Detail "Outfit Karya Anak Bangsa" Jokowi pada Peresmian Sirkuit Mandalika

Detail "Outfit Karya Anak Bangsa" Jokowi pada Peresmian Sirkuit Mandalika
info gambar utama

Sirkuit Mandalika di KEK Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, akhirnya diresmikan pada 12 November 2021 oleh Presiden Joko Widodo. Dengan peresmian tersebut, Sirkuit Mandalika siap menggelar ajang-ajang kelas dunia.

“Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP,” kata Jokowi, seperti dikutip dari BPMI Sekretariat Presiden.

Sebelum peresmian, Jokowi juga sempat menjajal langsung Sirkuit Mandalika dengan mengendarai motor kastem balap pribadinya Kawasaki W175 yang berwarna hijau dengan nomor RI 1.

Di balik momen peresmian Sirkuit Mandalika tersebut, ternyata ada hal lain yang menarik perhatian, yaitu pakaian yang digunakan sang Presiden. Di akun Instagram pribadinya, Jokowi mengunggah foto bertajuk “Outfit Karya Anak Bangsa” dan memperlihatkan detail apa saja yang ia kenakan di sirkuit.

Semua yang dikenakan merupakan produk dari jenama lokal, dari jaket, celana, sarung tangan, sepatu, hingga helm.

“Saya menjajal Sirkuit Mandalika sepenuhnya dengan dukungan produk dalam negeri. Helm, jaket, celana, sarung tangan, sampai sepatu yang saya gunakan adalah karya tangan-tangan terampil anak bangsa. Nyaman dipakai serta aman untuk digunakan. Dan cukup bergaya, bukan?” tulis Jokowi dalam unggahan Instagram-nya.

Unggahan tersebut kemudian ramai dikomentari warganet yang memberikan pujian kepada Presiden. Salah satunya berasal dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang turut berbangga karena produk lokal yang digunakan Jokowi. Terlebih lagi, 4 dari 5 produk yang digunakan sang Presiden berasal dari Jawa Barat.

Hadirkan Kearifan Lokal pada Perhiasan, Jenama Lokal Ini Masuki Dunia Internasional

Sarung tangan Bellissimo

Produk sarung tangan yang digunakan Jokowi berasal dari jenama lokal asal Tangeran yaitu Bellissimo. Dalam foto tersebut, Jokowi menggunakan sarung tangan seri "Checkered Together" dan merupakan kolaborasi Bellissimo dengan Katros Garage. Sarung tangan tersebut terbuat dari material kulit premium dan dijual terbatas hanya 36 buah dengan harga Rp435 ribu.

Satu Lagi Jenama Fesyen Lokal yang Siap Melantai di New York Fashion Week

Jaket Rabbit & Wheels

Kemudian untuk jaket, Jokowi menggunakan produk lokal Bandung bernama Rabbit & Wheels. Dengan seri Midnight, jaket tersebut dijual dengan harga Rp1,465 juta. Dijelaskan Irvan Octria sang pemilik Rabbit & Wheels, jaket riding tersebut memiliki spesifikasi mirip dengan jaket serupa produksi luar negeri.

Jaket riding buatan Rabbit & Wheels terbuat dari bahan mesh dan dilengkapi dengan protector pada bagian lengan, baju, dan siku sebagai pengaman saat berkendara. Mengutip Cnnindonesia.com, Irvan mengaku pesanan jaketnya membludak setelah dikenakan Jokowi. Bahkan, jaket yang awalnya memiliki nama seri Midnight diubah menjadi jaket Jokowi.

4 Jenama Fesyen Lokal yang Konsisten Lestarikan Wastra Nusantara

Celana Continmoto

Celana yang dipakai Jokowi merupakan produk lokal asal Cimahi, Jawa Barat, bernama Continmoto. Celana berwarna hitam dengan sedikit corak putih pada bagian lutut tersebut merupakan tipe Osiris Riding Pants yang dijual dengan harga Rp855 ribu dan terbuat dari bahan Polyester D600 untuk kekuatan dan ketahanan angin.

Sepatu Nah Project

Saat menjajal sirkuit Mandalika, Jokowi memilih produk lokal dari Nah Project. Sepatu yang digunakan merupakan tipe YAS Flexknit 3.0 Carbon Black. Sepatu asal Bandung tersebut dijual dengan harga Rp415 ribu.

Ini bukan kali pertama Jokowi menggunakan sepatu dari Nah Project. Pada tahun 2018 lalu, ia juga sempat mencuri perhatian saat memakai sepatu seri Yoga Flex Knit V2.0 dari Nah Project.

Little Margo Catapult, Bisnis Katapel Anak Muda yang Tembus Pasar Internasional

Helm RSV Helmet

Richard Ryan Suwu selaku Executive Director RSV Helmet Indonesia menjelaskan bahwa helm yang digunakan Jokowi adalah SV300. Helm dengan tipe double visor tersebut dijual dengan harga Rp610 ribu.

"Kami mengapresiasi Presiden Jokowi yang menggunakan salah satu model unggulan terbaru kami yaitu SV300 Double Visor, saya juga kaget tiba tiba dapet kabar Pak Jokowi mau Pake helm RSV utk peresmian sirkuit mandalika. Saya pikir kita patut berbangga mempunyai presiden yang selalu support brand-brand local seperti ini, semoga makin banyak brand brand local kita yang bisa Berjaya di dalam negeri bahkan luar negeri," kata Ryan, seperti dikutip Sindonews.com.


Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini