Dear Mahasiswa, Ini Alasan Pentingnya Menjaga Professional Reputation

Dear Mahasiswa, Ini Alasan Pentingnya Menjaga Professional Reputation
info gambar utama

Kalau kata Warren Buffett, seorang pengusaha dan investor, dibutuhkan 20 tahun untuk membangun reputasi dan hanya 5 menit untuk menghancurkannya. Kalau kita mulai memikirkan hal itu, kita pasti akan melakukan segala sesuatu secara berbeda.

Siapa nih yang masih berpikiran kalau professional reputation hanya perlu dijaga saat sudah masuk dunia kerja saja? Pasalnya, professional reputation sudah harus mulai dijaga sejak Kawan masih berstatus mahasiswa, loh!

Professional reputation merangkum penjelasan oleh Connor Mc Guckin dan Gloria Kirwan melalui artikel ilmiah  “Professional Reputation and Identity in The Online World” (2013) dalam konteks profesional, reputasi sangat berkaitan dengan identitas dan karakter profesional yang dibangun oleh seseorang. Fondasi reputasi profesional yang baik dibangun di atas kejujuran, dapat dipercaya dan karakter pribadi,

Meski masih berstatus mahasiswa, professional reputation penting lo untuk dijaga sejak kini. Dilansir dari American Psychological Association, memiliki reputasi yang baik dapat memberikan banyak kesempatan.

Seperti direkomendasikan pekerjaan, diajak bergabung pada sebuah tim yang sedang memiliki kegiatan yang bagus misalnya tim periset, dikenalkan kepada kepada orang-orang yang dapat membantu pada perkembangan karir kita, dan masih banyak lagi.

Bayangkan, dengan menjaga professional reputation sejak masih menjadi mahasiswa, nantinya saat memasuki dunia profesi Kawan telah memiliki koneksi dan track record yang baik. Keuntungan lainnya dari menjaga professional reputation saat masih menjadi mahasiswa adalah tidak menutup kemungkinan Kawan diajak gabung magang atau organisasi tertentu, sebab orang-orang telah memiliki pengetahuan tentang kinerja Kawan.

Begini cara menjaga professional reputation

Professional reputation dapat dinilai melalui track record profesisional seperti resume. | Sumber: Markus Winkler/Unsplash
info gambar

Membangun professional reputation gak bisa dilakukan dalam semalam saja. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membentuk professional reputation, tetapi sedikit waktu untuk menghancurkannya. Merangkum penjelasan oleh Bold Career, setidaknya terdapat tiga komponen utama nih untuk membangun professional reputation.

Professional reputation membutuhkan kualitas. Pengukuran kualitas kerja Kawan mungkin akan berbeda, bisa dilihat dari dampak yang diberikan atau melihat dari kemampuan dan pengetahuan yang Kawan miliki.

Kemudian, pembentukan karakter juga menentukan lo. Sesederhana bagaimana Kawan memperlakukan seseorang, akan menunjukan karakter dan kepribadian yang Kawan miliki. Perlakukanlah orang lain atau rekan kerja dengan profesional, be the best version of yourself and show to them!

Ada juga yang disebut professional track record, kualitas professional reputation juga dapat dinilai dari career path yang Kawan miliki. Umumnya ini dapat dilihat dari resume atau Curriculum Vitae. Melalui resume, orang dapat mengetahui pengalaman dan pencapaian apa saja yang Kawan miliki.

Apabila hal-hal tersebut telah dipenuhi, selanjutnya professional reputation juga membutuhkan jangkauan. Maksudnya adalah seberapa luas jangkauan yang bisa Kawan dapatkan pada lingkungan profesional.

Misalnya, sedang dicari seseorang yang mampu di bidang graphic designer, nah professional reputation dapat dinilai dari seberapa banyak orang-orang yang mengingat nama Kawan untuk mengisi posisi tersebut. Komponen ini dapat dipenuhi dengan memperluas relasi dan kontribusi Kawan pada banyak kegiatan lainnya.

Last but not least, professional reputation membutuhkan referable. Setelah membangun jangkauan dengan seberapa banyak dan seberapa sering seseorang dapat mengingat nama Kawan untuk suatu kegiatan tertentu, Kawan juga harus dapat memastikan nama Kawan menjadi rujukan orang-orang.

Ada berbagai faktor yang dapat menjadikan nama Kawan dijadikan rujukan, di antaranya seberapa banyak orang mengenal Kawan yang dapat dibangun dari komponen jangkauan dan seberapa banyak pihak yang menyukai hasil kerja Kawan. Selamat membangun professional reputation!

Referensi: Bold Career Project | American Psychological Association | Research Gate | The Daily Iowan | Youtern | CNBC

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini