Megahnya 3 Masjid Berikut, Salah Satu Fasilitas Kampus di Indonesia

Megahnya 3 Masjid Berikut, Salah Satu Fasilitas Kampus di Indonesia
info gambar utama

Membicarakan tempat ibadah merupakan hal yang sangat krusial bagi setiap umat. Setiap umat tentu ingin menghadap Tuhan dengan cara yang terbaik, meminta di tempat yang sepantasnya.

Tak heran jika saat ini tempat ibadah, salah satunya adalah masjid, berkembang menjadi lebih luas, lebih megah, dan tentunya tidak kalah indah dengan masjid-masjid terdahulu yang dihiasi oleh corak yang memiliki filosofi tersendiri.

Jika Kawan biasa menemui masjid megah itu di alun-alun, atau di mall. Kali ini Kawan akan menemui masjid yang tak kalah megah dan indah yang merupakan fasilitas dari kampus yang mungkin bisa Kawan kunjungi.

Masjid apa saja ya kira-kira? Mari kita simak!

Masjid Manarul Ilmi ㅡ Institut Teknologi Sepuluh November

Masjid Manarul Ilmi | ITS Website
info gambar

Hijau dan teduh, gambaran ini bisa Kawan dapatkan saat berkunjung ke Masjid Manarul Ilmi, Masjid yang dimiliki oleh Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Bagaimana tidak, Masjid yang dibangun pada tahun 1979 ini berada di tengah hamparan pohon hijau yang sangat menyejukan di tengah Surabaya yang panas.

Selain itu, masjid yang satu ini terbilang unik sebab kubah masjidnya terlihat seperti joglo yang memperlihatkan kesan tradisional ala Jawa. 

Masjid Kampus Universitas Gajah Mada ㅡ Universitas Gajah Mada

Masjid Kampus UGM | Fotodeka
info gambar

Siapa yang tidak kenal dengan UGM? Universitas yang banyak diincar oleh calon mahasiswa ini tidak hanya memiliki nilai dan sistem pembelajaran yang baik, namun fasilitas yang luar biasa.

Salah satunya masjid kampus yang menjadi pusat kegiatan islami bagi para mahasiswa dan juga mahasiswa beragama muslim di UGM.

Tidak hanya megah dengan interior mirip seperti Masjid Nabawi, masjid UGM ini memiliki lahan yang cukup luas sehingga Kawan dapat berkeliling, atau dapat mencari tempat untuk berdiskusi dengan teman lainnya. Jangan khawatir! Masjid ini terbuka untuk umum, kok.

Namun jika Kawan ingin singgah sejenak setelah lelah melakukan aktivitas, hal tersebut bisa Kawan lakukan juga di masjid yang satu ini sebab pemandangannya yang begitu cantik dipenuhi dengan pohon yang telah ditata sedemikian rupa.

Selain itu, ada juga kolam yang terletak di depan masjid yang dapat menenangkan hati. 

Masjid Agung Al-Azhar ㅡ Universitas Al-Azhar Indonesia

Masjid Agung Al-Azhar | Al-Azhar Web
info gambar

Sekarang kita berpindah ke Ibukota tercinta, tepatnya pada Masjid Agung Al-Azhar yang merupakan bagian dari Universitas Al-Azhar.

Serba putih, tinggi,dengan halaman yang sangat luas dan hijau menjadi impresi pertama yang akan Kawan perhatikan saat berkunjung. Tak heran bila masjid ini pernah disebut sebagai masjit terbesar di Jakarta sebelum lahirnya Masjid Istiqlal. 

Bahkan masjid ini disebut sebagai 'Taj Mahal' sebab kubahnya yang berwarna putih dan berbentuk lonjong persis seperti Taj Mahal yang terletak di India yang merupakan salah satu keajaiban dunia.

Jika Kawan masuk ke dalam masjid, Kawan dapat melihat ke langit-langit dan melihat bagian tengah yang terlihat tidak rata dengan yang lainnya. Namun jika Kawan perhatikan lebih dekat, ternyata disana tertulis lafadz Allah dengan jendela-jendela kecil yang dapat memberikan penerangan di dalam masjid.

Kawan juga harus mengetahui bahwasannya masjid ini merupakan masjid dengan predikat modern di Indonesia sebab ada banyaknya fasilitas yang berbeda dengan masjid lain seperti perpustakaan, asrama, ruang kelas, dan lainnya.

Bahkan saat ini, Masjid Al-Azhar sendiri sudah memiliki aplikasi tersendiri untuk memberikan kemudahan bagi para pengunggahnya untuk mengetahui aktivitas masjid, kajian islam, dan informasi lainnya. Sudah mencerminkan masjid modern, 'kan?

Bagaimana Kawan? Semakin tertarik untuk mengunjungi salah satunya? Tak heran ya bila disebut sebagai masjid yang megah. Semoga Kawan bisa mendatangi salah satu, bahkan ketiga masjid tersebut untuk menjadi saksi indahnya Rumah Tuhan, ya!

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini