Warung Siska, Restoran Indonesia di California yang Masuk Daftar Michelin Guide

Warung Siska, Restoran Indonesia di California yang Masuk Daftar Michelin Guide
info gambar utama

Kuliner khas Indonesia kembali berjaya, kabar membanggakan dari bidang satu ini memang tak pernah berhenti datang lewat sejumlah pergerakan yang dilakukan oleh diaspora Indonesia dengan misi untuk memperkenalkan kuliner nusantara ke mata dunia.

Sebenarnya bukan hal yang baru, hampir di berbagai negara minimal memang ada satu-dua diaspora tanah air yang membuka rumah makan atau restoran khas Indonesia dengan ide pembawaan masing-masing.

Tak menampik, keberadaan restoran yang menyuguhkan hidangan khas nusantara di luar negeri terkadang juga tidak dibangun langsung oleh orang asli Indonesia, sehingga hal tersebut masih menjadi tantangan yang seharusnya bisa memunculkan pergerakan lebih besar dari diaspora atau pihak Indonesia sendiri.

Namun, restoran yang belum lama ini mencuri perhatian terlihat lebih istimewa karena selain dihadirkan oleh orang Indonesia langsung, keberadaannya juga diakui sebagai restoran Indonesia terbaik oleh Michelin Guide, yaitu Warung Siska.

Koral Restaurant Bali Raih Penghargaan Restoran Terindah di Dunia

Hadirkan konsep ‘warung’ di Redwood City, California

Baru dibuka pada pertengahan tahun 2021 tepatnya di bulan Juli, restoran yang secara penuh menyajikan hidangan asli Indonesia ini diinisiasi oleh chef Siska Silitonga bersama Evan Lim dan Anne Le Ziblatt.

Siska dan Ervan merupakan penduduk asli Jakarta, sementara Anne adalah sosok yang pernah tinggal di Jakarta sebagai pengungsi dari kejadian perang Vietnam namun sudah memiliki pengalaman dalam memperluas kuliner Vietnam ke mata dunia, sehingga bekerja sama dengan Siska dan Ervan untuk memperkenalkan kuliner Indonesia agar mendapatkan kesempatan yang sama.

Kehadiran Warung Siska disebut terinspirasi dari budaya “warung” Indonesia yang memiliki tampilan berupa rumah makan di pinggir jalan kecil yang menawarkan berbagai macam masakan rumahan dengan harga yang murah.

Menurut Ervan Warung Siska adalah sebuah rumah makan yang tidak hanya sekedar menyuguhkan santapan Indonesia tetapi juga membuat pengunjung mengenal ciri khas ‘warung’ yang dimiliki Indonesia.

“Kita mau bikin warung bukan hanya karena supaya lebih mudah didekati oleh pelanggan, tapi warung ini juga akan membuat para pelanggan punya rasa penasaran terlebih bagi mereka yang tidak mengerti mengenai istilah satu ini, jadi sedikit jendela mengenai seni dari budayanya” jelas Ervan, mengutip VOA Indonesia.

Di lain sisi, Siska yang menghabiskan masa kecil di Jakarta disebut memulai perjalanannya sebagai seorang juru masak dengan mengikuti jejak sang ibu yang memiliki bisnis katering, dan juga pernah bekerja pada sebuah restoran.

Sebelum mendapat kesempatan untuk membuka rumah makan kali ini, dirinya diketahui lebih dulu memperkenalkan hidangan nusantara dengan menghadirkan ChiliCali yang merupakan olahan sambal dan bumbu dengan rempah khas Indonesia dan pengenalan hidangan dengan konsep pop-up store.

“enggak buka restoran karena gak ada uang ya, akhirnya baru terpikir gimana kalau aku bikin pop-up karena lagi nge-tren sekitar tujuh tahun yang lalu,” terang Siska.

Menilik Resep Sukses Restoran Indonesia di Luar Negeri

Bersanding dengan 10 restoran Indonesia terbaik dunia versi Michelin Guide

Dalam keberlangsungannya, Siska menjelaskan bahwa Warung Siska menyuguhkan menu dengan prinsip seasonal, yang artinya disesuaikan dengan ketersediaan bahan di negara tersebut, namun bagaimana caranya agar bahan yang tersedia bisa tetap menghasilkan hidangan yang 100 persen menyuguhkan cita rasa Indonesia.

Sampai saat ini, beberapa menu yang disuguhkan oleh Warung Siska terdiri dari makanan dan minuman ringan seperti lemper, rujak, bakwan, otak-otak, dan es cendol. Sementara itu untuk makanan beratnya mereka mengandalkan menu sate ayam, ikan gohu khas ternate, bebek betutu, dan masih banyak lagi.

Menariknya, hanya berselang dua bulan sejak pembukaan Warung Siska langsung masuk daftar Michelin Guide 2021 sebagai restoran Indonesia terbaik di dunia dan bersanding dengan 10 restoran lainnya di sejumlah negara, yang rata-rata dihadirkan bukan oleh orang asli Indonesia, sebut saja restoran Wayan yang berada di New York.

Lain itu, Siska juga memastikan jika menu yang disajikan pada rumah makannya murni 100 persen hidangan Indonesia, bukan hidangan fusion (perpaduan) Asia seperti hidangan yang selama ini banyak disuguhkan rumah makan Asia atau Indonesia di berbagai negara.

“Masakan Indonesia itu ternyata setara dengan masakan Prancis, dengan masakan Italia. Masakan kita itu sangat enak, harusnya bisa menjadi masakan yang sangat disukai oleh masyarakat Amerika.” pungkas Siska.

Rumah Lumbung Sumatra Disulap Jadi Restoran Fine Dining Indonesia di California

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini