Mengenal Mobil Hyundai Pertama 'Made in Indonesia'

Mengenal Mobil Hyundai Pertama 'Made in Indonesia'
info gambar utama

Di hari pembukaan pameran otomotif bergengsi GIIASS 2021, sebuah kejutan muncul di panggung Hyundai. Pabrikan mobil asal Korea Selatan ini menampilkan mobil jenis compact crossover, yakni Hyundai Creta. Selain tampilan mobilnya sendiri yang memang keren, yang membuat mobil ini begitu istimewa adalah produksinya.

Mobil itu diproduksi pabrik Hyundai di Karawang, Indonesia, yang mulai dibangun pada akhir 2019. Sehingga bisa dikatakan bahwa Hyundai Creta ini adalah murni mobil pertama buatan Hyundai Indonesia yang diracik manufaktur Indonesia.

Pihak Hyundai Indonesia mengkonfirmasi bahwa memang Creta adalah mobil buatan Indonesia, untuk konsumen Indonesia. Hyundai Creta produksi Cikarang ini juga akan menjadi mobil pertama yang diekspor ke luar negeri.

Mungkin sebagian dari kita bertanya-tanya, apa sebenarnya arti dari Creta? Pengucapan Creta bisa disamakan dengan mengucap 'kereta', namun benarnya artinya benar-benar Kereta? Dikutip dari Kompas.com, Erwin Djajadiputra, Sales Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengatakan, nama Creta memang memiliki arti yang sangat luas. Misalnya di Malaysia, kata kereta memiliki arti sebagai mobil.

Gambar dari hhyundai.com/id
info gambar

"Kita memang sudah memberikan nama ini saat development pertama kali. Selain itu kalau di Indonesia, memang mirip dengan kereta pengucapannya. Tapi Creta di sini punya makna dalam, yakni kendaraan untuk keluarga," ucapnya di arena GIIAS 2021.

Chief Operating Officer PT HMID, Makmur, mengatakan bahwa kalau diartikan memang agak susah, karena masing-masing negara punya arti dari kata Creta ini.

"Cuma kalau kita lihat, Creta itu global name dan sudah sukses di negara lain. Makanya kita memakai nama tersebut," ucap Makmur.

Salah satu ciri khas Hyundai Creta terbaru ini ialah memiliki wajah yang sporty mirip dengan Hyundai Tucson, tipe compact SUV yang ukurannya lebih besar. Hyundai sendiri dikenal dengan desain kisi-kisi (grille) yang dinamakan Parametric Jewel Grille di varian Creta.

Salah satu ciri khasnya lewat lampu DRL LED yang sembunyi, uniknya akan terlihat menyatu dengan grille saat lampu dimatikan.

Gambar dari hyundai.com/id
info gambar

Salah satu fitur di mobil ini yang cukup menarik perhatian adalah Bluelink, yang memungkinkan para pemiliknya selalu terhubung dengan mobil mereka melalui smartphone.

Fitur ini memiliki akses penuh ke semua fitur-fitur esensial pada mobil Hyundai Creta, misalnya seperti mengetahui kondisi kendaraan secara real-time, menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka kunci pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, untuk mengetahui di mana kendaraan diparkir.

Pemilik juga akan dapat memperoleh akses ke berbagai fitur canggih, seperti Stolen Vehicle Notification & Stolen Vehicle Tracking yang akan beroperasi saat upaya pencurian berlangsung.

Gambar dari Hyundai.com/id
info gambar

Dari sisi dapur pacu, Hyundai Creta dilengkapi dengan mesin bensin Smartstream 1.5L, mesin khusus yang dikembangkan sendiri oleh Hyundai, yang dilengkapi dengan sistem transmisi manual 6-percepatan atau Intelligent Variable Transmission (IVT) yang memungkinkan mobil ini memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan secara bersamaan memberikan performa berkendara yang lebih mulus dan responsif.

Teknologi tersebut memungkinkan CRETA mencapai tenaga maksimum hingga 115 PS di kitiran 6.300 rpm dengan torsi maksimum hingga 143,8 Nm/4.500 rpm.

Sumber-sumber:

suara.com. 2021. Hyundai Creta, Produk Pertama Hyundai yang Dibuat di Indonesia. [online] Available at: [Accessed 19 November 2021].

Media, K., 2021. Ini Arti dari Nama Hyundai Creta yang Baru Dirilis di Indonesia. [online] KOMPAS.com. Available at: [Accessed 19 November 2021].

Samsudin, B., 2021. Jadi Produksi Pertama, Mobil Hyundai Creta 'Made In Cikarang' Juga Akan Diekspor - 103.8 FM Brava Radio. [online] 103.8 FM Brava Radio. Available at: [Accessed 19 November 2021].

Otomotif Sindonews 2021. (online) at: [Accessed 19 November 2021].

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

AH
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini