5 Pemain Timnas Indonesia Termahal di Piala AFF 2020, dari Asnawi hingga Nadeo

5 Pemain Timnas Indonesia Termahal di Piala AFF 2020, dari Asnawi hingga Nadeo
info gambar utama

Ajang Piala AFF Suzuki Cup 2020 segera memasuki partai puncak alias Final. Pasukan Garuda akan ditantang pasukan 'The War Elephant's' (Thailand) dalam partai final yang akan digelar 29 Desember 2021 (leg 1) dan 1 Januari 2022 (leg 2).

Penampilan apik skuad asuhan pelatih Shin Tae-Yong pada laga fase grup hingga semifinal Piala AFF 2020 tak terlepas dari peran penting para pemain pilihan, termasuk yang saat ini membela klub di luar negeri maupun klub lokal dengan harga pasar (market value) yang tinggi.

Beberapa pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang masuk jajaran termahal belakangan ini menjadi sorotan publik lantaran aksi "nyeleneh" hingga aksi heroik pada laga semifinal leg ke-2 kontra Singapura.

Salah satunya aksi Asnawi Mangkualam Bahar, ia menjadi viral karena diduga mengucapkan kata "thank you" kepada pemain Singapura Faris Ramli yang gagal menjalankan tugas sebagai algojo pinalti.

Kemudian aksi heroik kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, yang mampu mematahkan tendangan pinalti pemain Singapura di momen yang sangat krusial (menit akhir). Berkat penyelamatan Nadeo, mentalitas dan kepercayaan diri pemain Indonesia meningkat hingga akhirnya mampu memenangi laga.

Berdasarkan data yang kami pantau dari Transfermarkt (28/12), berikut 5 pemain Timnas Indonesia termahal di Piala AFF 2020. Menariknya, 4 dari 5 pemain yang masuk daftar memiliki usia yang tergolong masih muda (di bawah 25 tahun) yang tentunya bakal menjadi aset panjang Timnas Indonesia di masa depan.

5 pemain Timnas Indonesia termahal di Piala AFF 2020 | GoodStats
info gambar
Catatan Positif di Piala AFF 2020 dan Lonjakan Peringkat FIFA

1. Asnawi Mangkualam Bahar

Pemain termahal dipegang oleh bek sayap andalan Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar. Pria kelahiran Makassar yang sejak awal tahun 2021 membela klub Korea Selatan (Ansan Genners) ini memiliki nilai pasar 350.000 euro atau 6,06 miliar rupiah.

Nilai pasar Asnawi saat ini diketahui melonjak dua kali lipat dibanding saat ia membela PSM Makassar. Selain itu, Asnawi tercatat menerima gaji senilai Rp750-800 juta per musim dari Ansan Genners.

Pemain berusia 22 tahun ini memang memiliki banyak atribut sebagai seorang bek sayap modern. Kemampuannya bertahan, merangsek, mengirim, dan memilah umpan memang terbukti ciamik.

Dalam catatan statistik di Piala AFF 2020, Asnawi menjadi pemain yang memiliki nilai rapor tertinggi setelah sukses melakukan 39 kali intersep sebagai bek kanan. Tidak hanya itu, ia juga melakukan 26 kali tekel kepada lawan dan enam kali dribel sukses dalam 340 menit catatan bermain bersama Timnas Indonesia.

2. Evan Dimas Darmono

Pemain Indonesia lain yang juga tercatat memiliki nilai pasar fantastis adalah Evan Dimas. Kapten utama Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 itu memiliki nilai transfer 325 ribu Euro atau Rp 5,23 miliar. Pria kelahiran Surabaya ini berasal dari klub Bhayangkara FC dan menempati posisi gelandang tengah.

Sejak di level junior, Evan memang dikenal sebagai playmaker handal berkat umpan-umpannya yang cukup akurat. Sepanjang gelaran Piala AFF 2020 saja, Evan telah menyalurkan 8 umpan kunci yang dikirim untuk rekan-rekannya. Ada sebanyak 63,6 persen umpan panjang dari Evan yang bisa mencapai target.

Selain itu, Evan juga tercatat sudah membukukan sebanyak 2 gol dan 2 assist untuk Indonesia. Salah satu assist Evan untuk membidani gol keempat Indonesia ke gawang Malaysia.

3. Ezra Walian

Berikutnya diisi oleh pemain natularisasi dari Belanda, Ezra Walian. Striker yang kini membela Persib Bandung ini tercatat memiliki nilai pasar yang sama dengan Evan Dimas yakni Rp5,23 miliar.

Sempat diragukan para pendukung, pemain berusia 24 tahun itu nyatanya mampu membuktikan ketajamannya dengan memborong 2 gol di piala AFF 2020, termasuk membuka keran gol pada menit ke-11 saat melawan Singapura di semfinal leg ke-2.

5 Tim dengan Skuad Termahal di Piala AFF 2020, Indonesia Urutan Berapa?

4. Pratama Arhan

Performa manis yang ditunjukkan bek sayap PSIS Semarang, Pratama Arhan bersama Timnas Indonesia di kancah Piala AFF 2020 sejauh ini langsung berimbas pada harga jualnya di pasar transfer.

Arhan memang selalu jadi andalan pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong di sektor bek kiri. Teranyar, pemain berusia 20 tahun itu bikin gol cantik ke gawang Malaysia pada laga penentuan di fase grup, yang turut membawa skuad Garuda lolos ke semifinal.

Secara total, Arhan telah mengemas 1 gol plus 3 assist untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Imbasnya, Arhan tercatat sebagai salah satu pemain termahal di skuad Timnas Indonesia saat ini.

Dalam data terbaru Transfermarkt, nilai pasar Arhan melonjak naik menjadi 325 ribu euro atau Rp5,23 miliar. Harga pasar Arhan kini setara dengan dua rekannya di Timnas Indonesia, Evan dan Ezra.

5. Nadeo Argawinata

Pemain termahal berikutnya diisi penjaga gawang andalan Indonesia di Piala AFF 2020, Nadeo Argawinata. Memiliki postur tubuh yang ideal sebagai kiper (187 cm) dengan usia yang masih tergolong muda (23 tahun), Nadeo tercatat memiliki nilai pasar Rp4,78 miliar.

Nilai pasar yang dicatat pemain Bali United ini sekaligus menjadikannya sebagai kiper asal Indonesia termahal. Harganya tercatat di atas beberapa kiper senior lainnya seperti Jandia Eka Putra (PSIS), Andritany Ardhiyasa (Persija), hingga Teja Paku Alam (Persib).

Berstatus sebagai kiper nomor 1 Indonesia, rasanya sangat pantas apabila nilai pasar pemain Bali United ini tergolong tinggi mengingat kualitas dan performanya yang terus menanjak.

Total, Nadeo sudah empat kali tampil membela Timnas Indonesia di ajang ini Piala AFF 2020. Ia mampu melakukan cleansheet saat diturunkan melawan tim kuat Vitenam dalam duel ketiga Timnas Indonesia di babak penyisihan Grup B.

Walau sudah kemasukan 3 gol dalam 2 laga di semifinal, Nadeo mampu menunjukkan kualitasnya sebagai kiper utama yang membuat para pemain belakang tampil tenang. Kini, masyarakat Indonesia pun berharap ia mampu menunjukan performa ciamik saat menjaga gawang Timnas Indonesia di final Piala AFF 2020.

Naiknya Peringkat Garuda di FIFA dan Suatu Keoptimisan

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Iip M. Aditiya lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Iip M. Aditiya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini