5 Pulau Terbaik di Asia Versi "Readers' Choice Awards 2021", 2 dari Indonesia

5 Pulau Terbaik di Asia Versi "Readers' Choice Awards 2021", 2 dari Indonesia
info gambar utama

Sebuah majalah perjalanan asal Amerika Serikat, Conde Nast Traveler kembali merilis daftar pemenang "Readers Choice Awards 2021" pada 5 Oktober lalu. Ada berbagai kategori yang dinominasikan, salah satunya adalah pulau terbaik.

Conde Nast Traveler merilis "Top Islands: Readers’ Choice Awards 2021" dari berbagai belahan dunia, termasuk negara-negara di Asia.

Metode penilaian sendiri dihitung berdasarkan respon dan pilihan pembaca dengan metode vote terhadap 800.000 lebih peserta, di mana salah satu indikator penilaiannya berkaitan dengan pesona dan keindahan pulau tersebut.

5 pulau terbaik di Asia 2021 | GoodStats
info gambar

Untuk kategori pulau terbaik di Asia, tercatat masih di dominasi pulau-pulau di Asia Tenggara seperti Siargao Island, Bali, dan Palawan Islands. Berikut kami sajikan 5 pulau terbaik di Asia versi Conde Nast Traveler 2021.

Ada di Indonesia, Ini 10 Pulau Pribadi Terbaik yang ada di Dunia

1. Siargao Island (Filipina)

Siargao Island | Michele G/Shutterstock
info gambar

Siargao Island, sebuah pulau kecil yang menawan di antara ribuan pulau di Filipina dinobatkan sebagai pulau terbaik di Asia versi "Readers' Choice Awards 2021" dengan skor 97,77.

Salah satu faktor yang membuat para pembaca memberi rating tinggi terhadap pulau ini karena Siargao memiliki pantai pasir putih yang cantik dan bersih. Siargao juga memiliki hutan tropis yang masih asli dan nyaris tak tersentuh. Hal itu lantaran letaknya yang cukup jauh dan terpencil sehingga apa yang ada di Siargau masih terbilang alami.

Pulau ini juga terkenal sebagai ibu kota selancar Filipina, dengan 15 titik yang cocok untuk menantang ombak. Ada banyak sekolah selancar dan tempat-tempat untuk menyewa papan sehingga pemula juga dapat bergabung. Air yang jernih juga memberikan tempat yang sempurna untuk mencoba naik dayung atau snorkeling.

Butuh perjuangan untuk tiba di Pulau Siargao. Pasalnya, pulau ini tak memiliki bandara internasional. Untuk mengunjunginya, traveler harus pergi ke Manila Kemudian dilanjutkan dengan penerbangan pesawat kecil yang memakan waktu sekitar dua jam.

2. Raja Ampat Islands (Indonesia)

Laguna Karawapu di Misool, Raja Ampat | Shutterstock
info gambar

Raja Ampat, sebuah gugusan pulau yang menawan di Papua Barat menempati peringkat ke-2 dengan skor 97,67. Rasanya sangat wajar apabila pulau ini masuk salah satu daftar teratas, mengingat Raja Ampat merupakan destinasi premium Indonesia.

Salah satu hal yang mengangkat nama objek wisata Raja Ampat adalah dengan adanya film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere dengan judul “Edis Paradise 3”, di mana dalam film tersebut menceritakan keindahan alam bawah laut Raja Ampat yang kaya akan beragam biota laut.

Kawasan wisata Raja Ampat saat ini dijuluki sebagi kawasan Amazon Lautan Dunia. Julukan tersebut diberikan karena letak dari tempat wisata ini yang berada dipusat segitiga karang dunia.

Pulau Misool merupakan satu dari empat pulau di Raja Ampat yang amat terkenal akan keindahannya. Para traveler yang berkunjung ke pulau ini akan disuguhkan dengan landkap dan pesona bawah laut Misool yang mengangumkan.

Selain itu, pelancong juga disuguhkan gugusan bukit batu-batu kecil yang indah, serta keindahan terumbu karang dan ikan-ikan cantik dari atas perahu.

10 Pulau Terbaik di Dunia Versi Travel+Leisure 2021

3. Palawan Islands (Filipina)

Palawan Island | Thomas C/Shutterstock
info gambar

Posisi selanjutnya diisi pulau yang berasal dari Filipina, Palawan Islands. Kepulauan cantik yang dikelilingi 1.800 gugusan pulau kecil tersebut berhasil mendapatkan skor 97,54 menempatkannya di peringkat ke-3 sebagai pulau terbaik di Asia.

Bukan tanpa alasan jika syuting film The Bourne Legacy, The Beach, dan The World Is Not Enough (James Bond) mengambil lokasi di pulau ini. Bukan hanya keindahan pantai, tetapi topografinya sungguh menakjubkan.

Bebatuan kapur, tebing dan sungai bawah tanah sepanjang 8,2 km adalah sisi menarik dari pulau ini. Tak heran Palalawan, tepatnya di Puerto Princesa Subterranean River National Park menjadi destinasi yang dilabeli sebagai Situs Warisan Dunia dari UNESCO. Sederet pesona tersebut menjadi alasan Palawan masuk daftar pulau terbaik di Asia.

4. Bali Island (Indonesia)

Pulau Bali | Retno/Shutterstock
info gambar

Bali menempati peringkat keempat sebagai pulau terbaik di Asia dengan skor 94,37. Pemberian peringkat tersebut bukan tanpa alasan, menurut catatan Conde Nast Traveler, Bali tidak hanya menyajikan destinasi wisata alam yang indah, namun menyuguhkan wisata budaya yang amat menarik.

Seperti diketahui, Pulau Bali merupakan salah satu pusat tujuan utama turis di Indonesia. Pada 2018, jumlah kunjungan turis asing ke Bali mencapai 6,07 juta jiwa, kemudian naik menjadi 6,27 juta di tahun berikutnya. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak di antara destinasi lain di Indonesia.

5. Sri Lanka Island (Sri Lanka)

Sri Lanka | Lenka/Shutterstock
info gambar

Posisi terakhir ditempati pulau yang menjadi sebuah negara kesatuan bernama Sri Lanka. Sri Lanka dianggap sebagai mutiara Samudera Hindia. Sepanjang mata memandang, pelancong akan melihat hamparan pantai pasir putih, bukit hijau, taman margasatwa, dan hutan yang kondisinya masih terjaga dengan baik.

Ada beberapa tempat yang menjadi destinasi wisata unggulan Sri Lanka, di antaranya Sigiriya yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Sigiriya merupakan istana batu kuno yang berada di atas bukit, situs tersebut terletak di Distrik Matale yang tidak terlalu jauh dari kota Kolombo.

Wisata sejarah lain ada Polonaruwa, tempat tersebut merupakan sebuah kota yang memiliki monumen arkeologis seperti patung parakrambahu, parakramasamudra. Destinasi ini juga menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO yang cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Serunya Menyelam di Pulau yang Memiliki Titik Selam Terbaik di Indonesia

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

IA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini