Pulau Bawah, Resor Mewah dengan Akses Ekslusif di Kepulauan Anambas

Pulau Bawah, Resor Mewah dengan Akses Ekslusif di Kepulauan Anambas
info gambar utama

Kepulauan Anambas merupakan kabupaten yang berada di Provinsi Kepulauan Riau. Meski namanya belum sepopuler Bali atau Labuan Bajo, Anambas ternyata memiliki pesona alam yang menakjubkan. Kepulauan ini terdiri dari 255 pulau kecil yang sebagian besarnya tidak berpenghuni.

Anambas termasuk salah satu pulau eksotis yang menawarkan keindahan alam yang beragam, mulai dari hamparan pasir putih, air laut yang jernih, kawasan pantai yang bersih, keragaman biota laut, hingga suasana yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk.

Kepulauan ini memiliki sebuah kawasan elite yang dikenal hanya bisa dikunjungi oleh kaum crazy rich, yaitu Bawah Reserve atau dikenal juga dengan sebutan Pulau Bawah. Sebenarnya Bawah sendiri merupakan komplek resor yang memiliki perpaduan antara penginapan mewah, kawasan konservasi laut, hutan tropis yang rimbun, dan pemandangan laut yang luar biasa.

Bawah Reserve berjarak 300 kilometer dari Singapura dan merupakan akomodasi yang menyediakan layanan dan fasilitas kelas dunia. Kawasan Pulau Bawah pun sangat ekslusif sehingga tak sembarang orang bisa masuk ke area tersebut kecuali pengunjung dan pekerja resor.

Untuk wisatawan yang tidak menginap di Pulau Bawah, bisa menikmati perairan empat pulau di sekelilingnya secara cuma-cuma. Di antaranya ada Pulau Sanggah, Murbah, Lidi, dan Elang.

Telunas Beach Resort, Penginapan Mewah Bernuansa Alami di Kepulauan Riau

Resor dengan akses ekslusif

Untuk mencapai Bawah Reserve, perjalanan bisa dimulai dari Bandar Udara Hang Nadim di Kota Batam. Dari sana, tamu akan dijemput oleh pihak resor untuk melanjutkan perjalanan udara dengan menggunakan pesawat amfibi milik resort. Pesawat dengan kapasitas 10 orang ini akan terbang sekitar 80 menit dan selama perjalanan pengunjung bisa menikmati pemandangan pulau-pulau kecil di laut Natuna.

Bawah Reserve dibangun di kawasan konservasi dan terdiri dari enam pulau dengan pemandangan memesona. Di sana juga terdapat 13 pantai dan tiga laguna alami. Di sekeliling resor terdapat 100 hektare hutan hujan yang rimbun dengan tanaman-tanaman tropis yang membuat suasananya semakin asri dan menyegarkan.

Sesampainya di resor, tamu bisa melihat kawasan Pulau Bawah yang didesain dengan konsep melebur dengan alam. Dilansir Destinasian.co.id, Sang arsitek, Sim Boon Yang dari firma Eco-ID asal Singapura merancang Bawah Reserve dengan keseluruhan bangunan supaya bisa beradaptasi dengan lanskap alami pulau. Komplek resor ini pun dibangun tanpa alat berat supaya tidak merusak ekologi pulau. Ciri khas resor ini adalah seluruh bangunan kamar dibangun dari kayu dan bambu.

Selama menikmati liburan di Pulau Bawah, para tamu bisa menjelajahi kawasan resor, menyelam, hiking, mengikuti kelas memasak, yoga, berenang, dan kegiatan lain kecuali memancing dan menangkap ikan dengan cara apapun demi menjaga kelestarian alam.

Sensasi Liburan Mewah Ala Sultan di Bintan, Kepulauan Riau

Fasilitas mewah Pulau Bawah

Pulau Bawah memiliki 35 bungalo dengan tipe berbeda, yaitu Garden Suite yang berada di dekat pantai, Beach Suite yang berada di tepi pantai dengan tenda glamping, serta Overwater Bungalow yang dibangun di atas air dangkal dengan akses langsung ke laut dan memiliki ruang berjemur pribadi.

Di setiap kamar telah dilengkapi dengan fasilitas bathtub, mesin peracik kopi dan teh, pendingin udara, balkon, brankas, alat mandi, kulkas, pengering rambut, dan koneksi internet nirkabel. Setiap kamar telah dirancang dengan jarak yang tidak terlalu berdekatan untuk menjaga privasi para tamu.

Pihak resor pun telah menyediakan buggy yang bisa digunakan pengunjung untuk menuju fasilitas milik resor seperti Aura Wellness Center, Grooper Bar dan Treetop Restaurant, Boat House, dan jetty bercabang dua yang ikonik di Pulau Bawah.

Fasilitas lain di resor ini antara lain ruang permainan, kolam renang, pusat kebugaran, restoran, bar, layanan kamar, perpustakaan, lapangan tenis, dan aneka kegiatan hiburan seperti menyelam, mendaki, bermain kano, bersantai di pantai privat, dan bermain paddleboard. Tamu juga bisa berkeliling pulau-pulau di sekitar dengan naik perahu.

Soal makanan, di resor ini ada restoran utama yaitu Treetops yang menyediakan sarapan dan makan malam. Untuk makan siang, ada restoran lain yaitu Boat House yang berada di tepi pantai. Menu-menu makanan di kedua restoran terdiri dari menu internasional dan lokal seperti nasi goreng, bubur ayam, dan sate.

Untuk menginap di resor ini, siapkan kocek sebesar Rp25 juta per malam untuk tipe kamar Garden Suite, Rp30 juta untuk Beach Suite, Rp36 juta untuk tipe Overwater Bungalow, dan Rp132 juta untuk tipe kamar Four-bedroom Infinity Pool Villa.

Harga tersebut sudah termasuk tiga kali makan dalam sehari, aktivitas air dan darat, perawatan di Aura Wellness Center setiap hari, layanan penatu, dan kelas-kelas di Aura.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini