Menikmati Suasana Ala Sabana Afrika di Taman Nasional Baluran

Menikmati Suasana Ala Sabana Afrika di Taman Nasional Baluran
info gambar utama

Apakah kamu tertarik merasakan wisata ala padang sabana di afrika? Jika iya, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Afrika loh, Indonesia juga punya padang sabana ala Afrika yang bisa kamu kunjungi! Tempat ini adalah Taman Nasional Baluran yang ada di Jawa Timur.

Taman Nasional yang ada di Jawa Timur ini memang terkenal dengan suasananya yang sangat mirip dengan Afrika. Bahkan, Baluran juga dijuluki Africa van Java

Jawa Timur seolah tidak kehabisan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Taman Nasional Baluran yang berlokasi di ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di wilayah Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau. Yaitu Rp16.500 untuk wisatawan lokal saat hari kerja, dan Rp18.500 untuk hari libur. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara dikenai biaya Rp150.000 saat hari kerja, dan Rp225.000 saat hari libur.

Taman Nasional Baluran kental dengan nuansa Afrika

Seperti taman nasional lain yang ada di Indonesia, Taman Nasional Baluran juga merupakan kawasan pelestarian alam yang memiliki ekosistem asli, dan dimanfaatkan untuk tujuan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, pariwisata dan rekreasi.

Yang unik dari Taman Nasional Baluran, adalah terdapat Savana Bekol, padang sabana yang memiliki nuansa Afrika yang sangat kental, terutama di musim kemarau.  Apabila kamu mengunjungi Savana Bekol pada musim kemarau, kamu akan disuguhi hamparan sabana.

Rumputnya sudah mulai menguning berlatarkan Gunung Baluran yang gagah. Kamu juga bisa menemui rusa, banteng atau hewan lain yang berlalu lalang di kawasan ini.

Jika kamu mengunjungi Savana Bekol pada musim hujan, mungkin kamu akan melewatkan suasana ala Afrika karena rumputnya sudah menghijau. Namun, kamu tetap dapat menikmati indahnya pemandangan pepohonan asri yang disuguhkan di Savana Bekol.

Selain Savana Bekol yang sangat ikonik, ada pula Hutan Evergreen yang menyajikan suasana hutan yang asri dan sejuk. Kamu juga bisa berteduh disini saat cuaca mulai menyengat di Baluran.

Yang terakhir, ada Pantai Bama yang bisa menjadi destinasi terakhir sebelum meninggalkan Baluran. Kamu bisa singgah sebentar di Pantai Bama, dan menikmati senja yang sangat cantik disini.

Tips mengunjungi Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran│VANSEp AWAN/Unsplash
info gambar

Terdapat beberapa tips untuk kamu yang ingin mengunjungi Taman Nasional Baluran. Pertama, kamu harus selalu menyediakan topi saat musim panas, dan payung saat musim hujan. Terutama di musim panas, kamu harus menyiapkan topi karena cuaca di Baluran akan sangat menyengat pada musim panas.

Kedua, karena Baluran adalah alam liar, kamu harus tetap berwisata dengan hati-hati. Contohnya adalah dengan menghindari ular jika kamu menemuinya di jalan. Selain itu, kamu harus selalu waspada saat bertemu dengan kawanan kera, mereka biasanya suka usil dan merampas makananmu.

Ketiga, jangan memberi makan kepada hewan-hewan yang ada di Baluran. Keempat dan terakhir, kamu harus selalu menjaga kebersihan Taman Nasional Baluran, dan tidak membuang sampah sembarangan.

Nah, itu dia pembahasan kita mengenai Taman Nasional Baluran. Tertarik untuk mengunjungi Baluran? Selamat berlibur, Goodmates!

Referensi: IDN TimesTaman Nasional BaluranKompas

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini