Seberapa Penting Social Skill untuk Pengembangan Kariermu?

Seberapa Penting Social Skill untuk Pengembangan Kariermu?
info gambar utama

Penulis: Brigitta Raras

Pada kenyataannya, mengembangkan kemampuan kognitif dan hard skill saja tak cukup untuk kehidupan dan karier, Kawan. Ada hal lain yang tak kalah penting untuk Kawan kembangkan, yakni social skill atau kemampuan bersosialisasi.

Tak sedikit, orang yang merasa tak punya kemampuan bersosialisasi yang baik dengan teman-temannya. Faktanya, jika Kawan memiliki social skill yang baik, Kawan akan mudah dalam membangun dan memelihara relasi baik dengan orang lain, baik secara pertemanan maupun secara profesional.

Semakin baik kemampuan bersosialisasi Kawan, tentunya akan sangat membantu dalam mengembangkan networking dan tujuan karier Kawan.

Definisi social skill

Ilustrasi | Foto: Freepik/Standret
info gambar

Kemampuan bersosialisasi atau social skill adalah keterampilan yang digunakan untuk berinteraksi dan berkomunikasi satu sama lain, baik secara verbal maupun nonverbal. Pada dasarnya, manusia adalah makhluk sosial sehingga sangat penting untuk menguasai cara berkomunikasi yang tepat.

Dengan memahami social skill, selain meningkatkan kemampuan berkomunikasi tetapi juga paham bagaimana menghadapi orang lain. Kawan akan mampu berinteraksi dengan tepat, sesuai dengan nilai dan norma.

Sehingga, social skill akan mencegah dari adanya kesalahpahaman, konflik, dan hal-hal yang tidak diinginkan dalam situasi sosial. Dengan begitu, Kawan akan tahu ekspresi apa yang harus dikeluarkan dan kapan harus mengeluarkannya.

Menilik Perkembangan Digital Marketing serta Tren Terkini

Pentingnya dan manfaat mengembangkan social skill

Ilustrasi | Foto: Freepik/tirachardz
info gambar

Komponen social skill akan membuat Kawan lebih meningkatkan sensitivitas dalam berkomunikasi dan terhubung secara emosi dengan orang lain. Hal ini menjadikan relasi Kawan dengan orang lain akan menjadi mendalam dan berkualitas.

Kemudian, hubungan yang berkualitas ini akan membantu Kawan dalam menghadapi stress. Dikarenakan adanya support system yang lahir dari hubungan dekat dan berkualitas tersebut.

Bahkan, penelitian juga menunjukkan kalau relasi yang berkualitas akan berdampak pada usia yang lebih panjang. Kemampuan ini juga tentunya memperbesar peluang sukses di karier Kawan.

Kawan akan lebih mampu untuk berkomunikasi dengan tepat dan efektif. Bagaimana Kawan mengutarakan ide, mendengarkan dan meyakinkan rekan kerja. Jika Kawan mampu berkomunikasi dengan efektif, Kawan akan dinilai sebagai team player yang baik.

Tentunya, hal ini akan memperbesar Kawan mendapatkan promosi atau apresiasi di tempat kerja. Dilansir dari laman indeed, berikut beberapa manfaat dari social skill:

  • mampu membangun, memelihara, dan mengembangkan relasi baik dengan orang lain
  • lebih mudah mendapatkan ide dan informasi dari sudut pandang orang lain
  • memperluas jaringan atau networking
  • lebih mudah bekerja sama atau berkolaborasi dengan orang lain
  • merasa senang dalam bekerja, karena mampu menjaga hubungan baik dengan rekan kerja

Social skill yang wajib dimiliki

Ilustrasi | Foto: Freepik
info gambar

Kira-kira social skill apa saja yang harus dimiliki oleh setiap orang? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Komunikasi verbal

Bagaimana Kawan mengekspresikan diri menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami oleh orang orang lain ini menjadi sangat penting. Hal ini menjadi penting dalam mengutarakan pendapat, berbincang dengan rekan kerja, atau sekadar menanggapi pendapat orang lain.

Mulailah untuk berlatih menggunakan bahasa yang baik dan benar serta mudah dipahami dalam berbicara. Siapapun yang memiliki kemampuan ini pasti akan lebih disukai oleh orang lain, karena akan lebih mudah diajak berbicara dan berdiskusi, baik secara langsung maupun pesan tertulis.

2. Komunikasi nonverbal

Kemampuan ini adalah bagaimana Kawan menguasai transmisi informasi melalui penggunaan bahasa tubuh. Seperti, kontak mata, gerakan tubuh, serta ekspresi wajah.

Dengan menggunakan bahasa tubuh dan mengontrolnya secara benar, Kawan akan mudah dalam menunjukkan rasa empati kepada orang lain saat sedang berkomunikasi.

Filosofi Minimalis Agar Hidup Lebih Tenang

3. Menerima kritik dan saran

Pastikan Kawan menjadi orang yang terbuka terhadap kritik dan saran yang diberikan dari orang lain. Menerima kritik dan saran memang bukanlah hal yang mudah.

Terkadang, Kawan menganggap bahwa keputusan yang Kawan ambil adalah yang terbaik. Nyatanya, belum tentu hal itu benar adanya. Tak jarang, kritik dan saran dari orang lain akan membantu Kawan dalam mengambil dan membuat keputusan, serta menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

4. Conflict resolution

Skill ini merupakan bagaimana kemampuan Kawan dalam menemukan sumber masalah dan menentukan solusi terbaik yang dapat diterapkan. Kemampuan ini, bukan hanya digunakan untuk melerai konflik dengan rekan kerja saja.

Ketidaksepakatan dengan atasan dan klien, juga dapat diselesaikan dengan kemampuan conflict resolution yang tepat.

Jadi Pahlawan Lingkungan dan Sosial, Ojol Ini Raih Mitra Juara Gojek 2021

5. Manajemen relasi

Secara sederhana, kemampuan ini untuk membangun dan memelihara relasi yang sehat dengan orang lain. Kemampuan ini tentunya diperlukan oleh setiap pekerja, antar divisi, dan karyawan serta atasan.

Tak menutup kemungkinan, bahwa nantinya setiap pekerja harus menjalin relasi dan berkomunikasi dengan pekerja lain. Jadi, pastikan untuk Kawan mampu membangun dan menjaga hubungan yang baik.*

Referensi : Indeed | huffpost | satupersen

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini