Menyelami Keindahan Pulau Morotai Sambil Melihat Sisa Peninggalan Perang Dunia II

Menyelami Keindahan Pulau Morotai Sambil Melihat Sisa Peninggalan Perang Dunia II
info gambar utama

Penulis: Brigitta Raras

Indonesia sebagai negara kepulauan, sudah tak perlu diragukan lagi dengan pesona alamnya, terkhusus wisata bahari. Hal tersebut dibuktikan dari banyaknya pulau dan pantai yang memikat daya tarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Salah satunya adalah pesona Pulau Morotai, Maluku Utara. Beragam keindahan alam di pulau ini mampu menyejukkan pikiran bagi siapapun yang mengunjunginya. Pasir putih halus membentang lurus melintasi birunya perairan Morotai sangat terlihat ketika tiba di Morotai. Di ujung jalan, memperlihatkan pepohonan rindang.

Tak hanya itu, seringkali juga beberapa ekor kepiting muncul dan berjalan di halusnya pasir putih. Pulau yang terletak di ujung utara Pulau Halmahera ini, tak hanya unggul dalam keindahannya saja. Namun, pantai ini juga menyimpan sejarah mengenai Perang Dunia II.

Sejarah tersebut berasal dari masa pendudukan Jepang yang memanfaatkan Pulau Morotai sebagai salah satu markas militer mereka. Pada tahun 1944-1945, pasukan sekutu Amerika Serikat dan Australia yang dipimpin oleh Jenderal Douglas MacArthur mendarat di ujung barat daya Pulau Morotai, dan melancarkan serangan untuk mengambil alih pulau tersebut dari kekuasaan pasukan Jepang.

Menjelajah Agrowisata Perkebunan Anggur Terbesar Indonesia yang Ada di Bali

Peperangan tersebut membuat beberapa pesawat dan kapal tempur kedua pasukan menjadi rusak dan jatuh ke perairan Morotai. Kendaraan perang tersebut tenggelam dan akhirnya menjadi bangkai di dasar perairan Morotai hingga detik ini.

Kendaraan tempur yang telah menjadi bangkai di perairan gugusan Kepulauan Morotai ini, justru menjadi daya tarik bagi wisatawan saat berkunjung ke Morotai. Kini, bangkai kapal dan pesawat telah dipenuhi oleh terumbu karang yang berwarna-warni.

Kepulauan Morotai dikelilingi dengan kurang lebih 37 gugusan pulau. Masing-masing pulau memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Banyaknya gugusan pulan ini, membuat para wisatawan punya banyak pilihan untuk melakukan island hopping.

Ketika Kawan mengunjungi Morotai, ada beberapa aktivitas yang dapat Kawan lakukan. Yuk, jelajahi Pulau Morotai lebih jauh!

1. Bermain pasir di Pulau Dodola

Pulau Morotai | Foto: Jababeka Morotai
info gambar

Pulau Dodola menjadi salah satu destinasi yang menarik perhatian bagi para wisatawan yang mengunjunginya. Pulau yang dikelilingi dengan pasir putih halus, mampu menambah keindahan ketika Kawan menikmati Pulau Dodola.

Selain menikmati keindahannya, Kawan dapat bermain pasir di sini, terlebih jika yang membawa anak kecil pasti mereka sangat menyukainya.Tak hanya keindahan pasir saja, Pulau dodola juga menjadi tempat tinggal bagi hiu sirip hitam atau blacktip reef shark.

Melansir dari lampan Kompas, hiu tersebut kerap ditemui di terumbu karang kedalaman 2 hingga 10 meter. Hiu ini juga masuk dalam hewan yang dilindungi. Di pulau Dodola ini juga tersedia fasilitas jet ski, sehingga Kawan bisa menikmati air laut dengan jet ski.

3 Desa Wisat Perwakilan Indonesia dalam UNWTO Best Tourism Villages

2. Diving di laut Morotai

Diving di Morotai | Foto: Liputan6
info gambar

Menyelam untuk melihat ikan dan terumbu karang sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagaimana dengan menyelam untuk melihat bangkai pesat? Ini barulah hal yang tidak biasa dan menjadi menarik untuk dikunjungi.

Titik penyelaman atau diving spot di Pulau Morotai mencapai 28 titik. Di perairan Morotai tak hanya ada beragam ikan unik berwarna-warni, melainkan juga terdapat terumbu karang yang indah.

Salah satu yang menjadi unik dan daya tarik dari pulau ini adalah Kawan dapat menemukan peninggalan benda bersejarah pada zaman Perang Dunia II. Peninggalan tersebut, seperti Bristol Beuford, pesawat sekutu, rongsokan tank, dan peninggalan lainnya.

Menikmati Semangkuk Tengkleng, Semangat Bertahan Hidup Masyarakat Solo

3. Menyusuri Pulau Zum-Zum

Pulau Zumzum | Foto: Liburku.com
info gambar

Pulau Zum-Zum atau yang kerap disebut dengan Sumsum adalah markas tempat jenderal MacArthur mempersiapkan pasukan untuk menyerang Jepang kala itu. Di pulau ini, Kawan dapat menikmati sejuknya angin, duduk-duduk santai, atau berenang.

Pulau ini berada sekitar 7 km dari Pulau Morotai, Kawan dapat menggunakan speed boat untuk sampai di Pulau Zum-Zum. Di sini, Kawan akan melihat tugu jenderal asal Amerika Serikat, yakni McArthur.

Melansir dari laman Kompas, tugu tersebut dibangun, karena masyarakat sekitar ingin mengenang McArthur sebagai jenderal dengan kepemimpinan tangguh. Di pulau ini, Kawan juga dapat melakukan snorkeling untuk menikmati pemandangan alam bawah laut. Pastinya, Kawan perlu didampingi oleh pemandu agar tetap aman dan nyaman.

Itu tadi beberapa aktivitas dan spot yang dapat Kawan lakukan dan nikmati, ketika berkunjung ke Pulau Morotai. Selamat berlibur!*

Referensi: wonderful.pulaumorotaikab.go.id | Kompas | Getlost.id

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini