Developer Indonesia Bawa Visual Bandara Soekarno-Hatta ke Peta Video Game X-Plane

Developer Indonesia Bawa Visual Bandara Soekarno-Hatta ke Peta Video Game X-Plane
info gambar utama

Permainan video simulasi penerbangan atau pesawat pasti sudah bukan menjadi hal yang asing bagi para peminat dunia aviasi, termasuk di Indonesia. Dapat menyuguhkan pengalaman melakukan penerbangan dari ruang kokpit yang didukung dengan pemandangan sekitar dan tergambar dengan visual yang seolah nyata, tak heran jika video gim simulasi penerbangan jadi salah satu jenis permainan yang punya keistimewaan tersendiri bagi para peminatnya.

Sampai saat ini, diketahui ada sejumlah video gim simulasi penerbangan yang telah dihadirkan oleh berbagai developer gim ternama, sebut saja Microsoft Flight Simulator (MSFS), Real Flight Simulator (RFS), Aerofly FS, dan salah satu yang paling terkenal yaitu X-Plane.

Bicara lebih dalam mengenai simulasi video gim penerbangan, visual atau pemandangan --yang dalam bidang gim FS lebih umum disebut dengan istilah scenery-- dari setiap bandara yang berada di seluruh dunia tentu menjadi hal utama yang memegang peran besar dalam gim simulasi tersebut.

Tidak semua pengembang gim Flight Simulator (FS) memiliki akses luas dan mendetail dalam menyuguhkan visual pemandangan setiap bandara yang ada di dunia. Karena itu, dalam permainan gim FS, umum dikenal juga para pengembang pemandangan bandara atau scenery development team yang biasanya berasal dari berbagai negara dan menyuguhkan visual detail dari setiap bandara di negara asalnya.

Beruntung, Indonesia juga memiliki salah satu tim pengembang visual pemandangan untuk gim simulator penerbangan yang hingga saat ini sudah banyak diandalkan khususnya oleh para penikmat gim FS di tanah air sendiri, yaitu BinerSim.

Punya Prospek Gemilang, Pengembang Gim Indonesia Sumbang Rp25 Triliun ke PDB RI

Debut pertama di X-Plane 11

Pertama kali hadir sejak tahun 2013, walaupun tim pengembang yang jika ditelusuri nyatanya hanya terdiri kurang dari 10 orang anggota, namun BinerSim sudah terbilang sukses dan ahli dalam menghasilkan sejumlah karya berupa model 3D dari berbagai visual bandara yang ada di tanah air untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk kebutuhan video gim FS.

Semakin memperluas pendistribusian hasil karya yang telah dibuat, baru-baru ini BinerSim diketahui juga berhasil menyuguhkan karyanya untuk salah satu video gim FS ternama yaitu X-Plane seri ke-11.

Melansir thresholdx.net, dikabarkan bahwa BinerSim masuk ke video gim FS X-Plane 11 untuk pertama kalinya dengan membawa visual scenery 3D dari Bandara Soekarno-Hatta, yang seperti biasa menampilkan setiap gambaran bangunan secara detail.

Dikabarkan bahwa visual scenery Bandara Soekarno-Hatta untuk X-Plane 11 ini memakan waktu berbulan-bulan dalam proses pembuatannya.

Secara lebih mendetail, visual scenery Bandara Soekaro-Hatta yang dibuat oleh BinerSim dilengkapi dengan sejumlah fitur modern yang biasa dinikmati oleh para pemain video gim X-Plane, yaitu berupa detail bangunan yang akurat, tekstur Physically Based Rendering (PBR) yang membuat visual terlihat semakin nyata, dan fitur pencahayaan malam.

Benar-benar baru dihadirkan ke publik pada hari Sabtu, (6/11/2021) kemarin, perilisan peta visual scenery Bandara Soekarno-Hatta hasil karya BinerSim untuk X-Plane 11 akan dipasarkan secara bertahap di beberapa platform video gim FS market.

Sejajar dengan Changi, Bandara Soetta Raih Predikat Bandara Teraman di Asia Tenggara 2021

Deretan karya BinerSim

Sebelum debut di X-Plane, BinerSim sebenarnya bukan tim yang baru dalam menghadirkan visual scenery untuk video gim FS. Sejak hadir pada tahun 2013, mereka awalnya sudah terlebih dulu menyuplai visual pemandangan untuk berbagai gim FS lain seperti FSX/P3D dan MSFS besutan Microsoft.

Menilik laman OneSim Store, visual scenery 3D yang telah dihasilkan oleh BinerSim di antaranya adalah Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Sultan Iskandar Muda untuk gim MSFS 2020. Lain itu, ada pula Bandara Sentani, Bandara Hang Nadim, dan Bandara Soekarno-Hatta sendiri yang sudah lebih dulu dihadirkan untuk FSX & P3D.

Untuk selanjutnya, BinerSim diketahui akan membawa sejumlah visual scenery bandara Indonesia dari katalog FSX/P3D dan MSFS yang telah mereka buat ke gim X-Plane secara bertahap di waktu yang akan datang.

Jadi Smart Airport, Hotel Kapsul Sekarang Tersedia di Terminal 2 Bandara Soetta

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini