknologi yang digunakan untuk pemetaan udara. Dengan menggunakan teknologi ini kita dapat mengetahui luas wilayah jika diperhatikan dari udara, peta kontur, peta jalan, dan peta parit.

Teknologi Geospasial di era 4.0 sangatlah penting dan juga dapat membantu kita sehari-hari. Setiap hari tanpa kita sadari dengan menggunakan teknologi berbasis peta menjadikan diri kita lebih produktif dan juga efisien terhadap waktu.

Referensi:Indonesia.go.id | Geosis.id | Terralogiq | Big.go.id | Media Indonesia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NR
KO
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini