Jaga Kinerja Selama Pandemi, Asuransi Astra Diganjar Penghargaan Asuransi Terbaik 2021

Jaga Kinerja Selama Pandemi, Asuransi Astra Diganjar Penghargaan Asuransi Terbaik 2021
info gambar utama

Di tengah kesulitan situasi pandemi yang berjalan sejak tahun 2020, sebagian besar sektor nyatanya memang tak dapat lolos dari cengkraman situasi krisis terutama jika berkaitan dengan kondisi ekonomi, termasuk salah satunya praktik layanan asuransi yang tak sedikit diandalkan oleh masyarakat Indonesia.

Jika berkaca pada kondisi krisis yang terjadi di pertengahan tahun lalu bersamaan dengan banyaknya perusahaan skala besar yang menghadapi ancaman finansial, ancaman serupa juga tak luput membayangi perusahaan asuransi yang pada dasarnya memberikan layanan atau produk yang saat ini belum menjadi prioritas bagi kebanyakan orang.

Tak dimungkiri, bahwa sebelum pandemi melanda saja masih belum banyak orang yang belum terlalu mengutamakan atau menyadari pentingnya kepemilikan jaminan dan asuransi dari segi finansial, bisa dibayangkan situasi apa yang dihadapi oleh para pelaku di industri satu ini saat hantaman pandemi melanda.

Namun di tengah kondisi tersebut, ternyata tetap ada satu perusahaan asuransi asli tanah air yang berhasil mempertahankan kinerjanya, dan membuat mereka diganjar penghargaan sebagai perusahaan Asuransi Terbaik 2021 oleh Majalah Investor.

Pentingnya Memahami Kebutuhan Asuransi Kendaraan Demi Menghindari Risiko Keuangan

Penilaian yang membuat Astra meraih penghargaan Asuransi Terbaik

Dalam sebuah rilis resmi yang diterima oleh GNFI, Kamis (4/11/2021), disebutkan bahwa keputusan dalam menentukan pihak yang akan menerima penghargaan ini sudah barang tentu melalui beberapa penilaian ketat.

Dijelaskan jika sebelumnya konsistensi pertumbuhan kinerja selama lima tahun ke belakang jadi salah satu hal yang penting untuk melihat prospek dan kinerja suatu perusahaan asuransi untuk dapat masuk kategori terbaik, situasi pandemi nyatanya juga memunculkan indikator penilaian baru berupa kemampuan dalam mempertahankan kinerja di tengah situasi krisis yang terjadi, terutama dari segi finansial.

Lebih detail, dijelaskan bahwa untuk menentukan pihak yang berhak menerima penghargaan ini, Majalah Investor terlebih dulu melakukan seleksi awal dengan mengacu pada penilaian berdasarkan beberapa aspek.

Adapun sejumlah aspek yang dimaksud di antaranya yaitu ketentuan utama berupa masih beroperasi setidaknya hingga pemeringkatan dibuat, dan tidak sedang dalam kondisi khusus seperti Pembatasan Kegiatan Usaha (PKU) atau masa transisi.

Sedangkan dari segi finansial, perusahaan asuransi dapat masuk kategori penilaian terbaik di tahun ini apabila memiliki laporan keuangan tahun 2020 yang sudah diaudit, di mana dalam laporan keuangan tersebut tidak ditemukan adanya opini disclaimer, RBC (Risk Based Capital) minimal 120 persen, kepemilikan ekuitas minimal Rp100 miliar, kepemilikan aset asuransi umum 2020 minimal di atas Rp100 miliar, dan tidak menderita kerugian di tahun 2020.

Dengan sejumlah penilaian ketat tersebut, Asuransi Astra menjadi satu-satunya perusahaan yang memenuhi kriteria secara maksimal dan pada akhirnya dinobatkan sebagai Perusahaan Asuransi Terbaik 2021.

Semangat Saling Bantu Astra yang Menjangkau Desa-Desa di Pedalaman Indonesia

Rekam jejak dan komitmen di masa depan

Maximiliaan Agatisianus saat menerima penghargaan perusahaan Asuransi Terbaik 2021
info gambar

Bukan baru kali pertama ini diganjar penghargaan, perusahaan asuransi yang telah berdiri selama lebih dari setengah abad atau tepatnya sejak tahun 1956 ini diketahui sudah memiliki rekam jejak gemilang di bisnis asuransi tanah air.

Terbukti, sejak lama ragam penghargaan dan apresiasi kerap diraih oleh perusahaan yang bernaung di bawah naungan induk Astra Motor ini, beberapa di antaranya yaitu Indonesian Customer Satisfaction Award (2001-2017), asuransi umum dengan kinerja keuangan sangat bagus dalam lnfobank Insurance Award (2008-2016, 2018-2020), Indonesia Sharia Finance Award (2017), Indonesia Insurance Innovation Award (2019-2020), dan masih banyak lagi.

Adapun di tahun ini, Asuransi Astra nyatanya juga telah lebih dulu diganjar penghargaan seperti Digital Touch Points Customer Engagement Award (2020-2021), Indonesia’s Most Popular Digital Financial Award (2021), dan lain-lain.

Melihat sejumlah pencapaian di atas, pihak Asuransi Astra mengungkap bahwa dalam menjalankan bisnisnya mereka selalu mengutamakan aspek kepercayaan pelanggan, dibarengi dengan upaya untuk senantiasa berinovasi dan beradaptasi menghadapi situasi terkini lewat kemampuan menjawab berbagai kebutuhan pelanggan yang terus berkembang.

Dalam rilis yang sama, Maximiliaan Agatisianus selaku Chief Financial Officer Asuransi Astra, juga menyampaikan komitmen yang akan mereka jalankan dalam memberikan pelayanan terbaiknya di waktu yang akan datang.

“Melalui apresiasi yang diberikan oleh Majalah Investor ini, tentu akan kami jadikan motivasi ke depannya untuk konsisten dalam melakukan pengembangan yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan serta kepercayaan para pelanggan,” janji Maximiliaan.

“Karena dengan hal-hal tersebut, Asuransi Astra berkomitmen untuk selalu menampilkan performa terbaiknya agar dapat selalu memberikan peace of mind kepada jutaan pelanggan.”

Astra, Setelah 60 Tahun Menjadi Kebanggaan Negeri

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini