Sudah Pernah Coba? Ini Dia 5 Makanan Viral Saat Pandemi

Sudah Pernah Coba? Ini Dia 5 Makanan Viral Saat Pandemi
info gambar utama

Penulis: Anisa Fitri Maulida

Sejak menyebarnya COVID-19, pemerintah membuat berbagai macam program guna mengurangi penyebaran virus tersebut. Salah satu program yang sampai saat ini masih dijalankan oleh sebagian orang adalah work from home (WFH) atau study from home (SFH). Program tersebut menuntut masyarakat untuk bekerja atau belajar di rumah guna menghindari kontak di tempat-tempat ramai, seperti kantor dan sekolah.

Namun, adanya WFH atau SFH ini tidak menghalangi masyarakat untuk terus berkreasi. Terbukti dengan banyaknya konten-konten viral yang menyebar di media sosial. Salah satunya konten makanan.

Konten makanan tersebut pada awalnya disebarkan oleh salah satu warganet di media sosial, menyebar, dan sampai di tangan warganet lainnya. Tampilannya yang menarik serta rasa yang enak, membuat konten makanan tersebut diikuti oleh banyak orang.

Tidak hanya sampai sana, bahkan ada beberapa makanan yang akhirnya masuk ke dalam menu di cafe dan juga restoran. Lantas, apa saja makanan viral pada masa pandemi? Berikut daftarnya.

1. Permen Dalgona

Permen Dalgona (Sumber: Netflix)
info gambar

Para penonton film "Squid Game" pasti tahu permen yang fenomenal ini. Dalgona candy atau permen dalgona sendiri merupakan jajanan tradisional asal Korea Selatan yang terbuat dari gula putih yang dibakar.

Walaupun disebut sebagai jajanan tradisional, tetapi permen berwarna cokelat ini kembali dikenal tidak hanya oleh warga Korea Selatan saja. Namun, hingga ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Viral-nya film asal Korea Selatan, "Squid Game" menjadi asal muasal keberadaan permen dalgona yang mendunia itu. Bahkan, masyarakat yang mengetahuinya mencoba untuk membuat dan memakannya ala skenario dari "Squid Game".

Untuk Kawan yang penasaran dengan permen dalgona dan ingin membuatnya sendiri, Kawan bisa langsung menyediakan gula putih, soda kue, sumpit, wajan kecil, kompor, dan juga cetakan. Cara buatnya sangat mudah. Dilansir dari Fimela, Kawan bisa masukan gula putih ke dalam wajan kecil, dibakar menggunakan api dan aduk hingga meleleh.

Setelah berubah warna, masukan soda kue sebari di aduk hingga kembali berubah warna menjadi karamel. Lalu, letakan di atas plastik lalu pipihkan dan ditekan menggunakan cetakan. Tunggu dingin dan Permen Dalgona siap dimakan. Mudah, bukan?

Alasan Mengapa Toprak Razgatlioglu Wajib Coba Makan Ketoprak

2. Croffle

Croffle (Sumber: Freepik)
info gambar

Croffle atau kepanjangan dari croissant and waffle menjadi viral di media sosial. Sesuai dengan namanya, croffle merupakan roti croissant yang di-press menggunakan mesin pembuat waffle.

Faktanya dilansir dari IDN Times, keberadaan croffle sebenarnya sudah ada sejak lama yaitu pada tahun 2017 yang dibuat oleh chef cafe La Petite Boulangerie. Namun, croffle baru viral pada tahun 2021 sebagai camilan dan makanan yang cocok untuk sarapan.

Bahkan sampai saat ini, minat masyarakat terutama anak muda masih cukup tinggi. Terbukti dari beberapa coffee shop mulai memasukan croffle ke dalam menu mereka.

3. Tahu Walik

Tahu walik aci | Foto: resepnonmsg
info gambar

Mirip dengan bakso, tahu walik menjadi viral karena bentuknya yang unik. Berbeda dengan tahu pada umumnya, camilan khas Banyuwangi ini dikenal karena teksturnya yang kenyal dan terdaoat aci di dalamnya.

Tidak hanya bentuknya yang unik dengan rasa yang menggugah selera, tahu walik yang viral ini dapat dimasak sendiri dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan. Jika Kawan akan membuat tahu walik, jangan lupa juga untuk membuat sambalnya.

Sebab makan tahu walik rasanya tidak lengkap bila tidak menggunakan sambal pedas manis sebagai cocolannya. Kawan malas untuk membuatnya? Jangan risau, camilan ini dapat Kawan cari di aplikasi pesan makan online.

Serba-Serbi Sipebi, Aplikasi Penyunting Ejaan Bahasa Indonesia

4. Nasi Mentai

Lezatnya nasi mentai | Foto: masak apa hari ini
info gambar

Saat ini menu yang menggunakan bahan mentai tengah viral di media sosial. Salah satunya nasi mentai yang dinilai sebagai makanan mewah, tetapi bahan yang digunakan sangat terjangkau.

Nasi mentai disebut sebagai menu penyelamat di akhir bulan bagi para anak muda yang ingin menu makanan seperti di restoran Jepang. Membuatnya pun sangat mudah ,loh.

Kawan bisa menyiapkan nasi dengan toping seperti ayam katsu dan lainnya, nori atau rumput laut, kecap asin, serta bahan untuk membuat saus mentai seperti mayones, saus sambal, dan saus tomat.

Untuk cara memasaknya, Kawan bisa memasukkan nasi, nori, toping, dan dicampurkan bersama dengan kecap asin. Lalu, masukkan ke dalam wadah anti panas dan bubuhkan saus mentai yang sudah dicampur mayones, saus sambal, dan saus tomat.

Setelah itu, Kawan membutuhkan oven atau pembakar untuk memasak Nasi Mentai. Kawan bisa memasaknya sekitar 10 hingga 20 menit lalu disajikan.

Sejarah Perjanjian Giyanti, Membagi Tanah Jawa menjadi Dua

5. Papeda

Papeda | Foto: selerasa
info gambar

Satu lagi makanan khas yang kembali viral. Kali ini, berasal dari Maluku dan Papua. Papeda namanya. Dilansir dari Kompas, papeda merupakan makanan pokok pengganti nasi oleh sebagian masyarakat Maluku dan Papua sebagai sumber karbohidrat.

Papeda terbuat dari tepung sagu dan dimakan dengan cara yang sangat unik. Diputar-putar menggunakan dua kayu sumpit hingga membentuk sebuah buntalan sebelum dimakan.

Meski rasanya hambar, papeda biasanya disajikan dengan lauk pendamping. Lauk yang digunakan adalah Ikan Kuah Kuning. Namun, jika Kawan tidak menyukainya, Kawan bisa menggunakan lauk yang lain.

Dari kelima makanan yang disebutkan di atas, apakah Kawan sudah mencoba salah satunya? Atau bahkan sudah mulai berencana untuk mencobanya? Menu-menu viral di atas sudah bisa Kawan cari di beberapa platform pemesanan makanan, kok.

Namun, tidak ada salahnya juga jika Kawan ingin memasaknya sendiri mengingat hampir semua menu di atas memiliki cara masak yang mudah. Selamat mencoba, Kawan!

Referensi: Kompas | Fimela | IDN Times

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini