Ingin Berkunjung ke Riau? 5 Destinasi Wisata Ini Tidak Boleh Dilewatkan

Ingin Berkunjung ke Riau? 5 Destinasi Wisata Ini Tidak Boleh Dilewatkan
info gambar utama

Dikenal dengan sebutan Bumi Lancang Kuning, ternyata Provinsi Riau memiliki berbagai destinasi wisata yang sangat menarik, lo. Mulai dari wisata kuliner, sejarah dan kebudayaan, hingga wisata alam, semuanya ada di sini.

Terletak di antara Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Jambi berkunjung ke Provinsi Riau bisa jadi pilihan yang tepat dan tidak akan Goodmates sesali. Kira-kira, destiniasi wisata apa saja yang ada di Riau? Berikut informasinya.

1. Pondok Patin HM Yunus

Sajian masakan Pondok Patin HM Yunus | Foto: Garnesia.com
info gambar

Bukan ke Riau namanya jika tidak singgah untuk mencicipi sajian khas Melayu di Pondok Patin HM Yunus. Terletak di jalan KH. Nasution Pekanbaru, tempat makan yang fenomenal ini hanya berjarak 2.9 kilometer saja dari Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II.

Makanan yang disajikan umumnya merupakan hasil tangkapan sungai, seperti patin dan baung yang dimasak gulai, asam pedas dan balado, ikan pantau goreng, gulai ikan salai, udang galah, dan masih banyak lagi. Tak boleh ketinggalan, minuman segar khas Melayu seperti Es Air Mata Pengantin dan Es Laksamana Mengamuk, wajib Goodmates coba.

2. Sungai Gulamo

Air terjun gulamo | Foto: Heru Maindikali
info gambar

Bergeser ke Kabupaten Kampar, wisata alam yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk memanjakan mata. Hanya memakan 2 sampai 3 jam perjalanan dari Kota Pekanbaru, Sungai Gulamo berada di kawasan PLTA Koto Panjang, Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar.

Untuk bisa sampai ke Sungai Gulamo, pengunjung diwajibkan menyewa perahu seharga Rp500.000–Rp600.000, lengkap dengan pelampug dan pemandu wisata. Selama kurang lebih 1.5 jam perahu akan membelah danau PLTA.

Di sepanjang perjalanan, Goodmates akan dimanjakan dengan pemandangan batang-batang pohon mati yang terendam di danau. Dahulunya, daerah ini merupakan perkampungan masyarakat yang kemudian ditenggelamkan untuk dijadikan danau PLTA.

Saat memasuki kawasan sungai Gulamo, air sungai berubah warna menjadi hijau terang. Sungai Gulamo diapit oleh tebing-tebing, hutan, dan bebatuan besar yang indah. Selain menikmati keindahan sungai, terdapat pula air terjun yang cukup tinggi. Bagi Goodmates yang ingin berenang, tak perlu ragu untuk menceburkan diri.

3. Wisata Ombak Bono

Ombak Bono | Foto: Attayaya.net
info gambar

Pernahkah Goodmates mendengar bahwa ada sungai yang bisa menghasilkan ombak? Hanya ada satu di Indonesia, tak lain ialah di muara sungai Kampar yang terletak di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Dikenal sebagai Ombak Bono, fenomana alam yang langka ini terbentuk akibat pertemuan arus pasang laut yang bertemu dengan arus sungai. Tak heran ombak raksasa ini jadi incaran peselancar hingga internasional.

Ombak Bono akan terjadi saat purnama, dan akan semakin besar di saat musim penghujan. Tingginya mencapai 4 sampai 6 meter, dengan panjang gelombang mencapai 300 meter, dan kecepatannya hingga 40 hingga 50 kilometer/jam.

4. Istana Siak Sri Indrapura

Halaman istana | Foto: Wagino 20100516/Wikipedia
info gambar

Senang wisata sejarah? Istana Siak Sri Indrapura tempatnya. Istana ini merupakan peninggalan Kerajaan Siak Sri Indrapura, sebuah kerajaan Melayu Islam yang pernah berdiri sekitar tahun 1723 Masehi.

Didirikan oleh Raja Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah, istana Siak Sri Indrapura terletak di Kampung Dalam, Kabupaten Siak. Arsitektur bangunan istana Siak Sri Indrapura merupakan gabungan arsitektur gaya Melayu, Arab, dan Eropa.

Istana ini terlihat megah dengan warna kuning yang terdiri dua lantai. Goodmates bisa masuk ke dalam istana, karena akan pemandu wisata yang akan mengajak Goodamates berkeliling sambil mendengar sejarah kerajaan dan istana.

Untuk memasuki istana Siak Sri Indrapura, pengunjung akan dikenakan tiket sebesar Rp10.000 untuk orang dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

5. Pulau Rupat

Pulau Rupat | Foto: Riau.go.id
info gambar

Siapa sangka ternyata Provinsi Riau juga punya wisata pantai yang menjadi surga tersembunyi di Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis. Pulau Rupat memiliki garis pantai yang panjang dan hampir semuanya menghadap Selat Melaka.

Untuk sampai ke sini, Goodmates dapat menempuh perjalanan darat dari Kota Pekanbaru menuju Kota Dumai, lalu menyebrang ke Pulau Rupat menggunakan kapal ferry. Luas Pulau Rupat sekitar 1.500 kilometer.

Ada banyak pantai indah yang belum banyak dijamah oleh wisatawan seperti Pantai Rhu, Pantai Ketapang, Pantai Lapin, Pantai Alohong, Pantai Makeruh. Tidak akan lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Pulau Beting Aceh.

Itulah 5 destinasi wisata di Riau yang bisa Goodmates kunjungi. Jangan lupa sebelum berwisata, pastikan Goodmates dalam keadaan sehat dan mematuhi protokol kesehatan, ya.

Referensi:Liputan 6 | Cagar BudayaTravel Detik| CNN Indonesia

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini