Mengenal Sosok Mbah Minto, Seniman Dagelan Kebanggaan Masyarakat Klaten

Mengenal Sosok Mbah Minto, Seniman Dagelan Kebanggaan Masyarakat Klaten
info gambar utama

Tidak hanya kalangan muda yang selama beberapa tahun terakhir khususnya di masa pandemi mulai mendapatkan peluang cerah sebagai seorang konten kreator lewat platform YouTube, dan berhasil menghasilkan sejumlah karya menghibur bagi masyarakat di tanah air.

Di Klaten, ada sosok lanjut usia yang nyatanya secara tak terduga berhasil menjadi ikon pelawak yang sukses mencuri perhatian dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat setempat, berkat keluwesannya dalam menggambarkan peran jenaka yang disebarluaskan melalui platform YouTube.

Adalah Mbah Minto, sosok senja yang selama kurang lebih satu tahun ini telah menghibur tidak hanya masyarakat Klaten, namun juga sebagian besar masyarakat di tanah air lewat berbagai konten dagelan yang sangat menghibur.

Mendapatkan popularitas di usianya yang telah melampaui 80 tahun, sejak saat itu pula Mbah Minto ibarakan menjadi idola baru di berbagai kalangan penikmat konten hiburan di YouTube.

Sayangnya, kehadiran sosok Mbah Minto yang selalu dinantikan dalam berbagai konten terbaru dan kepopuleran yang dimiliki tidak berlangsung lama, karena pada hari Rabu (22/12/2021), berita duka datang dan mengabarkan bahwa perempuan sepuh beranak empat tersebut telah tutup usia di Rumah Sakit Islam Klaten.

Mbah Jugo, Sosok Tabib Sakti yang Jinakkan Wabah Kolera di Jawa

Awal kepopuleran Mbah Minto

Merangkum dari berbagai sumber, Mbah Minto yang memiliki nama asli Minto Suwito Siyam sebenarnya merupakan sosok yang berasal dari Dusun Selorejo, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah.

Kemunculannya pertama kali mencuri perhatian dalam sebuah konten dagelan #gagalmudik dengan judul “Ga Usah Mudik Sing Penting Duit'e Muleh” yang diproduksi dan dipublikasi oleh Ucup Klaten melalui kanal YouTube dengan nama yang sama di kisaran waktu lebaran tahun 2020, tepatnya saat pandemi pertama kali melanda.

Tak disangka, guyonan polos dan spontan dari Mbah Minto rupanya banyak disukai dan sukses membuat dirinya menjadi sosok baru yang digemari. Konten tersebut hingga saat ini terlihat telah ditonton sebanyak lebih dari tiga juta kali.

Setelahnya, Mbah Minto kembali muncul dalam setiap konten dagelan yang dimuat dengan berbagai cerita berbeda dan memang selalu dinanti, dengan rata-rata penonton di kisaran angka lebih dari satu juta.

Selama menghasilkan karya bersama dengan sosok Ucup selaku pemilik kanal YouTube sekaligus pembuat konten, Mbah Minto memang kerap menyuguhkan narasi yang edukatif serta dibarengi dengan petuah bijak bagi kalangan anak muda.

Tak hanya terkenal di tengah masyarakat biasa, sosok Mbah Minto juga banyak mencuri perhatian berbagai kalangan mulai dari pesohor terkenal seperti pejabat layaknya Bupati Klaten bahkan hingga sekelas Gubernur Jawa Tengah, yakni Ganjar Pranowo.

Kampung Bondowoso, Kampungnya Para 'YouTuber'

Kabar duka untuk masyarakat Klaten

Kepergiannya meninggalkan duka untuk masyarakat Klaten, banyak pihak yang merasa kehilangan karena tidak akan bisa lagi menyaksikan guyonan jenaka dari Mbah Minto.

Menurut keterangan Ucup, diketahui bahwa Mbah Minto sejatinya memang telah berada dalam kondisi sakit dan sempat dirawat di dua rumah sakit yang berada di Klaten.

“Beliau dirawat selama 14 hari karena sakit,” jelas Ucup, mengutip Kumparan.com.

“kami meminta doanya saja agar amal ibadah beliau diterima oleh Tuhan dan dosanya diampuni,” tambahnya.

Sementara itu dalam keterangan berbeda, Wijianto selaku putra kedua Mbah Minto menuturkan jika sebenarnya kondisi sosok tersebut sempat membaik saat dua hari sebelum meninggal dunia.

Wijianto juga mengungkapkan jika sebelum dikenal sebagai seniman dagelan lewat konten YouTube bersama Ucup Klaten, Mbah Minto memang sudah dikenal sangat akrab dan ramah kepada tetangga.

“Sebelum dikenal dengan sebutan Mbah Minto, kalangan tetangga lebih mengenal dengan nama Mbah Siyam, itu dulu. Sejak main YouTube sekarang dikenal dengan Mbah Minto,” jelas Wijianto.

“Sebagai anak kami juga bangga simbah bisa membuat orang bahagia dan mendapat hati di tengah masyarakat. Tak lupa kami atas nama keluarga memohonkan maaf, jika Mbah Minto semasa hidupnya ada kesalahan kepada siapa saja, semoga kebaikan simbah menjadi amal baik” tambahnya.

Mendapat kabar duka, Ganjar Pranowo sebagai salah satu orang yang terhibur dengan konten Mbah Minto dan diketahui pernah memberikan ‘THR’ berkat konten Gagal Mudik juga menyampaikan ucapan belasungkawa untuk sosok kebanggaan masyarakat Klaten tersebut.

“Saya bersaksi, panjenengan adalah orang baik. InsyaAllah husnul khotimah. Terima kasih Mbah, sudah jadi inspirasi dan penguat kami di kala pandemi,” tulis Gubernur Jawa Tengah tersebut melalui unggahan dukacitanya.

Mengenang Kasino, Pelawak Cerdas Sekaligus Pencinta Alam

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini