Serba-Serbi GIIAS, Pameran Otomotif Terbesar Asia Tenggara di Tahun 2021

Serba-Serbi GIIAS, Pameran Otomotif Terbesar Asia Tenggara di Tahun 2021
info gambar utama

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) merupakan salah satu pameran otomotif terbesar di Indonesia, yang di saat bersamaan juga telah menjadi gelaran paling dinanti oleh para peminat industri otomotif di tanah air dari tahun ke tahun.

Sedikit mengulik riwayatnya, cikal bakal GIIAS yang diinisiasi oleh GAIKINDO sendiri pertama kali diawali pada tahun 1986 dengan nama Pameran Mobil GAIKINDO.

Mulai diakui sebagai pameran berskala internasional oleh Organisation Internationale des Constructeurs d'Automobiles (OICA) pada tahun 2006, dalam perjalanannya Pameran Mobil GAIKINDO ternyata pernah menjadi satu kesatuan dengan IIMS sebelum berpisah dan kembali berdiri sendiri dengan nama GIIAS mulai tahun 2015.

Berkat dukungan dari OICA pula, GIIAS telah menjadi salah satu rangkaian pameran otomotif internasional kelas dunia layaknya IAA Frankfurt Auto Show, Geneva Motor Show, Auto China Beijing, Tokyo Motor Show, dan sejumlah pameran otomotif dunia lainnya.

Selama 35 tahun terlaksana secara rutin, GIIAS telah menjadi wadah bagi berbagai produsen besar di industri otomotif dunia dalam memperkenalkan sejumlah inovasi serta kehadiran kendaraan bermotor di segala jenis segmen, yang di saat bersamaan telah menghidupkan industri otomotif tanah air.

Walau gelaran inti dalam skala besar biasa diadakan di Ibu Kota, namun GIIAS dalam skala yang lebih kecil juga kerap diselenggarakan di beberapa kota lainnya seperti Surabaya, Makassar, dan Medan.

Kabar Baik Industri Otomotif Sepanjang 2020

Terbesar di Asia Tenggara setelah absen di tahun 2020

Tak perlu dipertanyakan lagi alasan mengenai peniadaan GIIAS di tahun 2020, situasi pandemi yang melanda memaksa gelaran ini harus absen di tahun tersebut, bersamaan dengan situasi industri otomotif yang kala itu sedang lesu.

Meski kondisi kasus Covid-19 sempat mengalami penurunan saat menyambut akhir tahun, namun sisa waktu yang tersedia untuk mempersiapkan gelaran tersebut dinilai tidak cukup. Pada akhirnya GAIKINDO memutuskan untuk melewatkan pelaksanaan GIIAS di tahun 2020 dan menggantinya dengan pameran otomotif dalam skala yang lebih kecil yaitu GAIKINDO Jakarta Auto Week yang berlangsung pada tanggal 21-29 November 2020.

Berbeda dengan GIIAS yang biasanya berlangsung di ICE BSD, Tangerang, pameran pengganti yang dimaksud saat itu digelar di Jakarta Convention Center (JCC).

"GIIAS fokus mengedepankan ajang peluncuran produk dan teknologi terbaru dari industri otomotif. Sedang GAIKINDO Jakarta Auto Week tujuannya adalah untuk menggenjot penjualan mobil baik existing product ataupun yang baru diluncurkan pada pelaksanaan pameran," tutur Rizwan Alamsjah, Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO kala itu mengutip Detik.com.

Beruntung, tahun ini pameran sesungguhnya yang telah dirindukan oleh peminat industri otomotif tanah air tersebut akhirnya terlaksana. Bahkan, gelaran yang mengusung tema ‘Wheels to Move’ ini diklaim sebagai pameran terbesar di Asia Tenggara yang berlangsung semenjak pandemi melanda.

"GIIAS akan menjadi pameran otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara usai adanya pandemi pada setahun belakangan," ujar Yohanes Nangoi, selaku Ketua Umum GAIKINDO.

Ekspor Toyota Q1 2021, Lanjutkan Tren Pemulihan Industri Otomotif Nasional

Berlomba hadirkan mobil andalan dengan berbagai penyegaran

Daihatsu Avanza dan Velos 2022 dengan wajah baru
info gambar

Untuk gelaran otomotif kali ini, diketahui bahwa ada sebanyak 24 merek kendaraan baik untuk segmen penumpang maupun komersil yang meramaikan pameran dengan berbagai produk andalannya selama GIIAS berlangsung. Gelaran ini telah dikunjungi oleh masyarakat umum sejak hari Kamis (11/11) lalu, dan dijawalkan berakhir pada akhir pekan ini, tepatnya di hari Minggu (21/11).

Lebih detail, adapun ke-24 merek yang unjuk diri memamerkan produk otomotif andalan mereka terdiri dari Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Hino, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, Wuling, serta dari kendaraan komersial yaitu Isuzu, Hino, Mitsubishi Fuso, dan Scania.

“Setelah menjalani lebih dari 1,5 tahun tanpa GIIAS, para peserta telah menyampaikan antusiasme dan rencana mereka jelang November ini, dan yang pasti akan ada banyak perkenalan produk baru dari para peserta, selain itu mobil-mobil listrik juga akan menjadi salah satu highlight di GIIAS nanti,” tutur Rizwan, melansir keterangan pers yang dipublikasi pada saat menjelang pelaksanaan GIIAS.

Ungkapan tersebut memang terbukti, terhitung bahwa setelah kurang lebih satu minggu berjalan, berbagai vendor sudah membuat peminat otomotif cukup antusias dengan berbagai peluncuran mobil baru ataupun kendaraan yang mendapat penyegaran.

Salah satu yang paling menarik perhatian adalah mobil terlaris dan memiliki peminat sangat tinggi di tanah air sendiri yaitu Toyota Avanza, yang ternyata memiliki wajah baru lewat All New Toyota Avanza 2022.

Bukan tanpa alasan, pasalnya pembaruan yang dimiliki oleh mobil tersebut dapat dikatakan cukup signifikan dan secara keseluruhan mengubah image Toyota Avanza menjadi kendaraan dengan bodi yang cukup ‘kekar’.

Hal serupa sudah pasti juga didapatkan oleh kembarannya yang diproduksi dalam satu konsep pabrikan yang sama, yaitu Daihatsu Xenia yang ternyata juga mendapat perubahan tampilan menjadi mobil dengan bodi gagah.

Selain itu, sejumlah mobil baru dari berbagai merek yang juga dipamerkan pada gelaran GIIAS di antaranya adalah Hyundai Creta, KIA Grand Carnival dan KIA Seltos, sedan hybrid dari Lexus yaitu ES 300h, dan masih banyak lagi.

Tentu bukan hanya kendaraan roda empat, pada gelaran GIIAS juga terdapat beberapa pabrikan otomotif untuk kendaraan roda dua yang memamerkan produk baru andalan mereka, salah satu yang paling mencolok yaitu Honda yang membawa CB150X sebagai motor yang mengusung tema sport adventure.

Plus Minus PPnBM Nol Persen Bagi Industri Otomotif

Adu kecanggihan berbagai mobil listrik

Jokowi jajal mobil listrik mungil di GIIAS 2021. (foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
info gambar

Bersamaan dengan keberadaan mobil listrik yang semakin populer dan digadang-gadang sebagai wujud kendaraan masa depan, berbagai pabrikan otomotif juga tak mau kalah untuk ikut memamerkan berbagai inovasi mobil listrik besutan masing-masing yang akan dipasarkan di tanah air.

Salah satu pabrikan yang memamerkan cukup banyak mobil listrik yaitu Toyota melalui ToyotaAstra Motor (TAM).

Melansir Kompas.com, terpantau bahwa sejumlah kendaraan listrik yang ditampilkan oleh Toyota di antaranya Prius PHEV dan mobil listrik mungil COMS serta C+Pod.

Tak mau kalah memamerkan mobil listrik berukuran mini, pabrikan asal Tiongkok yakni Wuling diketahui juga menghadirkan mobil listrik mini besutan mereka yaitu Wuling GSEV yang kabarnya akan dipasarkan mulai tahun 2022 dan menyasar konsumen muda.

Satu kendaraan listrik yang tak kalah menarik perhatian karena kebetulan dijajal langsung oleh Presiden Jokowi pada hari Rabu (17/11) kemarin adalah mobil listrik besutan Mitsubishi Motors, yaitu Minicab-MiEV.

Hadir dengan konsep van mungil nan minimalis berkelir putih, alih-alih difungsikan sebagai mobil penumpang kendaraan listrik ini justru diperuntukkan sebagai armada untuk keperluan logistik.

Selain deretan mobil listrik di atas, tentu masih banyak sejumlah mobil listrik lain yang masing-masing menawarkan sejumlah keunggulan baik di kelas menengah atau eksklusif, untuk kendaraan berpenumpang atau mobilitas sederhana.

Mulai dari Nissan Leaf yang memang dipasarkan untuk konsumen di tanah air hingga LF-30 Electrified Concept dengan desain futuristik dan mewah garapan Lexus, yang jelas kesan untuk dapat menikmati pesona sejumlah mobil yang dipamerkan dalam gelaran GIIAS 2021 lebih dapat dirasakan jika para peminat otomotif datang ke pameran tersebut secara langsung.

Kendaraan Listrik Terus Digencarkan, Mobil Tesla Mulai Dijual di eCommerce Lokal

Partisipan lain dan detail pelaksanaan

GIIAS 2021
info gambar

Selain diisi oleh berbagai pabrikan otomotif, sejumlah stan yang berada di GIIAS 2021 juga diramaikan oleh sejumlah penyedia layanan yang berhubungan dengan kebutuhan otomotif, khususnya bagi para pengunjung yang memang datang dengan tujuan untuk melakukan pembelian kendaraan tertentu, salah satunya Astra Financial yang menghadirkan jaminan asuransi kendaraan yaitu Garda Oto.

Berdasarkan keterangan Iwan Pranoto, selaku Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra, kedatangan pihaknya dalam pameran GIIAS 2021 bertujuan untuk memberikan jaminan dan pengamanan bagi para peminat otomotif yang kebetulan mendapatkan kendaraan yang telah lama diimpikan lewat pameran tersebut.

“Setelah mendapatkan mobil yang diimpikan, sayang apabila tidak dilengkapi dengan perlindungan asuransi. Garda Oto menawarkan perlindungan menyeluruh yang dapat menjadi pelengkap kenyamanan saat berkendara…” ujar Iwan.

Bicara mengenai detail pelaksanaan terkait situasi pandemi yang masih dalam pengawasan, sejumlah protokol ketat tentu telah ditetapkan. Salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi adalah pengunjung diharuskan telah mendapatkan vaksin dosis lengkap untuk dapat masuk ke dalam pameran.

Lain itu mengenai prosedur, GAIKINDO menerapkan bahwa kehadiran pengunjung dibagi ke dalam tiga sesi setiap harinya selama pelaksanaan yang berlangsung sejak tanggal 11-21 November.

Di sisa pelaksanaan GIIAS 2021 yang akan terselenggara kurang lebih selama tiga hari lagi, pengunjung dapat mengeskplor berbagai jenis kendaraan yang dipamerkan dengan membayar tiket masuk sebesar Rp50 ribu untuk hari biasa, dan Rp100 ribu untuk akhir pekan yang hanya dijual secara online melalui laman resmi atau aplikasi GIIAS Auto360.

KTM 250 Adventure dan Duke 200 Rakitan Gresik Siap Ramaikan Pasar Otomotif Tanah Air

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini