Pulau Samalona, Destinasi Wisata Eksotis di Selat Makassar

Pulau Samalona, Destinasi Wisata Eksotis di Selat Makassar
info gambar utama

Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang memiliki pesonanya masing-masing. Pulau-pulau tersebut berderet dari Sabang sampai Merauke, untuk menjelajahinya tentu butuh waktu yang tak sebentar. Pesona tersebut juga tak hanya dikagumi turis domestik, tentunya keindahan alam Indonesia sudah terkenal sampai ke mancanegara, beberapa di antaranya bahkan telah diakui dan diberikan penghargaan bergengsi tingkat dunia.

Tak melulu soal Bali atau Raja Ampat yang sudah jauh dikenal oleh turis dunia, di Makassar ada sebuah pulau yang menarik perhatian. Ialah Pulau Samalona. Namanya mungkin masih asing dan belum sepopuler pulau lain. Pulau kecil yang berada di Selat Makassar, Sulawesi, ini bak surga bagi pencinta wisata alam. Mengunjungi Pulau Samalona, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang memukau.

Mempelajari Sejarah dan Kebudayaan Papua di Museum Loka Budaya

Menjelajahi keindahan Pulau Samalona

Mengapa disebut pulau kecil, memang luas Samalona hanya sekitar dua hektare saja. Luasnya pun terus mengalami menyusutan karena adanya pemanasan global dan berdampak pada naiknya permukaan laut. Selain itu, adanya abrasi pantai pun semakin membuat luasnya kian menyempit. Dibutuhkan penanganan serius untuk menjaga pulau ini sebab tak menutup kemungkinan bahwa Samalona bisa tenggelam di masa yang akan datang.

Untuk menyambangi pulau cantik ini, Anda harus menyeberang dengan perahu dari beberapa dermaga di Kota Makassar seperti Dermaga Popsa, Samalona, atau Panyyua. Jarak tempuhnya sekitar 30-45 menit saja.

Sesampainya di Pulau Samalona, pengunjung akan disambut dengan pemandangan berupa hamparan pasir putih dan air lautnya yang begitu jernih. Di sekitar pantai banyak ditumbuhi pohon kelapa menjulang tinggi yang menambah keindahan pulau ini. Bahkan hanya bersantai menikmati panorama pantai di depan mata pun akan membuat Anda terpesona.

Namun, daya tarik lain dari pulau ini adalah keindahan bawah lautnya. Wisatawan dapat menyelam untuk melihat langsung apa saja yang ada di laut, mulai dari aneka ikan warna-warni, kuda laut, terumbu karang, dan berbagai biota laut lainnya. Perlu diingat bahwa perairannya tergolong dangkal dan banyak ditemukan bulu babi sehingga perlu ekstra hati-hati saat menyelam.

Karena cukup dangkal, pengunjung yang tak terlalu pandai berenang pun tidak perlu khawatir. Perairannya tenang dan cenderung tidak berombak sehingga lebih nyaman dalam berkegiatan di air. Bagi yang ingin menyelam tetapi tidak ingin repot membawa perlengkapan sendiri pun tenang saja sebab di sekitar pantai banyak tempat penyewaan alat-alat snorkeling dan diving. Bila belum berani menjelajahi bawah laut sendiri, Anda juga bisa minta ditemani oleh pendamping.

TWA Sorong Papua, Tempat Rekreasi dan Edukasi Tentang Pelestarian Alam

Sisi lain Pulau Samalona

Selain pesona alamnya yang luar biasa, Pulau Samalona juga memiliki sisi lain yang tak kalah seru untuk ditelusuri. Salah satunya adalah keberadaan kapal perang peninggalan Perang Dunia ke-2. Jadi di pulau ini ada tujuh kapal yang tenggelam, beberapa di antaranya seperti kapal Maru, kapal perang Jepang yang tenggelam di kedalaman 30 meter, kapal Lancaster Bomber, dan Kapal Hakko Maru. Sekian lama tenggelam, kapal-kapal bersejarah tersebut kini menjadi rumah bagi ratusan hewan laut. Pengunjung juga masih bisa melihat kapal-kapal tersebut dengan cara menyelam.

Selain kapal perang, di Pulau Samalona juga terdapat sebuah kuburan tua. Menurut masyarakat setempat, kuburan itu sudah ada sejak ratusan tahun lalu, bahkan sebelum agama Islam masuk ke Sulawesi Selatan. Diketahui banyak orang dari luar pulau berdatangan ke kuburan tersebut pada hari-hari tertentu untuk berziarah dan meminta berkah.

Namun, ada pula masyarakat yang berpendapat bahwa sebenarnya kuburan tua itu adalah kuburan orang Suku Bajoe. Pada masa lalu. Pulau Samalona juga pernah jadi kawasan penjara bagi orang-orang yang menderita kusta dan mereka yang dianggap membangkang terhadap pemerintah Hindia-Belanda.

Dengan segala daya tariknya, Pulau Samalona bisa jadi destinasi pilihan Anda yang sedang merencanakan liburan di dalam negeri. Fasilitas di pulau ini cukup lengkap untuk menunjang kegiatan wisatawan. Di sana sudah ada beberapa gazebo untuk bersantai, musala, warung-warung makan, dan toilet. Untuk yang hendak menginap pun ada beberapa pilihan homestay dengan harga bersahabat.

Mengintip Desa Bonjeruk, Destinasi Wisata Dekat Sirkuit Mandalika

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini