Detail Motor yang Dipakai Jokowi di Sirkuit Mandalika, Karya Bengkel Kustom Lokal

Detail Motor yang Dipakai Jokowi di Sirkuit Mandalika, Karya Bengkel Kustom Lokal
info gambar utama

Memiliki sarana dan fasilitas balap berstandar internasional baru, sirkuit Mandalika yang akan menjadi tempat di mana para pebalap ternama dunia berkompetisi dalam berbagai ajang balap bergengsi hingga detik ini masih terus menarik perhatian.

Menjadi salah satu sirkuit yang memiliki kualitas terbaik, bukan hanya jajaran pebalap dunia yang beberapa kali kedapatan mengungkap rasa tak sabar untuk menjajal sirkuit Mandalika, Presiden Joko Widodo rupanya juga memiliki rasa antusias yang sama dan pada akhirnya menjadi orang pertama yang menjajal sirkuit dengan panjang lintasan 4,3 kilometer tersebut.

Pada Jumat (12/11/2021), bersamaan dengan momen peresmian sirkuit, Presiden diketahui berkesempatan merasakan langsung sensasi berkendara di sirkuit Mandalika.

Tampil dengan persiapan bak rider yang sesungguhnya, bukan hanya kesempatan menjajal sirkuit yang ramai diberitakan namun berbagai perlengkapan yang dipakai oleh Jokowi nyatanya juga tak kalah menyita perhatian.

Tak hanya ‘outfit karya anak bangsa’ yang dipakai Jokowi mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, dan secara gamblang dibanggakan oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut melalui media sosial resminya, kendaraan yang ditunggangi oleh Jokowi dalam menjajal sirkuit Mandalika rupanya juga mencuri perhatian.

Motor kustom yang memiliki tampilan unik dengan dominasi warna hijau tersebut diketahui semakin menarik perhatian karena bagian depannya yang mencolok lewat desain half fairing khas cafe racer yang memiliki desain membulat.

Ramai dibahas di kalangan peminat otomotif khususnya bidang kustom, seperti apa sebenarnya detail motor yang dipakai oleh Jokowi saat menjajal sirkuit Mandalika?

Detail "Outfit Karya Anak Bangsa" Jokowi pada Peresmian Sirkuit Mandalika

Basis motor retro Kawasaki W175

Motor Kawasaki W175
info gambar

Bukan kali pertama kedapatan memiliki minat dan menggunakan motor kustom yang ternyata merupakan karya bengkel kustom lokal, sejak beberapa tahun lalu Jokowi memang diketahui kerap menghargai karya dan membeli beberapa motor kustom yang dihasilkan oleh sejumlah bengkel kustom dalam negeri, salah satunya adalah motor yang dipakai saat menjajal sirkuit Mandalika kemarin.

Semakin menarik, karena motor tersebut rupanya juga kerap dipakai oleh Presiden setiap melakukan perjalanan atau kunjungan kerja ke beberapa daerah, yang mengharuskan sosok tersebut menggunakan kendaraan roda dua baik secara situasional ataupun untuk keperluan simbolis seperti saat peresmian sirkuit Mandalika kemarin.

Motor berkelir hijau buatan bengkel kustom asal Tangerang bernama Katros Garage tersebut pertama kali digunakan oleh Jokowi pada tahun 2018, dan sering terlihat di beberapa kunjungan kerja di tahun-tahun setelahnya.

Melansir Antara, diketahui bahwa kendaraan tersebut pada dasarnya memodifikasi sasis dari motor retro berjenis Kawasaki W175 yang memiliki spesifikasi bawaan berupa mesin berjenis 4-stroke, SOHC, 1 cylinder, dan air-cooled, dengan kapasitas volume silinder mencapai 177 cc.

Bicara soal tenaga, motor yang di pasaran saat ini dibanderol dengan harga sekitar Rp30 jutaan tersebut diketahui memiliki tenaga maksimum mencapai 9,6 kW/7.500 rpm, dengan torsi maksimum 13,2 Nm/6.000 rpm.

Sempat beberapa kali mengalami modifikasi sesuai permintaan sejak pertama kali dibeli, berdasarkan tampilan terakhirnya pada saat digunakan di Mandalika, perubahan paling mencolok yaitu bagian depannya yang menggunakan wajah half fairing khas cafe racer.

Ketika Vespa Klasik Berubah Jadi Skuter Listrik

Detail proses modifikasi

Pemilik bengkel kustom sekaligus sosok yang mengubah tampilan motor tersebut, yaitu Andi Akbar--akrab disapa dengan sebutan Atenx--menjelaskan bahwa tampilan baru motor tersebut kali ini terbilang cukup unik karena menggabungkan dua konsep yakni Cafe Racer dan Chopper, sehingga dirinya menyebut motor tersebut dengan sebutan ‘Chopper Racer’ yang kebetulan sedang populer di kalangan kustom otomotif tanah air.

Tidak hanya mengubah tampilan depannya yang memiliki wajah membulat, Atenx juga diketahui mengubah bagian belakang motor tersebut dengan tambahan buntut tawon dan cover pada bagian bawah mesin guna mempertegas kesan classic racing style.

Sementara itu untuk ubahan baru lainnya yang paling mencolok diketahui terdapat pada bagian grip gas yang memiliki desain tampilan berupa ukiran batik keris, anyaman bambu, dan peta Indonesia, desian tersebut diketahui diberi nama Indonesia Satu oleh Katros Garage yang dalam proses pembuatannya berkolaborasi dengan Hayaidesu Indonesi.

"Grip gas itu kami buat dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober lalu. Misi utamanya adalah untuk menyemangati pemuda Indonesia untuk tetap bersatu walau dalam situasi yang sulit sekalipun," ungkap Atenx, kepada detikOto.

Belum berhenti sampai di situ, penyegaran juga didapatkan oleh motor tersebut di bagian tangki dan cover bodi samping dengan sejumlah sentuhan menarik seperti emblem tangki yang diganti dengan tulisan JOKOWI berlatar motif bendera finis, serta tulisan RI 1 pada bagian sisi bodi lainnya.

Mengutip Kompas.com, Atenx mengungkap bahwa butuh waktu sekitar tiga bulan bagi timnya untuk memberikan wajah baru bagi motor kustom yang sudah ia buat sejak tahun 2018, khusus untuk Jokowi tersebut.

“Perubahan ini merupakan salah satu komitmen kami untuk terus berkreasi sebagai anak muda Indonesia. Dengan tampilan yang baru ini, semoga dapat semakin menggairahkan lagi skena motor custom di Indonesia," pungkas Atenx.

Adapun mengenai detail dan spesifikasi lebih jelas mengenai tampilan baru dari motor kustom yang sering dipakai oleh Presiden Jokowi tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pelek depan: ukuran 3.00-16
  • Pelek belakang: ukuran 3.50-16
  • Ban depan dan belakang: ukuran 500-16
  • Suspensi depan: tipe upside-down
  • Lampu depan: Halogen 5,75 inci
  • Lampu sein depan: LED
  • Lampu belakang: LED 3in1
  • Setang: drag bar style
  • Tangki dan bodi samping: handmade
  • Fairing dan hornet: handmade
  • Mika fairing: kustom 3 mm
  • Cover mesin bawah: handmade
  • Jok: kulit sintetis

Jika Anda penasaran dan ingin mengamati lebih jauh terkait motor kustom presiden tersebut, Anda dapat menyambangi pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung sejak 11 November hingga 21 November 2021 di gerai Parjo.

Dua Motor Modifikasi Asal Bandung dan Yogyakarta Raih Penghargaan di Jepang

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

SA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini