10 Provinsi dengan Angka Harapan Hidup Tertinggi, Orang Jogja Paling Panjang Umur

10 Provinsi dengan Angka Harapan Hidup Tertinggi, Orang Jogja Paling Panjang Umur
info gambar utama

Setiap tahunnya, Badan Pusat Statistik (BPS) melaksanakan survei angka harapan hidup (AHH) secara merata di seluruh provinsi. AHH merupakan statistik yang menggambarkan rata-rata lama waktu hidup seseorang dalam suatu populasi.

Semakin tinggi AHH, menunjukkan semakin baik derajat kesehatan serta kesejahteraan yang dimiliki masyarakat populasi tersebut. AHH merupakan salah satu indikator yang menentukan indeks pembangunan manusia.

Masing-masing provinsi di Indonesia memiliki AHH yang berbeda. Namun dalam kurun waktu 3 tahun ke belakang, angka harapan hidup masyarakat Indonesia baik laki-laki maupun perempuan mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Angka Harapan Hidup Tahun 2040 Negara-negara Asia Tenggara

Orang Jogja paling panjang umur

Mengutip data dari BPS pada tahun 2020, rata-rata angka harapan hidup penduduk dari 34 provinsi di Indonesia ialah 71,52 tahun. Angka ini meningkat dibanding tahun 2019 yang sebesar 71,38 tahun.

2020
info gambar

Daerah Istimewa Yogyakarta tercatat sebagai provinsi dengan AHH tertinggi di Indonesia baik untuk laki-laki maupun perempuan. Posisi ini tidak berubah dalam kurun waktu 1 dekade ke belakang sejak tahun 2010 hingga 2020.

Tingginya AHH DI Yogyakarta didukung oleh perbaikan kualitas kesehatan penduduk utamanya pada kalangan bayi, balita, serta wanita berusia subur. Tidak hanya itu, lansia pun juga mendapatkan perhatian khusus oleh pemerintah setempat.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melakukan kerja sama dengan RSUP Dr. Sardjito untuk mewujudkan program penanganan lansia bertajuk Academy Health System. Program ini menyiapkan berbagai pelatihan seperti pelatihan layanan geriatric, pelatihan persiapan prapension, pendidikan tenaga caregiver, serta pelayanan penitipan lansia.

Kemudahan mengakses sarana prasarana kesehatan, peningkatan kualitas asupan gizi, serta berkurangnya angka warga yang sakit merupakan wujud komitmen pemerintah daerah dalam menjaga konsistensi serta meningkatkan angka harapan hidup penduduk DI Yogyakarta.

Nila Djuwita Farid Moeloek selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia terdahulu mengungkapkan gaya hidup dan budaya adalah 2 faktor yang memengaruhi tingginya angka harapan hidup penduduk DI Yogyakarta. Sikap tenang dan kalem menjadi faktor penunjang warga DI Yogyakarta memiliki umur panjang.

Prinsip nrimo ing pandum yang dipegang kukuh oleh warga DI Yogyakarta menanamkan 3 konstruk psikologis yakni penerimaan, kesabaran, dan kebersyukuran atas apa yang diberikan oleh kehidupan.

Sikap ikhlas menerima atas segala yang terjadi inilah yang mendorong terbentuknya kesejahteraan psikologis lebih tinggi pada manusia serta tingkat stres yang lebih rendah. Kesejahteraan psikologis yang lebih baik menunjang kesehatan serta umur yang lebih panjang.

Inilah 10 Provinsi dengan Angka Harapan Hidup Tertinggi di Indonesia

Perempuan memiliki angka harapan hidup lebih tinggi di Indonesia

lansia
info gambar

Hasil survei yang dilakukan BPS pada tahun 2020 menunjukkan bahwa perempuan di Indonesia memiliki AHH yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Secara umum AHH laki-laki di Indonesia yakni sebesar 69,59 tahun sedangkan AHH perempuan mencapai rata-rata 73,46 tahun.

indonesia 2020
info gambar

Adapun untuk kategori laki-laki, warga DI Yogyakarta jadi yang paling panjang umur dengan AHH 73,22 tahun. Menyusul di posisi ke-2, Kalimantan Timur mencatatkan AHH 72,54 tahun.

Adapun Jawa Tengah berada di posisi ke-3 dengan 72,51 tahun. Bergeser sedikit, Jawa Barat meraih posisi ke-4 dengan 71,30 tahun. Lalu ibu kota Indonesia, DKI Jakarta menempati posisi ke-5 dengan angka 71,10 tahun.

Sementara itu, menilik data AHH pada kategori perempuan, DI Yogyakarta kembali memimpin dengan perolehan angka harapan hidup sebesar 76,83. Berbeda dengan kategori laki-laki, pada kategori perempuan Jawa Tengah berhasil merebut posisi ke-2 dengan 76,30 tahun. Sementara Kalimantan Timur menempati posisi ke-3 dengan AHH 76,21 tahun.

Keseluruhan data 10 provinsi dengan angka harapan hidup tertinggi pada kategori perempuan menunjukkan tidak ada yang menyentuh angka harapan hidup di bawah 70 tahun.

Data angka harapan hidup menjadi salah satu acuan untuk merancang program pembangunan kesehatan serta program sosial lainnya. Tujuannya tak lain ialah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan tentunya pula angka harapan hidup yang dimiliki pada masing-masing daerah di Indonesia baik itu untuk laki-laki maupun perempuan.

10 Provinsi dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Tertinggi Periode 2010-2021

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Diva Angelia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Diva Angelia.

DA
IA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini