5 Gereja dengan Kapasitas Jemaat Terbanyak di Indonesia

5 Gereja dengan Kapasitas Jemaat Terbanyak di Indonesia
info gambar utama

Masih dalam ingar-bingar suasana Natal, setiap tahunnya pada tanggal 25 Desember, umat Kristiani tidak terkecuali di Indonesia merayakan hari kelahiran Yesus Kristus. Perayaan Natal tahun 2021 mengangkat tema “Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan”.

Tahun ini ibadah Natal masih diselenggarakan secara hybrid di seluruh Indonesia mengingat situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

Menurut data Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri, per Juni 2021 jumlah umat Kristiani di Indonesia mencapai angka 28,82 juta jiwa. Populasi umat Kristiani mencapai 10,58 persen total populasi di Indonesia.

Gereja sebagai rumah ibadah umat Kristiani sudah hadir di Indonesia sejak abad ke-2 masehi. Gereja pertama dibangun di daerah Fansur atau Barus, Sumatra Utara dan hingga saat ini jumlahnya terus bertambah seiring perkembangan zaman.

Marbinda, Tradisi Perayaan Natal Khas Masyarakat Batak Toba

Gereja terbesar di Indonesia

Sebanyak lebih dari 70 ribu gereja tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa di antaranya memiliki bangunan yang luas serta arsitektur yang megah. Oleh karena luasnya bangunan gereja, tidak sedikit gereja yang dapat menampung ribuan bahkan hingga puluhan ribu jemaat dalam 1 gedung.

Berdasarkan pantauan data yang kami peroleh, berikut 5 gereja terbesar di Indonesia berdasarkan kapasitas jemaat.

Gereja terbesar di Indonesia berdasarkan kapasitas jemaat 2021 © GoodStats
info gambar

1. Gereja Bethany Surabaya, Jawa Timur

Gereja Bethany Surabaya merupakan bagian dari Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) yang telah berdiri sejak tahun 1978. Didirikan oleh Pdt. Abraham Alex Tanuseputra, Gereja Bethany Surabaya merupakan salah satu gereja terbesar dan tertua di Indonesia. Selain itu, gereja ini dinobatkan sebagai bangunan terbesar pertama di kawasan ASEAN.

Gereja Bethany Surabaya menjadi salah satu gereja yang menerapkan teologi karismatik dengan denominasi Pentakostal. Gereja ini juga menjadi bagian dari Persekutuan Injili Indonesia (PII).

Berlokasi di Jalan Manyar Rejo II nomor 36-38, Kota Surabaya, kapasitas gereja ini semula dapat menampung 20.000 jemaat saat rampung pada tahun 2000 silam. Namun sekarang kapasitas gereja ini sudah ditingkatkan hingga dapat menampung 35.000 jemaat.

2. Gereja JKI Kerajaan Allah Semarang, Jawa Tengah

Diresmikan pada tahun 2007, Gereja JKI Kerajaan Allah Semarang dapat menampung hingga 12.000 jemaat. Berlokasi di Jalan Arteri Utara, Komplek Grand Marina, Semarang, gereja ini terkenal akan kemegahan arsitekturnya.

Gereja ini juga memiliki cabang di Yogyakarta dengan daya tampung 1.500 jemaat. Gereja JKI Kerajaan Allah Semarang memiliki misi untuk membawa orang dalam kasih Allah.

Umumnya, jadwal kebaktian di gereja ini dibagi menjadi 3 jadwal dengan kisaran 6.000 jemaat yang hadir pada tiap waktu kebaktian. Gereja ini memiliki gedung sekolah SD hingga SMA, Sekolah Tinggi Theologia (STT), stasiun televisi lokal bernama TA TV, dan siaran radio lokal bernama El Shadai FM.

3. GBI Mawar Sharon Kelapa Gading, DKI Jakarta

GBI Mawar Sharon Kelapa Gading didirikan di tanah seluas 9.780 meter persegi pada tahun 1992. Kemudian gereja ini diresmikan pada tahun 1995 oleh Pdt. David Yonggie Cho. Gereja ini berlokasi di Jl. Hybrida Timur, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara.

Gedung ini memiliki 5 sekretariat gereja, 5 sekolah evangelist, dan bangunan untuk pendidikan di lantai 5. Pada tahun 2004 gereja ini melakukan pembangunan kembali hingga sanggup menampung 10.000 jemaat.

4. Gereja Reformed Injili Indonesia, DKI Jakarta

Gereja Reformed Injili Indonesia yang memiliki nama lain Katedral Mesias Kemayoran berdiri di atas lahan seluas 12.000 meter persegi. Gereja ini diperkirakan dapat menampung sekitar 7.000 jemaat. Gereja ini berlokasi di Jalan Industri Blok B-14 nomor 1, Kemayoran, Jakarta Pusat, tepat berseberangan dengan Gedung Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat dan Gedung Kantor Layanan Pajak KPP Kemayoran.

Gereja Reformed Injili Indonesia menjadi ikon tempat ibadah baru yang unik berkat desain arsitektur yang megah dengan atap gereja menyerupai kubah berwarna biru. Kompleks gereja ini memiliki luas sebesar 12.000 meter persegi.

Beberapa bangunan yang terdapat di kompleks gereja ini di antaranya ialah Aula Mesias Katedral yang sanggup menampung 4.800 jemaat, Aula John Calvin untuk menampung 2.200 jemaat, ruang aktivitas belajar mengajar anak-anak, serta ruang lainnya untuk kaum muda dan anak-anak.

5. GBI Rock Denpasar, Bali

GBI Rock Denpasar merupakan salah satu gereja dengan aliran karismatik di Indonesia. Berlokasi di Jalan Antasura, Peguyangan Kangin, Denpasar, gereja ini sanggup menampung lebih dari 5.000 jemaat.

Awalnya gereja ini hanya sanggup menampung 4.500 jemaat, namun pada tahun 2006 dilakukan pembangunan kembali hingga dapat menampung sekitar 5.400 jemaat. Kemudian, pada tahun 2009 gereja ini berhasil ditahbiskan.

Jika ditinjau lebih jauh, masih banyak gereja di Indonesia yang sanggup menampung jemaat dalam jumlah besar. Hingga saat ini, gereja-gereja di Indonesia giat melakukan ekspansi untuk meningkatkan kapasitas serta kualitas gedung bagi para jemaat agar dapat melaksanakan ibadah secara nyaman di dalam gereja.

Dinamika Penyebaran Agama Kristen dan Munculnya Gereja-Gereja di Jawa

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Diva Angelia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Diva Angelia.

DA
IA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini