Peringkat BWF Desember 2021: Tidak ada Satupun Pemain China di Peringkat 1

Peringkat BWF Desember 2021: Tidak ada Satupun Pemain China di Peringkat 1
info gambar utama

Kejuaraan bulu tangkis BWF World Tour Finals 2021 yang dihelat di Bali tuntas dilaksanakan. Selesainya turnamen tersebut menandai berakhirnya rangkaian kejuaraan World Tour di tahun 2021.

Ada catatan menarik pasca World Tour Finals, di mana satu-satunya sisa wakil China yang menempati peringkat teratas harus terkudeta.

Seusai menjadi kampiun World Tour Finals 2021, bintang Thailand, Dechapol Puavaranukroh-Sapsiree Taeratanachai berhasil menyalip Zheng Siwei-Huang Yaqong di peringkat 1 sektor ganda campuran.

Berdasarkan ranking terbaru yang dirilis Federasi Bulu Tangkis dunia (BWF) Selasa (7/12), poin pasangan Thailand ini tercatat 112.456 atau unggul 1.654 poin dari Siwei-Yaqiong yang mencatat 110.802 poin.

Maka untuk pertama kalinya sejak 2018, Siwei-Yaqiong harus rela tergusur dari peringkat 1. Di mana berkat performanya yang mentereng, pasangan China ini sempat "mustahil" terkejar oleh para rivalnya.

Peringkat BWF terbaru sektor ganda campuran | GoodStats
info gambar

Dengan demikian, Dechapol-Sapsiree secara tidak langsung berhasil meruntuhkan dominasi China di sektor ganda campuran. Keberhasilan pasangan Dechapol-Sapsiree memperbaiki peringkatnya ke ranking teratas tergolong tidak instan alias butuh proses yang panjang.

Raihan gelar juara pasangan asal Thailand tersebut pada tahun ini dapat dikatakan cukup melimpah termasuk memenangkan gelar BWF World Tour Finals sebanyak dua kali berturut-turut (2020 dan 2021).

Lalu, Dechapol-Sapsiree juga berhasil memborong gelar 2 juara dalam rangkaian Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021, yaitu Indonesia Masters 2021 dan Indonesia Open 2021.

Dengan tergesernya Siwei-Yaqiong di dari pucuk ganda putra, maka saat ini tidak ada satupun wakil China yang menempati peringkat 1. Padahal, selama kurun waktu 2010-2020 China selalu konsisten menempatkan wakilnya di peringkat 1.

Bahkan, per 9 Agustus 2012 usai menyapu bersih medali emas Olimpiade London 2012, Semua peringkat 1 di masing-masing sektor diisi oleh wakil China. Di mana tunggal putra diisi Lin Dan, tunggal putri diisi Wang Yihan, ganda putra diisi Cai Yun-Fu Haifeng, ganda putri diisi Wang Xiaoli Yu Yang, dan ganda campuran diisi Zhang Nan-Zhao Yunlai.

Terkudetanya Siwei-Yaqoing juga menjadi penanda runtuhnya dominasi China dalam peta persaingan peringkat 1 bulu tangkis dunia. Sekaligus membuat persaingan bulu tangkis lebih kompetetif karena tidak hanya didominasi oleh satu negara.

4 Tahun Berkuasa, Marcus-Kevin Catat Rekor Ganda Putra Peringkat 1 Terlama 

Peringkat pemain Indonesia di 10 besar

Hasil World Tour Finals 2021 nampaknya belum berpihak ke Indonesia. Sebagai tuan rumah, Indonesia justru gagal mengamankan gelar usai satu-satunya wakil Indonesia di final, Kevin Sanjaya Sukamuljo-Marcus Fernaldi Gideon (The Minions) takluk dari pasangan Jepang yang tengah on fire, Takuro Hoki-Yugo Kobayashi.

The Minions dipaksa bertekuk lutut dihadapam publik sendiri lewat pertarungan sengit rubber game dengan skor 16-21 21-13 17-21. Atas hasil ini, pasangan Jepang berhak atas tambahan 12.000 poin di mana peringkat mereka langsung melesat naik 2 strip dari peringkat 6 ke peringkat 4.

Meski gagal merengkuh gelar World Tour Finals 2021, The Minions terpantau masih kokoh di puncak, merajai peringkat ganda dengan 111.827 poin. Koleksi poin The Minions bahkan menjadi yang terbanyak di antara para pemuncak peringkat dari berbagai nomor. Kekalahan di babak final World Tour Finals 2021 rasanya tak terlalu mempengaruhi perolehan poin The Minions.

Di tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting masih tertahan di peringkat 5, sementara Jonathan Christie harus turun ke peringkat 8 usai tersalip bintang muda Malaysia, Lee Zee Jia.

Senasib dengan tunggal putra, ganda campuran Indonesia juga belum menunjukan progres perbaikan peringkat usai mendulang hasil kurang maksimal di World Tour Finals 2021.

Adapun Greysia-Apriyani, yang mendapat tambahan poin cukup banyak usai menjadi semifinalist World Tour Finals 2021 masih belum beranjak dari posisi 6 dengan koleksi 96.375 poin. Kendati demikian, selisih poin dengan pesain terdekatnya (Mayu Matsumoto-Wakana Nagahara) di peringkat ke-5 mampu terpangkas dari 2.108 poin menjadi hanya 308 poin saja.

Top 10 BWF World Team Rankings, Berapa Peringkat Indonesia?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini