Gelaran Perdana Indonesian Music Awards 2021 Raup Antusias hingga 12 Juta Pemilih

Gelaran Perdana Indonesian Music Awards 2021 Raup Antusias hingga 12 Juta Pemilih
info gambar utama

Pertama kalinya pada tahun 2021, Langit Musik sebagai bagian dari PT Melon Indonesia berkolaborasi dengan Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) menggelar sebuah acara penghargaan bertajuk Indonesian Music Awards (IMA) yang diperuntukkan bagi para musisi kebanggaan Tanah Air.

Acara ini diselenggarakan untuk mengapresiasi musisi serta lagu-lagu karya mereka yang diterima serta banyak dinikmati oleh masyarakat Indonesia dalam beberapa kurun waktu ke belakang.

Puncak acara ini telah dihelat pada Senin, 6 Desember 2021 yang disiarkan secara langsung dari Studio RCTI+, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Acara ini dihadiri oleh pemangku kepentingan di industri musik, pihak manajemen dari sejumlah label musik ternama tanah air, dan juga para musisi. Sejumlah musisi papan atas yang bahkan tidak masuk dalam nominasi turut hadir meramaikan penyelenggaraan IMA 2021.

Sebanyak 12 kategori nominasi menghiasi acara IMA 2021. Masing-masing kategori memiliki 5 nominasi. Proses seleksi nominasi ditentukan berdasarkan data lagu dan penyanyi populer di Langit Musik dalam periode waktu 2020 hingga 2021. Kemudian, 10 data terbaik dikumpulkan untuk dianalisis kembali oleh tim penilai dan dikerucutkan hingga menjadi 5 nominasi terpilih.

Pemilihan pemenang penghargaan IMA 2021 kemudian ditentukan berdasarkan jumlah voting. Pelaksanaan voting nominasi IMA 2021 dibuka secara umum bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kontribusi masyarakat penggemar musik di Indonesia melalui voting menjadi penilaian utama dalam menentukan para jawara dari masing-masing kategori IMA 2021.

Antusias masyarakat penggemar musik Indonesia membludak sejak dibukanya periode voting pada tanggal 12 November 2021 hingga 29 November 2021.

"Saat ditutup tanggal 29 November kemarin jumlah vote sangat luar biasa hingga menembus lebih dari 12 juta. Hasilnya sudah kami serahkan ke auditor independen untuk digabungkan juga dengan RCTI." tutur Dedi Suherman, CEO PT Melon Indonesia dikutip dari CNN Indonesia.

Berdasarkan data di Langit Musik, 9,2 juta dari total 12 juta lebih pemilih merupakan perolehan hasil vote yang dilakukan masyarakat Indonesia baik melalui situs Langit Musik, sosial media, maupun aplikasi RCTI+ kemudian sisa 3 juta diperoleh dari hasil streaming lagu melalui media Langit Musik.

Industri Musik Indonesia dari Masa ke Masa, Hingga Terbit Royalti

Dipastikan transparan dan objektif

Hasil voting yang sudah terkumpul kemudian diserahkan kepada auditor independen guna memastikan penilaian yang transparan dan objektif. Lebih lanjut, Adib Hidayat selaku Vice President Digital Music PT Melon Indonesia mengklarifikasi kebenaran hal tersebut.

“Mekanisme voting kami buat transparan dan juga dilakukan audit oleh auditor independen sehingga nantinya nama pemenang yang akan diumumkan pada malam puncak IMA 2021 dapat dipertanggungjawabkan keabsahan serta kredibilitasnya.” imbuh beliau.

Tidak hanya pada proses penghitungan voting, bahkan jauh sebelum itu dalam proses seleksi nominasi pada masing-masing kategori terdapat sejumlah metode yang digunakan untuk dapat menyaring para calon nominasi secara objektif dan kredibel.

Pertama, metode Qualitative Reasoningand Adjustment digunakan dalam proses seleksi untuk memastikan nominasi yang terpilih relevan dengan tren dan sirkulasi lagu dalam periode waktu Oktober 2020 hingga Oktober 2021, sebagaimana hal tersebut diungkapkan oleh Head of Asosiasi Music Director Indonesia (AMDI) Prita Prawirohardjo dikutip dari Jawapos.com.

Terakhir, penentuan nominasi dilanjutkan dengan metode Validasi dan Verifikasi bersama AMDI dengan melibatkan sejumlah pengamat musik di Tanah Air.

Digandeng Label Musik Internasional, Weird Genius Kini Sepayung dengan Musisi Kelas Dunia

Daftar pemenang IMA 2021

Adapun para pemenang IMA 2021 berdasarkan masing-masing kategori di antaranya:

  1. Male Singer of the Year: Iwan Fals
  2. Female Singer of the Year: Lesti Kejora
  3. Social Media Artist of the Year: Lesti Kejora
  4. Album of the Year: Lyodra (Lyodra)
  5. Song of the Year: Anneth Delliecia (Mungkin Hari Ini Esok atau Nanti)
  6. New Artist of the Year: Mahalini (Melawan Restu)
  7. Throwback Hits of the Year: Ari Lasso (Hampa)
  8. Top Nada Sambung Pribadi: Lesti Kejora (Kulepas dengan Ikhlas)
  9. Songwriter/Composer of the Year: 3 Composer (Salah Benar)
  10. Duo/Group/Band of the Year: Noah
  11. Alternative Song of the Year: Pamungkas (To The Bone)
  12. Collaboration of the Year: Ungu dan Lesti Kejora (Bismillah Cinta)

Malam puncak IMA 2021 juga diisi dua penghargaan khusus, pertama yakni NSP Creation of The Year (Nada Sambung Pribadi) yang diraih oleh Raysid.

Kemudian ada penghargaan Life Achievement Award yang diperuntukan bagi insan musik Indonesia yang berpengaruh besar bagi kemajuan musik Indonesia.

Di pergelaran perdana ini, terpilihlah nama Glenn Fredly Deviano Latuihamallo sebagai tokoh musik Indonesia yang paling layak menerima Life Achievement Award. Penghargaan ini diterima oleh sang istri, Mutia Ayu dan juga kerabat dari mendiang Glenn Fredly.

Nama Glenn Fredly terpilih karena kiprahnya sebagai musisi dan pencipta lagu yang banyak menciptakan karya berkualitas sehingga menginspirasi banyak orang.

Perkembangan Musik Tradisi, Dewa Budjana: Musisi Etnik Indonesia Tidak Pernah Habis

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Diva Angelia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Diva Angelia.

DA
IA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini