7 Makanan yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan

7 Makanan yang Cocok Disantap Saat Musim Hujan
info gambar utama

Di tengah hawa dingin yang menyengat pada musim hujan, paling cocok ditemani dengan santapan yang hangat-hangat. Ada banyak pilihan makanan yang cocok disantap saat hujan untuk menghangatkan tubuh.

Selain menghangatkan tubuh, makanan-makanan ini juga memiliki cita rasa khas yang tentunya menarik untuk dicicipi. Apa sajakah makanan yang cocok disantap saat musim hujan? Simak selengkapnya di bawah ini.

Bakso

Yang pertama ada bakso. Tentu makanan berkuah ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Olahan daging sapi yang disandingkan dengan kuah kaldu ini menjadi salah satu makanan yang cocok untuk disantap saat musim hujan.

Daging sapi berpadu dengan kuah yang gurih serta tambahan sayur-sayuran, sangat nikmat bila disantap saat hujan turun. Apalagi saat ini sudah banyak varian bakso yang unik-unik, mulai dari bakso mercon hingga bakso raksasa.

Soto

Kemudian ada lagi makanan berkuah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia, yaitu soto. Soto yang disajikan dalam keadaan hangat tentu sangat nikmat untuk disantap di tengah dinginnya hujan.

Olahan soto sendiri ada berbagai macam, setiap daerah di Indonesia memiliki soto khas daerahnya masing-masing. Mulai dari Soto Betawi, Soto Lamongan, Soto Medan hingga Coto Makassar. Goodmates bisa cari tahu ragam soto di sini.

Rawon

Rawon adalah olahan sejenis sup daging yang berasal dari Jawa Timur. Yang khas dari rawon adalah kuah berwarna hitamnya yang berasal dari kluwek. Selain bercita rasa gurih dan menghangatkan, kluwek pada olahan rawon juga memiliki banyak khasiat bagi tubuh.

Cap Cay

Cap Cay│@bymbiws/Instagram
info gambar

Mungkin cap cay sudah tidak asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Olahan tumisan sayur-sayuran ini terdiri dari berbagai macam sayuran yang tentunya bergizi tinggi bagi tubuh kita. 

Cap cay adalah salah satu makanan yang sangat cocok untuk dinikmati pada musim hujan. Cap cay biasanya disantap dengan nasi, atau juga bisa dimakan langsung tanpa nasi.

Gulai

Gulai adalah makanan berkuah selanjutnya yang cocok untuk menemani dikala hujan. Gulai yang kuahnya terdiri dari berbagai rempah-rempah, tentu menawarkan cita rasa yang gurih dan lezat. Selain itu, daging pada olahan gulai yang sangat empuk juga menjadi nilai plus dari olahan satu ini.

Olahan Sop

Berbicara tentang makanan berkuah, tidak lengkap rasanya jika kita melewatkan berbagai olahan sop. Iya, sop adalah olahan makanan berkuah, yang juga cocok untuk disantap pada musim hujan. Ada berbagai olahan sop tradisional yang bisa kamu coba, misalnya sop buntut dan sop ayam.

Olahan Mie

Bakmi│@penggila_bakmi/Instagram
info gambar

Satu olahan makanan tradisional lagi yang bisa menjadi pilihan untuk menemani saat hujan turun adalah olahan-olahan mie. Olahan mie, apalagi olahan mie yang berkuah, tentu bisa menawarkan cita rasa yang nikmat dan menghangatkan di saat yang sama.

Beberapa olahan mie tradisional yang bisa dicicipi saat musim hujan adalah bakmi goreng, bakmi kuah, kwetiau dan mie Aceh. Nah, itu dia beberapa makanan yang cocok untuk disantap saat musim hujan. Lumayan bikin ngiler, ya. Selamat menikmati!

Referensi: IDN TimesKompasCNN Indonesia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini