Anti Mainstream! Ini Dia 4 Jurusan Kuliah yang Langka di Dunia

Anti Mainstream! Ini Dia 4 Jurusan Kuliah yang Langka di Dunia
info gambar utama

Menentukan jurusan memang bukan hal yang mudah. Semua perlu dipertimbangkan matang-matang sesuai dengan bakat dan minat agar dapat memperoleh ilmu yang mengerucut. Gunanya, untuk mempersiapkan diri bekerja atau bekal S2 mendatang.

Setiap jurusan yang dimiliki oleh setiap universitas tentu telah ditentukan berdasarkan riset. Beberapa di antaranya melakukan riset minat dan juga luas lapangan kerja yang diberikan dengan tujuan untuk menambah Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai.

Apakah Goodmates tahu bahwa diantara banyak jurusan yang tersebar di berbagai universitas, ternyata ada juga jurusan langka yang hanya ada satu di dunia? Jurusan-jurusan ini sangat unik hingga tak jarang menarik banyak perhatian.

Wine Business

Wine Business | Unsplash - Kym Ellis
info gambar

Wine merupakan salah satu minuman beralkohol yang namanya sudah tidak lagi asing di sebagian orang. Minuman yang terbuat dari anggur ini termasuk ke dalam salah satu minuman beralkohol yang mahal dan bahkan biasa digunakan sebagai jamuan orang kaya.

Jika Goodmates ingin mengenal lebih lanjut mengenai pembuatan Wine dan cara pendistribusiannya, kamu bisa belajar di jurusannya langsung, lo! Ya, Wine Business merupakan salah satu jurusan yang langka di dunia.

Bahkan di beberapa negara, hanya ada satu universitas yang menyediakan jurusan ini. Beberapa di antaranya The Hong Kong Polytechnic University, TAFE International Western Australia, Institut Supérieur de Marketing du Luxe, University Of Castilla La Mancha, Burgundy School of Business, dan lainnya.

Menunggang Kuda

Berkuda | Unsplash - Valerie Fomina
info gambar

Menunggang kuda merupakan salah satu olahraga yang berfokus pada beberapa titik badan seperti bokong dan juga paha. Tidak hanya itu, olahraga yang satu ini merupakan olahraga yang cukup sulit karena adanya interaksi dengan hewan yang tentu perlu adanya treatment khusus.

Jika menunggang kuda terdengar biasa saja, mungkin Goodmates akan merasa sedikit bingung dengan fakta bahwa Menunggang Kuda masuk ke dalam jurusan di beberapa universitas. 

Jurusan ini merupakan jurusan yang langka dan hanya di beberapa universitas saja, tetapi sayang jurusan ini belum ada di Indonesia. Dilansir dari Hotcourse, beberapa universitas yang memiliki jurusan berkuda adalah Nottingham Trent University, University Centre Reaseheath, Hartpury University, dan beberapa universitas dunia lainnya.

Industri Manajemen dan Teknologi Bowling

Bowling | Unsplash - Ella C.
info gambar

Satu lagi jurusan bidang olahraga yang menjadi jurusan langka di dunia yaitu jurusan yang berkaitan dengan Teknologi Bowling. Sesuai dengan nama jurusannya, dilansir dari ThePrase.id jurusan yang satu ini nanti akan mempelajari tentang apa saja yang dibutuhkan dalam industri bowling.

Nantinya setelah lulus, jurusan ini akan bekerja dalam lingkup bowling dan juga marketing. Sementara universitas yang menyediakan jurusan ini adalah Vincennes University yang berlokasi di Amerika Serikat.

Teknik Nuklir

Teknik Nuklir | Unsplash - Lukas Lehotsky
info gambar

Salah satu ilmu bidang sains yang ternyata menjadi jurusan yang langka di dunia adalah Teknik Nuklir. Hebatnya dilansir dari Universitas 123, empat universitas terbaik dengan jurusan teknik nuklir dua diantaranya adalah di Indonesia yaitu Universitas Gajah Mada dan Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir milik Badan Tenaga Nuklir (BATAN).

Sementara untuk di luar negeri, Teknik Nuklir ini dimiliki oleh universitas seperti University of Michigan dan Massachusetts Institute Of Technology (MIT) yang namanya sudah tidak diragukan lagi. 

Nah, itulah empat jurusan yang anti mainstream dan langka di dunia. Bagaimana nih, Goodmates? Tertarik untuk mengikuti jurusan di atas?

Referensi: Hotcourse | ThePhrase.id | Universitas 123

 

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini