Diperingati Setiap 4 Februari, Kenali Hari Kanker Sedunia

Diperingati Setiap 4 Februari, Kenali Hari Kanker Sedunia
info gambar utama

Kesehatan merupakan salah satu hal yang penting bagi setiap orang. Tak jarang kini banyak masyarakat yang mulai menerapkan gaya hidup sehat untuk menjaga kesehatan. Seperti mengatur pola makan, memiliki rutinitas berolahraga, dan sederet aktivitas lainnya untuk menunjang kesehatan.

Salah satu penyakit yang perlu kita waspadai adalah kanker. Menurut World Health Organization, kanker menjadi salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Terhitung hampir 10 juta kematian pada tahun 2020 lalu. Kanker yang paling umum adalah kanker payudara, paru-paru, usus besar dan prostat.

Sekitar sepertiga kematian akibat kanker disebabkan oleh penggunaan tembakau, indeks massa tubuh yang tinggi, konsumsi alkohol, asupan buah dan sayuran yang kurang, serta kurangnya aktivitas fisik. Banyak kanker memiliki peluang penyembuhan yang tinggi jika terdeteksi dini dan diobati dengan tepat secara efektif.

Beberapa hal yang dapat membantu mencegah risiko terkena kanker, seperti tidak menggunakan tembakau (tidak merokok), menjaga berat badan yang sehat, dan memiliki pola makan yang sehat termasuk mengonsumsi buah dan sayuran yang cukup.

Tak hany itum melakukan aktivitas fisik secara teratur, menghindari konsumsi alkohol, menghindari radiasi ultraviolet terutama yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan mendapatkan vaksinasi terhadap HPV dan hepatitis B.

Sejarah 4 Februari sebagai Hari Kanker Sedunia

Ilustrasi Pita Peduli Kanker - Hari Kanker Dunia | Foto: SHUTTERSTOCK/SEW CREAM)
info gambar

Hari Kanker Sedunia pertama kali diperingati saat tahun 2000 pada World Summit Against Cancer yang diadakan di Paris, Perancis. Acara ini dipimpin oleh Union for International Cancer Control (UICC) dan dihadiri oleh pemimpin lembaga pemerintah serta organisasi kanker dari seluruh dunia yang turut menandatangani Charter of Paris Against Cancer.

Pasal kesepuluh dari piagam tersebut secara resmi menyatakan 4 Februari sebagai Hari Kanker Sedunia. Hari Kanker Sedunia yang diperingati setiap tahun ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekaligus mengedukasi mengenai kanker.

Peringatan ini juga digunakan untuk mendorong pemerintah dan setiap individu di seluruh dunia untuk segera mengambil tindakan melawan penyakit ini.

Close the Care Gap: tema Hari Kanker Sedunia 2022

ilustrasi pita peduli kanker. | Foto: SHUTTERSTOCK/SEW CREAM/Kompas
info gambar

Untuk peringatannya pada tahun 2022 ini, dikutip dari World Cancer Day, akan mengangkat tema Close the Care Gap atau yang memiliki arti menutup kesenjangan perawatan. Tema ini diperuntukan untuk peringatan Hari Kanker Sedunia dari tahun 2022 hingga tahun 2024.

Tahun 2022 sebagai tahun pertama dari tema Close the Care Gap digunakan untuk mengkampanyekan permasalahan dengan menyadari, memahami dan mengakui adanya ketidakadilan dalam perawatan kanker di seluruh dunia.

Kampanye selama tiga tahun ini diharapkan membawa lebih banyak eksposur, keterlibatan, dan lebih banyak peluang untuk membangun kesadaran global hingga dapat memberikan lebih banyak dampak baik.

Bagaimana caranya agar kita dapat berkontribusi? Kamu dapat mengunjungi laman situs World Cancer Day. Pada laman tersebut disediakan beberapa tindakan yang dapat kamu lakukan.

Mulai dari mengunggah postingan di media sosial, menyebarkan kampanye melalui tulisan baik lewat pesan video atau tulisan blog, serta menemukan acara yang dapat kamu hadiri untuk berpartisipasi atau menjadi relawan dan masih banyak lagi.

Yuk, kita tingkatkan kesadaran diri dengan mau mengedukasi diri kita sendiri dan orang-orang sekitar kita. Berikan semangat pula untuk mereka yang mengidap kanker. Semangat dan terus jaga kesehatan.

Referensi: World Health Organization | Britannica | World Cancer Day | Tirto.id

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini