Update Peringkat BWF Ganda Putra: The Minions Kokoh di Puncak, Leo-Daniel Melesat Naik

Update Peringkat BWF Ganda Putra: The Minions Kokoh di Puncak, Leo-Daniel Melesat Naik
info gambar utama

Kejuaran Hylo Open 2021 yang menjadi salah satu rangkaian tour eropa resmi berakhir Minggu (07/9/2021). Dari nomor ganda putra, Marcus Fernaldi Gideon-Kevin Sanjaya Sukamuljo (The Minions) menjadi juara setelah menumpas perlawanan Leo Roly Carnando-Daniel Marthin 21-14 dan 21-19.

Hasil ini mengakhiri paceklik gelar The Minions selama 22 bulan. Terakhir kali Marcus-Kevin berdiri di podium tertinggi pada Januari 2020, tepatnya di kejuaran Daihatsu Indonesia Masters 2020 yang diberlangsung di Jakarta.

Sebagai catatan, Hylo Open 2021 sendiri masuk ke dalam rangkaian turnamen BWF World Tour Super 500. Artinya turnamen ini berada di kategori grade 2 level 4. Pemain yang menjadi juara berhak mendapatkan tambahan 9.000 poin, sementara runner-up mendapat tambahan 7.800 poin.

Update peringkat BWF Ganda Putra terbaru usai kejuaraan Hylo German Open 2021 | GoodStats
info gambar

Dalam update peringkat Badminton World Federation (BWF), pasca menjuarai Hylo Open 2021, The Minions makin kokoh di peringkat pertama dengan 108.177 poin. Catatan tersebut sekaligus memperpanjang rekor peringkat 1 terlama menjadi 185 pekan tanpa tergoyahkan.

Selain itu, selisih poin Marcus-Kevin juga tergolong jauh dari pesaing terdekatnya yakni Mohamad Ahsan-Hendra Setiawan. Pasangan yang dijukuki 'The Daddies' ini menempati peringkat ke-2 dengan 102.330 poin atau selisih 5.857 poin dari The Minions.

Kemudian peringkat 3 masih diisi pasangan peraih medali emas Olimpiade Tokyo asal Taiwan, Lee Yang-Wang Chi Lin dengan 98.176 poin.

Sementara itu, dua pasangan ganda muda Indonesia juga mengalami peningkatan peringkat. Kedua pasangan tersebut ialah Pramudya Kusumawardana-Yeremia Rambitan serta Leo-Daniel yang tengah jadi sorotan usai tampil apik di Hylo Open 2021.

Akhiri Paceklik Gelar, Marcus-Kevin Juara Hylo Open 2021

Peringkat Leo-Daniel melesat naik usai tampil apik di Hylo Open 2021

Penampilan pasangan muda Indonesia Leo Roly Carnando-Daniel Marthin di Hylo German Open 2021 | Foto: GenPi
info gambar

Keberhasilan Leo-Daniel mencapai babak final di Hylo Open 2021 berdampak cukup besar pada peringkat dunia mereka saat ini. Pasangan yang dijuluki 'The Babbies' ini naik ke peringkat 28 dengan 44.025 poin.

Sebelumnya, pasangan juara dunia junior 2019 itu berada di urutan ke-35 dengan hanya mengumpulkan 38.885 poin. Artinya, Leo-Daniel berhasil memperbaiki posisi mereka hingga delapan peringkat, salah satunya menggeser pasangan di peringkat 27 dunia, Ou Xuan Yi-Zhang Nan dari China.

Pasangan muda Indonesia ini mampu tampil apik dan mencuri perhatian di ajang Hylo Open 2021. Meski berstatus sebagai non-unggulan, mereka tampil apik sejak babak pertama.

Dalam perjalanan menuju final Hylo Open 2021, Leo-Daniel tercatat dua kali mengalahkan pasangan Indonesia. Dua wakil Indonesia yang menjadi korban permainan agresif Leo-Daniel adalah Pramudya Kusumawardana-Yeremia Rambitan dan juga Mohammad Ahsan-Hendra Setiawan.

Leo-Daniel secara mengejutkan mampu mengalahkan Ahsan-Hendra yang merupakan ganda papan atas dunia pada babak perempat final Hylo Open 2021.

Sayangnya, perjalanan luar biasa Leo-Daniel di Hylo Open 2021 berakhir kurang manis. Mereka harus puas hanya menjadi runner-up usai dikalahkan The Minions.

Meski demikian, menjadi runner-up di ajang kali ini jelas bukan catatan negatif bagi Leo-Daniel. Sebab, selain berpengaruh pada ranking dunia mereka perolehan poin dari Hylo Open 2021 juga membuat Leo-Daniel berpeluang tampil di ajang BWF World Tour Finals 2021.

4 Tahun Berkuasa, Marcus-Kevin Catat Rekor Ganda Putra Peringkat 1 Terlama 

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini