Menakar Peluang Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala AFF 2020

Menakar Peluang Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala AFF 2020
info gambar utama

Menjelang akhir tahun 2021, kancah sepak bola Asia Tenggara tengah dimeriahkan dengan gelaran Piala AFF 2020 di Singapura. Walaupun jadwal sempat mundur akibat situasi pandemi Covid-19, namun akhirnya Piala AFF 2020 resmi diselenggarakan pada 5 hingga 31 Desember 2021 mendatang.

Kejuaraan yang telah memasuki edisi ke-13 ini telah memasuki tahap semifinal. Indonesia merupakan salah satu tim yang melaju ke babak ini setelah menjuarai Grup B. Selain Indonesia, negara lain yang lolos ke babak semifinal di antaranya ialah Thailand, Malaysia, dan Vietnam.

Pada 22 Desember 2021 kemarin, telah berlangsung pertandingan semifinal leg-1 antara Indonesia melawan Singapura yang membuahkan skor imbang 1-1. Selanjutnya, leg kedua yang menjadi laga pamungkas akan dihelat pada Sabtu, 25 Desember 2021.

Ikon-Ikon Negara Peserta Piala AFF 2020

Head to head Indonesia vs Singapura

Rivalitas antara Indonesia dengan Singapura di dunia sepak bola bukanlah hal yang asing lagi. Secara statistik head to head, Indonesia berhasil unggul dalam 30 pertandingan dari 60 kali pertemuan melawan Singapura. Sementara itu sisanya mengalami kekalahan sebanyak 18 kali dan imbang 12 kali.

aff 2020
info gambar

Namun di Piala AFF, kedudukan Indonesia justru berbanding terbalik dengan Singapura. Tercatat dari 10 pertemuan, Indonesia hanya menang 2 kali dan kalah sebanyak 5 kali. Hal tersebut menunjukan dominasi The Lions secara head to head di Piala AFF.

Adapun dalam 4 pertemuan terakhir, catatan manis justru berpihak ke Indonesia. Indonesia memenangi 2 laga, 1 seri, dan hanya 1 kali kalah. Momentum ini menjadi modal tersendiri bagi Indonesia dalam mengarungi lagi berikutnua.

Lebih rinci, pada Piala AFF 2012, Timnas Indonesia berhasil menorehkan kemenangan atas Singapura dengan skor 1-0. Kemudian, Piala AFF 2016 Timnas Indonesia kembali unggul dari Singapura dengan skor 2-1.

Pada Piala AFF 2018 keadaan berbalik, Singapura berhasil menundukkan Timnas Indonesia dengan skor 1-0. Sementara pada pertemuan terbaru kedua tim bermain imbang dengan skor 1-1.

Dua Pemain Indonesia di Daftar Pemain Tertajam AFF

Peluang Indonesia melaju ke final Piala AFF 2020

aff 2020
info gambar

Sejak keikutsertaan Timnas Indonesia di penyelenggaraan Piala AFF pertama pada tahun 1996 silam, Indonesia belum pernah merebut gelar juara. Prestasi tertinggi Skuad Garuda yakni memperoleh posisi runner-up sebanyak 5 kali pada tahun 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Indonesia kemudian diklaim sebagai spesialis runner-up dalam ajang Piala AFF.

Ambisi Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 untuk merebut takhta juara pun semakin besar. Terlebih Timnas Indonesia saat ini merupakan generasi baru yang berada di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong. Generasi muda Timnas Indonesia terbukti menunjukkan perkembangan walaupun mayoritas berisi pemain muda.

Sejauh ini, catatan baik ditorehkan timnas Indonesia dengan menahan imbang juara bertahan Vietnam 0-0, dilanjut dengan melibas skuad 'Harimau Malaya' dengan skor telak 4-1.

Kemudian dalam laga semifinal leg-1 antara Indonesia melawan Singapura, meskipun pertandingan berakhir dengan skor imbang, Timnas Indonesia dapat dikatakan sukses menahan Singapura di depan publiknya sendiri.

Sayangnya pada kejuaraan AFF 2020 kali ini tidak diberlakukan aturan gol tandang oleh karena penyelenggaraan kejuaran dilaksanakan secara terpusat akibat pandemi Covid-19. Walau tidak diberlakukan aturan gol tandang pada kejuaraan AFF tahun ini, ditambah lagi parta leg kedua masih berlangsung di Singapura, nyatanya peluang Indonesia melaju ke babak final sangat terbuka lebar.

Indonesia tercatat belum sekalipun menelan kekalahan di ajang Piala AFF 2020, ini menjadi modal besar bagi mentalitas pemain dalam menjalani laga semifinal leg kedua.

Absennya bek andalan Singapura, Shakir Hamzah, yang dilanda cedera juga menjadi keuntungan tersendiri bagi Indonesia. Mengingat, Shakir merupakan pemain yang paling diandalkan Tatsuma Yushida (pelatih Singapura) dalam menjaga benteng pertahanan The Lions.

Selain itu, kedatangan Egy Maulana Vikri digadang-gadang mampu mendongkrak kekuatan lini depan Timnas Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Egy belum bermain sepanjang gelaran Piala AFF 2020 karena masih harus membela FK Senica di Liga Slowakia sebelum jeda musim dingin. Namun kini, Egy sudah mendarat di Singapura dan siap mengenakan jersey Garuda pada laga semifinal leg kedua yang akan berlangsung Sabtu, 25 Desember 2021 mendatang.

5 Tim dengan Skuad Termahal di Piala AFF 2020, Indonesia Urutan Berapa?

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Diva Angelia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Diva Angelia.

DA
IA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini