Wakil Indonesia Berhasil Raih Gelar Miss Tourism International 2021

Wakil Indonesia Berhasil Raih Gelar Miss Tourism International 2021
info gambar utama

Meski tinggal menghitung hari menuju penutupan dan akhir dari tahun 2021, namun pencapaian dari karya dan prestasi yang diraih oleh deretan insan Indonesia di kancah internasional tampaknya tidak berhenti dimiliki.

Ibarat ingin memberikan penutupan yang manis, sejumlah prestasi di berbagai bidang tanpa terkecuali baik itu olahraga, lingkungan, pariwisata, dan sebagainya dalam beberapa bulan terakhir ini tidak pernah absen membawa nama Indonesia harum di mata dunia.

Terbaru, pencapaian juga datang dari dunia pageant atau kontes kecantikan tanah air.

Jika sebelumnya nama Indonesia sekadar terangkat setelah salah seorang desainer kostum nasional asal Banyuwangi menyumbangkan karyanya untuk digunakan oleh kontestan asal Mesir dalam ajang Miss Grand International 2021, kali ini pencapaian lebih besar berhasil diraih setelah perwakilan dari Indonesia secara langsung memenangkan gelar juara di kontes berbeda yakni Miss Tourism International 2021.

Adalah Jessy Silana Wongsodiharjo, sosok perempuan muda berusia 25 tahun yang berhasil meraih gelar Miss Tourism International berkat salah satu jawaban diplomatis dan tangkasnya dalam menyampaikan strategi dalam memperkenalkan pariwisata Indonesia ke mata dunia.

Desainer Asal Banyuwangi Rancang Kostum untuk Mesir di Miss Grand International 2021

Sampaikan strategi konektivitas digital

Dalam geralan puncak Miss Tourism International 2021 yang dilangsungkan secara virtual pada hari Sabtu (18/12) lalu, Jessy diketahui berhasil mengalahkan 43 kontestan lainnya dari berbagai negara dengan gagasan cemerlang yang disampaikan mengenai strategi promosi pariwisata.

Ketika ditanya oleh juri mengenai bagaimana cara yang akan dilakukan oleh dirinya untuk mempromosikan pariwisata Indonesia jika dinobatkan sebagai pemenang, Jessy dengan penuh percaya diri menjawab bahwa ia akan memanfaatkan konektivitas digital sebagai wadah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia ke mata dunia.

Menurutnya, media sosial menjadi wadah yang paling efektif untuk mempromosikan pariwisata di tengah kondisi pandemi global Covid-19 dan era normal baru seperti saat ini.

“Kini saatnya kita memiliki strategi pariwisata dengan konektivitas digital menggunakan media sosial,” pungkasnya.

Dalam kesempatan untuk memperkenalkan budaya dan keunggulan pariwisata yang dimiliki tanah air, perempuan yang sebelumnya meraih gelar sebagai Putri Pariwisata Indonesia 2020 ini juga memamerkan kepiawaiannya dalam membawakan tarian daerah Bali.

Lain itu dalam kesempatan untuk memamerkan kostum nasional, Jessy juga berhasil mencuri perhatian lewat penggunaan kostum Tribhuwannottunggadewi yang dikenal sebagai penggambaran sosok Ratu Kerajaan Majapahit dengan identitas yang sirat akan makna keberanian, kebijaksanaan, kecerdasan, dan perkasa.

Saat keluar sebagai pemenang dan meraih gelar Miss Tourism International 2021, Jessy mengungkap bahwa ia berharap seluruh masyarakat tanah air dapat mendukung keindahan dan keberhasilan industri pariwisata dengan bermodalkan keanekaragaman yang dimiliki tanah air.

Memiliki rekam jejak yang memukau dalam kepedulian sosial di ranah internasional, Jessy Silana diketahui sempat mengikuti ajang Model United Nations (MUN), di mana ia berperan sebagai diploman dan berdiskusi bersama degelasi dari sejumlah negara tentang permasalahan tertentu yang sedang terjadi saat itu.

Dea Rizkita Bawa Filosofi “Ibu Pertiwi” ke Ajang Kecantikan Internasional

Pencapaian kali kedua bagi Indonesia

Bukan kali pertama ini berhasil mengirimkan wakilnya untuk menyabet gelar Miss Tourism International. Sebelumnya pada kontes kecantikan yang sudah berlangsung sejak tahun 1994 tersebut, Indonesia sudah pernah merasakan kemenangan yang dipersembahkan oleh Astari Vernideani sejak pertama kali berpartisipasi pada tahun 2008.

Bahkan, selain meraih gelar Miss Tourism, kala itu Astari juga berhasil meraih tiga Subsidiary Title yakni Miss Glowing Glojas Award, Miss Charming Carlo Rino, dan Global Ambassador.

Pada gelaran kala itu, Astari menempati urutan pertama di Top 3 Highest Votes Delegates, mengungguli Malaysia di peringkat kedua dan Venezuela di posisi tiga.

Melihat pencapaian yang diraih oleh penerusnya, Astari diketahui sempat mengungkapkan rasa bangganya saat gelar Miss Tourism International kembali ke pangkuan Indonesia lewat perwakilan Jessy, terlebih dirinya disebut merupakan salah satu sosok yang memilih Jessy dalam gelaran Putri Pariwisata Indonesia 2020.

Astari Vernideani, Juara Miss Tourism International 2018

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini