Mengenal Kriminologi, Jurusan Kuliah Unik di Indonesia

Mengenal Kriminologi, Jurusan Kuliah Unik di Indonesia
info gambar utama

Apabila Kawan hobi membaca atau menonton kisah-kisah Sherlock Holmes, membaca buku-buku karangan penyair terkemuka Agatha Christie dengan genre misteriusnya yang khas, atau hobi menonton serial detektif di televisi? mungkin Kawan akan tertarik dengan jurusan kuliah yang satu ini.

Mari berkenalan dengan jurusan Kriminologi. Mengutip dari IDN Times, Kriminologi berasal dari kata crimen yang berarti kejahatan dan logos yang berarti ilmu. Jika diartikan, Kriminologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tindak kriminal dan mencari cara untuk mengatasi kriminalitas tersebut. Namun, tidak hanya mempelajari kejahatan, jurusan ini juga mempelajari disiplin ilmu lainnya. Seperti psikologi, ilmu hukum, ilmu sosiologi, ilmu politik, juga ilmu jurnalistik.

Melansir dari Rencanamu ID, jurusan Kriminologi juga akan melihat suatu tindak kriminal dari aspek psikologis pelaku juga korban, ilmu ini juga akan melihat bagaimana lingkungan sekitar dan interaksi dengan keluarga juga masyarakat turut mempengaruhi tindak kriminal tersebut.

Dari aspek hukum, nantinya ilmu ini dapat menganalisis berbagai pelanggaran hukum serta pasal-pasal apa saja yang dilanggar. Di antaranya mata kuliah yang akan dipelajari seperti Sosiologi Perilaku Menyimpang, Strategi Pencegahan Kejahatan, Jurnalistik Investigasi, Psikologi Kriminal, Analisa Resiko Kejahatan, dan masih banyak lagi. Wah, jurusan yang menantang dan seru ya!

Langka, jurusan Kriminologi hanya ada di 3 kampus Indonesia

Suka menonton film detektif atau hobi memecahkan misteri? Mungkin Kawan berminat berkuliah di jurusan Kriminologi. | Sumber: Pch.vector/Freepik
info gambar

Uniknya, jurusan Kriminologi termasuk jurusan yang langka lo di Indonesia. Sejauh ini hanya ada tiga kampus saja yang mengadakan program studi Kriminologi. Melansir dari Indonesia College, terdapat Universitas Indonesia yang disebut-sebut menjadi pelopor kajian Kriminologi di Indonesia.

Program studi Kriminologi ini berada di dalam naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Indonesia sendiri membuka program studi Kriminologi untuk 3 jenjang pendidikan yaitu untuk S1, S2 dan S3. Pada jenjang S1, terdapat tiga konsentrasi yang dapat dipilih oleh mahasiswa, di antaranya adalah Jurnalistik, Penegakan Hukum dan kejahatan Transnasional.

Sama-sama berada di dalam naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, program studi Kriminologi juga terdapat di Universitas Budi Luhur. Berbeda dengan Universitas Indonesia, Universitas Budi Luhur hanya menyediakan untuk jenjang pendidikan S1 saja. Terdapat dua peminatan yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yaitu Kejahatan Siber dan Jurnalistik Kriminal.

Terakhir, program studi Kriminologi juga terdapat di Universitas Islam Riau. Sama seperti kedua kampus sebelumnya, jurusan ini berada di dalam naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan diperuntukan untuk jenjang pendidikan S1 saja. Universitas Islam Riau menjadi satu-satunya kampus di pulau Sumatera yang memiliki program studi Kriminologi lo!

Jurusan yang masih langka sekali di Indonesia ini ternyata memiliki peluang kerja yang luas lo Kawan. Merangkum dari Rencanamu ID, profesi Kriminolog masih sangat jarang sekali di Indonesia. Padahal lulusan jurusan Kriminologi merupakan salah satu sumber daya manusia yang akan sangat diperlukan.

Prospek kerja lulusan Kriminologi bisa terdapat di bidang lembaga penegak keadilan seperti kejaksaan dan kepolisian, Kawan juga dapat berkesempatan berkarir di Komisi Pemberantas Korupsi (KPK) lo.

Disebabkan ilmu yang dipelajari sangat beragam saat berkuliah di program studi Kriminologi, kesempatan ini juga dapat mengantarkan Kawan menjadi jurnalis investigasi yang bisa melakukan in-depth reporting. Kawan dapat menyajikan laporan berita mendalam mengenai suatu isu tertentu.

Sebagai tambahan dirangkum dari Aku Pintar ID, alumni jurusan Kriminologi UI banyak yang meniti karir menjadi staf ahli BNN, Komnas HAM, dan lainnya. Ada juga yang menjadi Kriminolog, Analisis Intelijen, Spesialis Manajemen Keamanan, ataupun Analisis Data. Bagaimana? Kawan tertarik berkuliah di jurusan Kriminologi?

Referensi: Rencanamu ID | IDN Times | Indonesia College | Aku Pintar ID

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini